Penerapan Metodologi Kritik Tafsir Rekonstruksi Evaluatif dalam Kitab Bida’ Al-Tafâsîr


Nida Al Rahman(1*), Ahmad Izzan(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas bentuk penerapan kritik tafsir Abdullah Al-Ghummari dalam kitabnya Bida’ Al-Tafasir menggunakan tolak ukur metode rekonstruktif evaluatif Muhammad Ulinnuha dengan gagasan wilayah kritik ekstrinsik dan intrinsik. Penulisan artikel ini menggunakan metodologi deskriptif berbasis kepustakaan dari buku-buku dan karya ilmiah yang berkenaan dengan kritik tafsir dan kitab Bida’ Al-Tafasir. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Bida’ Al-Tafasir cukup objektif mengkritik penafsiran-penafsiran yang keliru, hal tersebut dibuktikan dengan kritiknya mencakup setiap wilayah kajian kritik (ekstrinsik dan instrinsik) dalam metodologi kritik tafsir rekonstruktif evaluative. Kritik yang paling banyak disampaikan dalam kitab Bida’ Al-Tafasir adalah kritik yang berkenaan dengan personalitas mufasir dan kualitas konten tafsir. Abdullah Al-Ghummari tidak banyak mengkritik wilayah teknis penafsiran dan hermeneutikanya, karena kajiannya fokus membahas tafsir-tafsir yang dianggap bid’ah (melenceng) dalam penafsiran.

Keywords


Al-Ghummârî; konten tafsir; kritik tafsir; personalitas mufassir; studi kritis

Full Text:

PDF

References


Abduh, M. (1947). Tafsir al-qur’an al-Karim: tafsir al-manar. oj.

Al-Khawarizmi, Z. (2009). Tafs î r al- Kasyâf ‘an Haqa’iq al -Tanzil wa Uyûn al-Aqawil wa Wujuh al- Ta’wil Cet. Ketiga. Dar al-Ma’rifah.

Amin al-Khuli dan Nashr Abu Zayd. (2004). Metode Tafsir Sastra. Adab Press.

Fauzan, Mustofa, I., & Masruchin. (2019). Metode Tafsir Maudu’Ī (Tematik): Kajian Ayat Ekologi. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 13(2), 195–228.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hamidah, A. I. A. dan T. (2022). Rahasia Bahasa Arab Sebagai Kalam Ilahi: Pandangan Ahli Tafsir. Al-Munir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4.

Ilman, M. Z. (2020). Ayat Tentang Rezeki Dalam Perspektif Ruh Al-Ma’ani. Madani, 2.

Kuswaya, A., & Ridwan, M. K. (2018). Mentradisikan kritik tafsir: Upaya meretas Mata rantai absolutisme penafsiran. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 13(1), 1–31.

Mahmudi, M. (2017). Hermeneutika Emilio Betti dan Aplikasinya dalam Kajian Studi Keislaman. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 57–72.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mu’min, M. (2017). Model Pemikiran Tafsir Al-Kasysyaf Karya Imam Az-Zamakhsyari. HERMENEUTIK, 11(2), 205.

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 63–70.

RI, K. A. (2017). Tafsir Tematik Moderasi Islam (M. M. Hanafi (ed.); 2nd ed.). Lajnah Pentashian Mushaf Al-Qur’an.

Rohmana, J. A. (2014). Memahami al-Qur ’ an dengan Kearifan Lokal : Nuansa Budaya Sunda dalam Tafsir al-Qur ’ an berbahasa Sunda. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 3(1), 79–99.

Rusmin, S., Galib, M., Abubakar, A., & Pabbabari, M. (2017). Penafsiran-Penafsiran Al-Zamakhsyari Tentang Teologi Dalam Tafsir Al-Kasysyaf. Jurnal Diskursus Islam, 5(2), 321–345.

Sanaky, H. A. H. (2008). Metode Tafsir [Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna atau Corak Mufassirin]. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, 18, 58227.

Ulinnuha, M. (2015). Rekonstruksi Metodologi Kritik Tafsir. Azzamedia Jakarta.

Ulinnuha, M. (2019). Metode Kritik Ad-Dakhil fit-Tafsir. PT. Qaf Media Kreativa.

Wahyuni, R. (2019). Al-Ushul Al-Khamsah Perspektif Zamakhsyari Studi Kritis Penafsiran Ayat-Ayat Terkait Al-Ushul Al-Khamsah dalam Tafsir Al-Kasysyaf.

Zakiyyah, N. U. F. (n.d.). Bid’ah dalam Penafsiran al-Qur’an: Kajian atas Pemikiran Abdullah al-Ghumari.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v3i2.29224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung