Konsep “Nikmat” dalam Al Quran


Muhammad Rizaldi Syahputra(1*)

(1) Pesantren Putri MIFARO, Ciwidey, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam Al-Qur'an, istilah "nikmat" merujuk pada anugerah dan karunia Allah SWT kepada manusia, baik materiil maupun spiritual, yang diterima di dunia maupun akhirat. Kajian ini fokus pada konsep nikmat  dengan pendekatan semantik Al-Quran versi eksiklopedi dengan pendekatan tafsir-tafsir ke Indonesiaan yaitu  kitab-kitab tafsir dari Indonesia seperti yang dijelaskan dalam tafsir-tafsir terkenal Indonesia seperti "Al Azhar" karya Hamka, "Al Misbah" karya Quraisy Shihab, dan "Al-Ibriiz Lima’rifati Tafsiril Quranil Aiziz" karya KH. Bisri Musthofa dalam bahasa Jawa Pegon yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Penelitian ini menemukan tiga jenis nikmat yang dapat diidentifikasi. Pertama, nikmat umum meliputi aspek-aspek kehidupan, seperti rezeki, kesehatan, dan kebahagiaan sehari-hari. Allah juga memberikan nikmat kepada para rasul dan nabi sebagai penghargaan atas dedikasi mereka. Kedua, nikmat surga diberikan kepada yang beriman dan bertakwa, berupa kenikmatan dan keindahan yang tak terbayangkan. Ketiga, nikmat dunia mencakup kekayaan, kekuasaan, dan ilmu pengetahuan yang Allah anugerahkan. Semua nikmat ini menggambarkan kekuasaan Allah yang mencipta dan mengatur alam semesta dengan hikmah.

Keywords


tafsir tematik; semantika al-Qur’an; Tafsir Al Azhar; Quraisy Shihab; Al Ibriz.

Full Text:

PDF

References


Aji, M. H., Hilmi, M. Z., & Rahman, M. T. (2021). The Living Qur’an as a Research Object and Methodology in the Qur’anic Studies. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 78–84.

Amrullah, A. M. K. (2003). Tafsir al-azhar. Singapore: Kerjaya Printing Industries.

Azima, F. (2017). Semantik Al-Qur’an (Sebuah Metode Penafsiran). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 1(1), 45–73.

Baidan, N. (2012). Metodologi penafsiran al-Quran. Pustaka Pelajar.

Bariyah, M. B. (2019). Ayat Toleransi Dalam Al-qur’an; Tinjauan Tafsir Al-Qurthubi. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 31–46.

Darmawan, D., Riyani, I., & Husaini, Y. M. (2020). Desain Analisis Semantik Alquran Model Ensiklopedik: Kritik atas Model Semantik Toshihiko Izutsu. AL QUDS: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 181.

Fauzan, Mustofa, I., & Masruchin. (2019). Metode Tafsir Maudu’Ī (Tematik): Kajian Ayat Ekologi. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 13(2), 195–228.

Hanafi, M. M. (2013). Pengantar Tafsir Tematik. In Tafsir al-Quran Tematik (p. 6). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementeriaan Agama RI.

Lestari, S. (2022). BARAKAH MENURUT KH BISRI MUSTOFA DALAM KITAB TAFSIR AL-IBRIZ LI MA‟ RIFATI TAFSIR AL-QUR‟ AN AL-’AZIZ. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Madhiya, N. (2021). Perspektif Gender dalam Tafsir Kontemporer.

Nafinuddin, S. (2020). Pengantar semantik (pengertian, hakikat, jenis). Pengantar Sematik, 1–21.

Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic education and Islamization: Evolution of themes, continuities and new directions. Journal of Muslim Minority Affairs, 31(1), 5–30.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 43.

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual ( Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad ).

RI, K. A. (2022). Quran Kemenag. Retrieved from Quran. Kemenag: Https://Quran. Kemenag. Go. Id/Surah.

Shihab, M. Q. (1997). Ensiklopedi Al-Qur ‘an, Kajian Kosakata dan Tafsirnya. In Jakarta: Yayasan Bimantara.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2.

Shinkafi, A. A., & Ali, N. A. (2017). Contemporary Islamic economic studies on Maqasid Shari’ah: a systematic literature review. Humanomics, 33(3), 315–334.

Taufiq, W., & Suryana, A. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Israiliyyat Dalam Al-Qur‟ an Dan Tafsirnya (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Yusran. (2019). Tafsir dan Takwil dalam Pandangan Al-Alusi. Tafsere, 7.

Zaprulkhan. (2016). Ilmu Tasawuf Sebuah Kajian Tematik. Raja Grafindo Persada.

Zuhdi, 2014. (2014). Perkembangan Tafsir Modern di Indonesia. Hermeneutik, 8(2), 305–324.




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v3i3.29851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung