Konstruksi Makna Penonton Remaja atas Sinetron 'Dari Jendela SMP’
DOI:
https://doi.org/10.15575/jis.v1i3.13055Abstract
Penayangan sinetron remaja Dari Jendela SMP banyak diprotes oleh masyarakat. Banyak pengaduan masyarakat ditujukan kepada KPI atas penayangan sinetron tersebut. Tayangan sinetron itu viral, menampilkan pergaulan remaja,  pacaran di antara anak-anak SMP, banyak disukai anak dan remaja. Produser sinetron mengatakan sinteron tersebut  bertujuan  memberi pesan tentang  pentingnya reproduksi atau pendidikan seks bagi remaja. Tapi sinetron tersebut jusru dimaknai oleh  sebagian penonton remaja  bahwa pacaran adalah sesuatu yang lumrah, termasuk pacaran di usia SMP. Bahkan penonton menafsirkan dalam sinetron tersebut telah terjadi kehamilan diluar pernikahan, kehamilan di usia SMP. Tulisan ini  menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menonton sinetron, membaca berita terkait dan mewawancarai 15  orang siswa SD dan SMP. Hasil penelitian adalah sinetron Dari Jendela SMP  memberi dampak negatif  kepada penonton remaja, sebagian menilai pacaran di kalangan usia SMP adalah sesuatu lumrah atau biasa, bukan hal yang melanggar norma agama.References
Muhammad, A. (2004). Dari Teologi ke Ideologi: Telaah atas Metode dan PemikiranTeologi Sayyid Qutb, Bandung: Penerbit Pena Merah.
Ardianto, Elvinaro., Komala & Karlinah. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fiske, John. (2006). Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Morrisan. ( 2018). Teori Komuniksi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenadamedia Group
Wiryanto. (2004) . Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
http://www.kpi.go.id/download/regulasi/P3SPS_2012_Final.pdf
www.youtube.com Dari Jendela SMP, diakses 5 Februari 2021
Peraturan KPI Nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Peraturan http://www.kpi.go.id/download/regulasi/P3SPS_2012_Final.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).