Islam dan Kekerasan dalam Wacana John Esposito


Maria Ulfa(1*)

(1) UIN Ar-Raniry Aceh, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Menurut Esposito, ancaman global Al Qaeda pasca 9/11 dan ISIS, meningkatnya konflik Sunni-Syiah, dan kekerasan di Timur Tengah dan Pakistan mendominasi berita utama dan menantang pemerintah di kawasan Timur Tengah dan global. Baik ekstremis Muslim maupun beberapa pakar dan pengamat Barat berbicara tentang benturan peradaban atau perang budaya dalam hubungan Muslim-Barat. Baik wacana maupun kekerasan sekali lagi menimbulkan pertanyaan tentang hubungan Islam dengan kekerasan dan terorisme, termasuk apakah Islam adalah agama yang penuh kekerasan. Jawabannya jelas tidak, Islam sangatlah jauh dari kekerasan. Artikel ini menguraikan bagaimana ayat-ayat Al-Quran berbicara tentang perlindungan terhadap sesama, bahkan terhadap musuh-musuh Islam. Selain itu, artikel ini juga menyoroti gagasan radikalisme yang merupakan bagian dari nafsu, dalih semangat agama, namun nyatanya merusak citra Islam itu sendiri. Gerakan ini bukanlah memperjuangkan perintah Tuhan, malah menentang Tuhan dengan menjadikan kalam-Nya sebagai semangat juang. Namun yang sangat disayangkan dan sangat memprihatinkan adalah ketika melihat berbagai fakta yang mempertontonkan kedekatan pemuda dengan budaya kekerasan.


Keywords


doktrin jihad; terorisme; perdamaian dunia; radikalisme agama

Full Text:

PDF

References


Esposito, J.L. (2005). Moderate Muslims: A mainstream of modernists, Islamists, conservatives, and traditionalists. American Journal of Islamic Social Sciences, 22(3), 11.

Esposito, John L. (2010). The future of Islam. Oxford University Press.

Esposito, John L. (2015). Islam and political violence. Religions, 6(3), 1067–1081.

Fealy, G. (2005). Radical Islam in Indonesia: History, ideology and prospects. ASPI Local Jihad: Radical Islam and Terrorism in Indonesia. Retrieved from Https://Www. Aspi. Org. Au/Publications/Local-Jihad-Radical-Islam-and-Terrorism-Inindonesia/21619_ASPI_S4_Jihad. Pdf.

Rahman, M. T. (2021). Sosiologi Islam. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Setia, P., & Rahman, M. T. (2021). Kekhilafahan Islam, Globalisasi dan Gerilya Maya: Studi Kasus Hizbut Tahrir Indonesia. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9(2), 241–264.

Wibisono, M. Y. (2021). Agama dan Resolusi Konflik. Lekkas dan FKP2B Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i2.18498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung