Simbolisasi Ragam Tradisi Pembacaan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.15575/jis.v2i4.18954Keywords:
semiotika, teori representasi, symbol bacaan, bacaan al-Qur’an, keragaman budayaAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui simbol ragam pembacaan al-Qur’an di masyarakat dengan kajian Semiotika Charles Sanders Peirce guna mengetahui Representamen (R), Objek (O), dan Interpretan (I) pada data penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan library research, kajian pustaka dan kualitatif analisis deskriptif yakni dengan mendeskripsikan data penelitian yang berlandaskan pada teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini, ditemukan pokok bahasan bahwasannya representamen, objek, dan interpretan dalam ragam pembacaan al-qur’an di pesantren al-Muhajirin diantaranya yaitu terdiri dari Representamennya (R) adalah photo dari kegiatannya yaitu pembacaan surat Yasin, al-Kahfi, dan al-Waqi’ah. Objeknya (O) yaitu ketiganya merupakan pembacaan ayat suci al-Qur’an. Sedangkan Interpretannya (I) adalah interpretasi dari masing-masing yang ada dalam benaknya terhadap photo data yang dianalisis yakni pembacaan ayat suci al-Qur’an tersebut selain sebagai ibadah juga karena untuk mengambil keberkahan dan beberapa keutamaan.
References
Al-Munawar, S. A. H. (2005). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. PT Ciputat Press.
Al-Shraideh, M., & El-sharif, A. (2019). A Semiotic Perspective on the Denotation and Connotation of Colours in the Quran. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(1), 18–33.
Ambriai, & Umaya, N. M. (2018). Semiotika dan Aplikasi pada Karya Sastra. IKIP PGRI Semarang Press.
Andriani, F. (2017). Pragmatisme: Menepis Keraguan, Memantapkan Keyakinan. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 8(2), 240–249.
Danesi, M. (2013). Semiotizing a product into a brand. Social Semiotics, 23(4), 464–476. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10350330.2013.799003
Hamidah, H. (2017). Filsafat pembelajaran bahasa (Perspektif strukturalisme dan pragmatisme). Naila Pustaka.
Heilbrunn, B. (2016). Representation and legitimacy: A semiotic approach to the logo. In Semiotics of the media (pp. 175–190). De Gruyter Mouton.
Hidayat, H. (2020). Simbolisasi Warna dalam Al-Quran: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. Ibn Abbas, 3(2).
Husaini, A. (2020). Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam. Gema Insani.
Johannessen, C. M. (2016). Experiential meaning potential in the Topaz Energy logo: A framework for graphemic and graphetic analysis of graphic logo design. Social Semiotics, 27(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10350330.2016.1187880
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Laksbang Pressindo.
Muwaffa, R. (2021). Representasi Sosial Masyarakat Palestina dalam Film Inch’Allah: Semiotika Charles Sanders Peirce. Al-Ma‘Rifah, 18(2), 163–174. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.05
Rakhmawati, Y. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Komunikasi (PDF). CV. Putra Media Nusantara.
Shofi’i, A. S. dan E. N. (2020). Living al-Quran. AJIQS, 2(2), 421–436.
Siregar, I., & Sabrina, A. (2021). Representation of Religious Values in Gurindam Twelve and Their Relevances with Modern Era. … Journal of Cultural and Religious …. https://al-kindipublisher.com/index.php/ijcrs/article/view/2495
Syasi, M., & Ruhimat, I. (2020). Ashil dan Dakhil dalam Tafsir Bi al-Ma’tsur karya Imam al- Suyuthi (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Taufiq, A. M. (2004). Praktik Manajemen Berbasis Al-Qur’an. Gema Insani Press.
Taufiq, W. (2016). Semiotika untuk Kajian Sastra dan al- Qur’an. Yrama Widya.
Thabrani, A. M. (2015). Filsafat dalam Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Yunus, B. M., & Jamil, S. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat Dalam Kitab Shafwah Al-Tafasir (E. Zulaiha & M. Rahman (eds.)). Prodi P2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).