Pro dan Kontra dalam Tafsir Sufi


Ahmad Midrar Sa’dina(1*), Agung Ahmad Zaelani(2)

(1) Pondok Pesantren Salafiyah Khaira Ummah Sumedang, Indonesia
(2) MTs Al-Musyarofah Purwakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilandasi oleh perbedaan pendapat para ahli dalam hal mardud atau maqbulnya tafsir sufi dalam Islam. Dengan kajian dekriptif-analitis, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam prosesnya yaitu melalui studi kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek historis tafsir dengan warna sufistik, batasan, dan relasinya pada ranah kontradiktif para ahli tafsir. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini meletakkan satu benang merah dalam khazanah tafsir sufi dengan nuansa isyarinya. Varian dan konsekuensi di dalam tafsir sufi tak lepas dari orientasi sufisme dalam perkembangannya. Terdapat sikap yang tertutup berlebih mengenai tafsir sufi ini, sehingga sejatinya mengerdilkan kemungkinan-kemungkinan dalam kuasa ilahi sebagai pemberi wahyu dan karunia. Padahal untuk filterisasi bisa disusun indikator yang tanpa intimidatif. Perkembangan tafsir sufi di era keemasannya sekitar abad 2-6 H disinyalir tak lepas dari sosio-politik kekuasaan saat itu. Diharapkan penelitian ini dapat menjawab persoalan-persoalan seputar ruang lingkup tafsir sufi. Selain itu, penelitian ini diharapkan mampu untuk menengahi pandangan antara dua sisi para ahli sehingga lebih moderat dengan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan.

Keywords


Tafsir Al-Quran; Sufisme; Ikhtilaf, penjelasan historis; kepentingan politik

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2011). Epistemologi tafsir kontemporer. LKiS, Yogyakarta.

Abrar, A. (n.d.). Epistemologi tafsir sufi.

Adz-Dzahabi, M. H. (1976). Al-Tafsir Wa Al-Mufassirun, jilid 2. Dar Al-Kutub Al-Haditsah, Mesir.

Adz-Dzahabiy, M. H. (n.d.). at-Tafsir wa al-Mufasirun. Dar al-Hadits.

Ahmad E.Q., N., & Sartika, E. (2020). Tafsir Feminisme terhadap Makiyyah dan Madaniyyah (M. Taufiq Rahman & E. Zulaiha (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Aji, M. H., Hilmi, M. Z., & Rahman, M. T. (2021). The Living Qur’an as a Research Object and Methodology in the Qur’anic Studies. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 78–84.

Akbar, F. H., Anshari, F. A., & Rahman, H. (2020). Al-Quran dalam Tafsiran Dekonstruksi dan Rekonstruksi (M. Taufiq Rahman & E. Zulaiha (eds.); 1st ed.). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Al-Bantani, N. (2004). Tanqihu al-Qaulu al-Haidits Syarhu Lubabu al-Hadits. Toha Putra.

Al-Dani, O. B. S. Bin, Al, O. B. O. A. A., & Al-Andalusi, D. (n.d.). Jami Al-Bayan fil-Qirat Al-Saba. University of Sharjah, UAE (Printed MA Thesis, 1428 AH).

Al-Katib, A. (1998). Tathawwur Al-Fikr as-siyasi as-Syi’i min Syura ila Wilayat al-Faqih. Darul Jadid.

Al-Qathan, M. (2009). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Al-Kautsar.

Al-Qathân, M. (1997). Mabâhits fî ‘Ulûm al-Qur’ân. Kairo: Maktabah Wahbah.

Al-Qattan, M., & Mudzakir, A. S. (2016). Studi ilmu-ilmu Quran.

Al-Rumi, F. bin S. (1999). Buhuts fi Ushul al-Tafsir wa Manahijuhu. Riyadh: Maktabah Al-Taubah.

Al-Saqqaf, S. A. A. (1955). Hāsyiyah Tarsyīh al-Mustafidīn bi Tausyīh Fath al-Mu’īn. Mesir: Mustashfā al-Babī al-Halabī.

al Jabiry, M. A. (1965). Islamic Methodology in History. Central Institue of Islamic Research.

Arifin, M. P., & Misaeropa, M. (2019). Penafsiran Ali Al-Shobuni Tentang Ayat-Ayat Riba. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 135–163.

Bakran Adz-Dzaky, M. H. (2002). Konseling dan Psikoterapi Islam. Fajar Yogyakarta: Pustaka Baru.

Burchardt, T. (1994). Mengenal Ajaran Tasawuf, terj. Bachtiar Effendi Dan Azyumardi Azra, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Fathurrahman, O. (2008). Tarekat Shaṭāriyyah di Minangkabau. PPIM UIN Jakarta.

Ghinaurraihal, G., Zulaiha, E., & Yunus, B. M. (2021). Metode, Sumber dan Corak Tafsir Pada Penulisan Kitab Tafsir Isyaratul I’jaz Karya Said Nursi. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(4), 490–496.

Hanafi, H. (2009). Hermeneutika Al-Quran?(terjemahan). Yudian Wahyudi, Yogyakarta: Pesantren Nawesia Press.

Hasan Basri Talhas. (2001). Spektrum Saintifikasi al-Qur’an. Bale Kajian Tafsir al-Quran Pase.

Knysh, A. D. (2007). Esoterisme Kalam Tuhan; Sentralitas Al-Qur’an Dalam Tasawuf. Jurnal Studi Al-Qur’an, 2.

Luthfi, A. (2010). An analysis on the translation quality of Surah Yasin.

Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir Kontemporer. LKis.

Mustaqim, A. (2015). Metode penelitian Al-Qur’an dan tafsir. In Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Laksbang Pressindo.

Qusyairi, A. K. bin H. (1981). Lataif al-Isyarat. Haiah Al-Misriyyah Al-A’mmah Lil Kitab.

Rahman, Mohammad Taufiq. (2010). Social Justice in Western and Islamic Thought: A Comparative Study of John Rawl’s and Sayyid Qutb’s Theories of Social Justice. Jabatan Akidah dan Pemikiran Islam, Akademi Pengajian Islam, Universiti Malaya.

Rahmat, A. F. (2020). Menimbang Teori Kronologi al-Quran Sir William Muir dan Hubbert Grimme. Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 3(1), 57.

Reda, M., Taddele, H., Afera, B., Bsrat, A., Abera, E., Hurrissa and Eshetu, Sawant, A. A., Hegde, N. V., Straley, B. A., Donaldson, S. C., Love, B. C., Knabel, S. J., Jayarao, B. M., Marshall, B. M., Levy, S. B., Zdolec, N., Dobranić, V., Butković, I., Koturić, A., … References, C. (2014). Ibn Khaldun. ثبثبثب, 6(4), ثقثقثقثق. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Rofi’ie, A. H. (2010). Wahdat al Wujud dalam Pemikiran Ibnu Arabi. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 11(2), 131–141.

Said, H. A. (2018). Potet Studi Al-Quran di Mata Orientalis. At-Tibyan, 31, 22–23.

Siradj, M. (2015). Argumentasi hukum jaminan produk halal. Jurnal Bimas Islam, 8(1), 31–66.

Suratman, J. (2014). Pendekatan Penafsiran al-Qur’an yang Didasarkan pada Instrumen Riwayat, Nalar, dan Isyarat Batin. Intizar, 20(1), 43–62. https://doi.org/10.19109/intizar.v20i1.422

Syasi, M., & Ruhimat, I. (2020). Ashil dan Dakhil dalam Tafsir Bi al-Ma’tsur karya Imam al- Suyuthi (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Syurbasy, A. (1999). Sejarah Perkembangan Tafsir al-Qur’an al-Karim. Kalam Mulia.

Wahhab, T. A. (1413). Tabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra. Dar Ihya al-Kutub.

Yahya, M., Maulana, M. R., Zulaiha, E., & Komarudin, E. (2022). Karakteristik Tafsir Sufistik Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1).

Yusuf, M. Y. (2014). Metode Penafsiran Al-Qur’an. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 11.

Ziaulhaq, M. (2020). Pendekatan Sayyed Hossein Nasr dalam Kerangka Studi Agama-Agama. In A. Muhyidin & M. T. Rahman (Eds.), Modul Sosialisasi Toleransi Beragama (1st ed., pp. 1–97). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v3i1.21523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung