The Evolution of the Concept of Secularism Towards its Encounter with Multiculturalism


R.F. Bhanu Viktorahadi(1*), Mochamad Ziaulhaq(2)

(1) Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya proses terjadinya evolusi sekularisme dan kecenderungannya untuk berjumpa dengan multikulturalisme. Artikel ini berargumen bahwa dalam iklim multikultural yang dipengaruhi sekularisme itu, agama menjadi pilihan subjektif-personal nyaris privat sehingga tidak dapat lagi dipaksakan oleh suatu dominasi hegemoni tertentu, baik yang bersifat religius maupun politis. Dalam ranah ini, iklim multikultural yang dipengaruhi sekularisme justru semakin mendukung pertumbuhan dan perkembangan agama menjadi semakin dewasa, yaitu bukan sebagai suatu pemaksaan dari hegemoni tertentu, melainkan sebagai suatu pilihan personal-subjektif yang diambil secara bertanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to the Metaphysics of Islam (Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization [ISTAC], 1995) and Alparslan Açikgenç. In Islamic Science: Towards a Definition.

Armas, A. (2007). Sebuah Catatan untuk Sekularisasi Harvey Cox. Dalam Majalah Islamia, 3.

Berger, P. L. (1999). The desecularization of the world. Washington, DC: Ethics and Public Policy Center.

Berger, P. L. (2002). Secularization and de-secularization. Religions in the Modern World: Traditions and Transformations, 336.

Berger, P. L. (2011). The sacred canopy: Elements of a sociological theory of religion. Open Road Media.

Blond, P. (1998). Post-Secular Philosophy: between philosophy and theology. Psychology Press.

Bruce, S. (1996). Religion in the modern world: From cathedrals to cults. Oxford Univ. Press.

Caputo, J. D. (2018). On religion. Routledge.

Casanova, J. (2003). Agama Publik di Dunia Modern. Pustaka Eureka.

Casanova, J. (2007). Rethinking secularization: A global comparative perspective. In Religion, globalization, and culture (pp. 101–120). Brill.

Casanova, J. (2011). The secular, secularizations, secularisms. Oxford University Press.

Cox, H. G. (1966). The secular city Debate. Macmillan.

Faiz, M. (2017). Risalah Nur dan Gerakan Tarekat di Turki: Peran Said Nursi pada Awal Pemerintahan Republik. Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, XIV(1), 23–46. https://doi.org/10.22515/ajpif.v14i1.588

George, C. (2017). Pelintiran Kebencian: Rekayasa Ketersinggungan Agama dan Ancamannya bagi Demokrasi. Translated by Tim PUSAD Paramadina Dan IIS UGM. Jakarta: PUSAD Paramadina.

Haq, A. M. I., & Ziaulhaq, M. (2019). Studi Kebencian: Analisis Komparasi Pemikiran Bediüzzaman Said Nursi (1877-1960) dan KH Ahmad Dahlan (1868-1923). MELINTAS, 35(3), 258–278.

Harahap, S. (1994). Alqur’an dan Sekularisasi: Kajian Kritis terhadap Pemikiran Thaha Husein. PT. Tiara Wacana Yogya.

Holyoake, G. J. (1896). The Origin and Nature of Secularism: Showing That Where Freethought Commonly Ends Secularism Begins. Watts.

Mochammad, I. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1–20.

Pardoyo, & Madjid, N. (1993). Sekularisasi dalam polemik. PT Pustaka Utama Grafiti.

Parekh, B. (2001). Rethinking multiculturalism: Cultural diversity and political theory. Ethnicities, 1(1), 109–115.

Parkinson, G. H. R., & Shanker, S. (1999). Routledge history of philosophy.

Prent, K. (1969). Kamus Latin-Indonesia. Penerbitan Jajasan Kanisius.

Qaradhawy, Y. (2000). Sekular Ekstrim. Pustaka al-Kautzar.

Rahman, M. T., & Setia, P. (2021). Pluralism in the Light of Islam. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i2.12269

Rijal, S. (2014). Epistemologi Tauhid Al-Faruqi. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(1), 21–44. https://doi.org/10.30821/miqot.v38i1.49

Susanto, H. (2007). Sekularisasi dan Ancaman Bagi Agama. Jurnal Tsaqafah, 3(1), 54.

Taylor, C. (2009). A secular age. Harvard university press.

Taylor, C. (2018). Secularism and Multiculturalism. Bvaopenmind.Com.

Triandafyllidou, A., & Modood, T. (2017). The problem of religious diversity: European challenges, Asian approaches. Edinburgh University Press.

Truna, D. S., & Zakaria, T. (2021). Prasangka Agama dan Etnik Sebagai Problem bagi Penciptaan Harmoni Sosial di Jawa Barat. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 4(2), 1–26. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/jt.2021.xxx

Viktorahadi, R. F. B. (2019). Kadar Pendidikan Multikultural pada Buku Teks Pelajaran Agama SMA Kurikulum 2013: Tanggapan Agama terhadap Isu Multikulturalitas. MELINTAS, 35(2), 122–158.

Viktorahadi, R. F. B., Rahman, M. T., & Solihin, M. (2021). Analisis Nilai-Nilai Multikultural pada Buku Teks Pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 31–46.

Volpi, F. (2004). Großes Werklexikon der Philosophie Band 1: A bis K. Stuttgart: Alfred Kröner Verlag.

Weber, M. (1993). The sociology of religion. Beacon Press.

Weber, M. (2002). The Protestant ethic and the" spirit" of capitalism and other writings. Penguin.

Webster, N. (1981). Webster's third new international dictionary of the English language, unabridged (Vol. 1). Merriam-Webster.

Ziaulhaq, M. (2020). Pendekatan Sayyed Hossein Nasr dalam Kerangka Studi Agama-Agama. In A. Muhyidin & M. T. Rahman (Eds.), Modul Sosialisasi Toleransi Beragama (1st ed., pp. 1–97). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v1i4.15034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung