Metode Khusus Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsirnya


Abdi Risalah Husni Alfikar(1*), Ahmad Kamil Taufiq(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan biografi Muhammad Quraish Shihab dan tafsirnya Al-Misbah, menguraikan metode umum dan metode khusus tafsir, serta  mengetahui metode khusus yang digunakan Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode kepustakaan (library research) yang bersumber dari bahan-bahan tertulis. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Muhammad Quraish Shihab adalah seorang ulama Tafsir dan mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alaudin Ujung Pandang, Provinsi Sulawesi Selatan (1972-1977). Metode penafsiran al-Qur’an secara garis besar diantaranya ada metode umum dan metode khusus. Metode umum diantaranya meliputi empat bagian yaitu metode ijmali, tahlili, muqarran, dan maudhu’i. Sedangkan metode khusus adalah kekhasan yang dimiliki mufassir dalam penafsirannya diantaranya ada corak bahasa, sastra, filsafat dan teologi, ahkam, dan adab al-Ijtima’. Secara umumnya pada tafsir al-Misbah menggunakan metode tahlili dan maudhu’i. Sedangkan metode khusus yang digunakan Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah yaitu metode adab al-ijtima’i.

Keywords


tafsir khusus; metode umum; Tafsir Al-Misbah; metode tematik; tafsir sosial

Full Text:

PDF

References


Al-Dzahaby, M. H. (n.d.). Al-Tafsir wal-Mufassirun. Maktabah Wahbah.

Al-Farmawi, A. A.-H. (1994). Metode Tafsir Mawdhu’iy: Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Al-Farmāwi, A. H. (1977). Al-Bidāyah fī at-Tafsīr al-Mawḍū’ī (2nd ed.). al-Mathba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah.

Al-Zarkasyî, B. al-D. M., & Allah, ibn ’Abd. (n.d.). Al-Burhân fî ’Ulûm al-Qur`ân. Dâr al- Fikr.

Dalimunthe, F. A. (n.d.). Studi Pemikran Buya hamka dalam Membangun Toleransi Umat Beragama Di Indonesia. Universitas International Semen Indonesia.

Fajar, A. (2020). Tafsir al-Qur’ān Corak Sastrawi dan Teologis. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 1(1), 36–63.

Fatih, M. (2019). Konsep Ulama dalam Pandangan Mufassir Indonesia: Studi Aspek-aspek Keindonesiaan dan Metodologi Tafsir al-Azhar Karya Hamka dan Penafsirannya terhadap Term “Ulama” dalam al-Qur’an. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 3(2), 67–78.

Humaira, D., & Astuti, P. (2017). Kritik Sosial-Politik dalam QS. Yusuf ayat 54-57. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 81–90.

Jaya, I. (2016). Tafsir Muqaran. At-Tabligh, 1(1), 1–13.

Kadir, M. N. A., & Ibrahim, M. (2009). Studi Kritis Tafsir al-Mishbah. Bangi: FPI UKM.

Khatibah. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(1).

M Yunus, B., & Jamil, S. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat dalam Kitab Shafwah al-Tafasir (E. Zulaiha & M. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Maladi, Y. (2021). Makna dan Manfaat Tafsir Maudhu’i (E. Zulaiha & M. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Moch Sya’ban Abdul Razak dkk. (2021). Metodologi Khusus dalam penafsiran Al-qur’an oleh Al-aluusi Al Baghdadi dalam kitab tafsir ruh al-ma’ani. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1).

Nashruddin Baidan dan Erwati Aziz. (2016). Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Pustaka Pelajar.

Quraish Shihab. dkk. (1999). Sejarah dan Ulum al-Qur’an. Pustaka Firdaus.

Rahman, A., M Yunus, B., & Zulaeha, E. (2020). Corak Tasawuf Dalam Kitab-Kitab Tafsir Karya KH Ahmad Sanusi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rahman, Abdul, M Yunus, B., & Zulaeha, E. (2020). Corak Tasawuf Dalam Kitab-Kitab Tafsir Karya KH Ahmad Sanusi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 63–70.

Shihab, M. Q. (1999). Membumikan al-Qur’an:Fungsi dan peran Wahyu dalam Kehidupan (1st ed.). Mizan.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2.

Shihab, M. Q. (2004). Tafsir al-Mishbah Vol II. Lentera Hati.

Taufiq, W., & Suryana, A. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Israiliyyat Dalam Al-Qur‟ an Dan Tafsirnya (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ulinnuha, M. (2019). Metode Kritik Ad-Dakhil fit-Tafsir. PT. Qaf Media Kreativa.

Yamani, M. T. (2015). Memahami Al-Qur’an dengan Metode Tafsir Maudhu’i. J-PAI, 1(2).

Yunus, B. M. (n.d.). Pendekatan Sufistik dalam Menafsirkan Al-Quran.

Zuhdi, 2014. (2014). Perkembangan Tafsir Modern di Indonesia. Hermeneutik, 8(2), 305–324.

Zulaiha, E. (2017). Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i3.18691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung