The Historical Relevance of the Codification of the Qur'an with Education in Today's Times


Herni Nurmalasari(1*)

(1) UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Qur’an yang merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, diketahui memiliki bermacam jenis keilmuan yang memiliki nilai tinggi. Karena itu banyak para ilmuwan yang tertarik dan ingin mengungkap kodifikasi dari al-Qur’an. Berangkat dari hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang sejarah lahirnya kodifikasi Al-Qur’an dan relevansinya dengan Pendidikan pada zaman sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Dengan penelitian ini diketahui bahwa sejarah dan faktor yang melatarbelakangi lahirnya kodifikasi Al-Qur’an dikarenakan adanya keragaman dalam cara pembacaan Al-Qur`an (qira`at). Pada masa khalifah Utsman kebijakan kodifikasi Al-Qur’an dibuat yaitu membuat Mushaf standar yang ditulis dengan jenis penulisan baku. Dan seluruh mushaf yang berbeda dengan standar yang dihasilkan diperintahkan untuk dimusnahkan. Adanya kodifikasi AL-Quran merupakan salah satu tonggak sejarah penting bagi umat Islam.

Full Text:

PDF

References


Al-Munawar. (2015). Al-Qur’an transliterasi per ayat. Penerbit Cipta Bagus Segara.

Bediuzzaman, N. S. (2010). Misteri Al-Qur`an. Erlangga.

Frey, N., Fisher, D., & Smith, D. (2019). All learning is social and emotional: Helping students develop essential skills for the classroom and beyond. ASCD.

Halim, A. M. (2012). Memahami Al-Qur`an dengan metode Menafsirkan Al-Qur`an dengan Al-Qur`an. Marza.

Hasanah, H. (2012). Pengantar Studi Islam.

Jalal, A. F. A., Rahim, R. A. A., Azman, A. P. A., & Alias, A. W. (2020). Museums and Agenda of the Civilization Dialogue: A Functional Approach. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 3(2), 362–372.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.

Khaeroni, C. (2017). SEJARAH AL-QUR’AN (Uraian Analitis, Kronologis, dan Naratif tentang Sejarah Kodifikasi Al-Qur’an). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 195–206.

Khaldun, I. (2015). The Muqaddimah: An Introduction to History-Abridged Edition. Princeton University Press.

Nawawi, S. R. (2010). Kepribadian Qur`an. Amzah.

Sa`dulloh, H. (2008). 9 Cara Praktis Mengahapal Al-Qur`an. Gema Insani.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v1i4.13871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung