Tafsir ‘Aqo’idi dalam Pembahasan Epistemologi


Muhamad Hamdan Tauviqillaah(1*), Mohammad Taufiq Rahman(2)

(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini mengkaji tafsir 'aqo'idi dalam kajian epistemologi dengan pembahasan seputar latar belakang sejarah, batasan penafsiran, pandangan ulama dan standar validitas serta kitab-kitab tafsir yang tergolong tafsir 'aqo'idi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis berbasis penelitian kepustakaan. Tujuan dari pembasahan tulisan ini adalah meneliti dan mendeskripsikan bagaimana latar belakang sejarah kemunculan tafsir 'aqo'idi, batasan penafsiran yang tergolong ke dalam corak tafsir 'aqo'idi, bagaimana pandangan ulama dan standar validitas tafsir 'aqo'idi serta kitab tafsir apa saja yang bercorak 'aqo'idi. Penelitian ini menemukan bahwa sejarah tafsir 'aqo'idi berkaitan dengan konflik politik antara kubu Ali bin Abi Thalib dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan dalam perang Siffin. Kepentingan dan tujuan kelompok menjadi latar belakang munculnya penafsiran bernuansa 'aqo'idi. Batasan Tafsir 'aqo'idi pada penafsiran seputar persolan ketuhanan dan politik kekuasaan. Para ulama memandang tafsir 'aqo'idi tergolong tafsir bi al-ra'yi sehingga standar validitas tafsir 'aqo'idi linier dengan tafsir al-ra'yi. Jika tafsir 'aqo'idi tergolong bi al-ra'yi al-madzmum yang penafsirannya atas dasar dorongan hawa nafsu dan menjadi pembenaran kepetingan kelompok tertentu, maka tafsir corak tersebut tidak terima. Kitab tafsir ‘aqo’idi kelompok Sunni dapat ditemukan dalam kitab Mafatih al-Ghaib karya al-Razi. Kitab tafsir ‘aqo’idi kelompok Muktazilah terdapat pada kitab al-Kasyaf karya al-Zamaksyari dan kitab tafsir golongan Syi’ah adalah al-Mizan karya Husain al-Thabathba’i.

Keywords


corak tafsir; pemikiran manusian; perbedaan penafsiran; skismatika Islam; tafsir teologi.

Full Text:

PDF

References


Affani, S. (2019). Tafsir Al-Qur’an dalam Sejarah Perkembangannya. Kencana.

al-Athīr, I. al-D. I., & al-Fidā, A. al-Q. A. (1987). al-Kāmil fī al-ta’rīkh. Dār al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Dzahabi, M. H. (1976). al-Tafsir al-Mufassirîn. In Kairo: Dar al-Hadis, t. th.

Al-Qatthan, M. (1997). Mabahits fi ’Ulum Al-Qur’an. Maktabah Wahbah.

Al-Rumi, F. (1996). Buhuts fi Ushul al-Tafsir wa Manahijuhu. Maktabah Taubah.

Al-Zarqani, M. A. (n.d.). tt Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Quran. Beirut: Dar Al-Fikr.

Atabik, A. (2016). Corak tafsir aqidah (kajian komparatif penafsiran ayat-ayat aqidah). ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 17(2), 209–223.

Baidan, N. (1998). Metodologi Penafsiran al-Qur’ẫn. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Offset.

cAbd Rahman al-cIk, K. (1994). Usul al-Tafsir wa Qawaiduhu. Damsyik: Dar Al-Nafais.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Djalaluddin, M. (2015). Pemikiran Abu Ishaq Al-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(2), 289–300.

Hardivizon, H., Febriyarni, B., & Saputra, H. (2019). Mazahib at-tafsir. LP2 IAIN Curup.

Izzan, A. (2011). Metodologi Ilmu Tafsir. tafakur.

Kurniawan, R. O., & Khairunnisa, A. R. (2021). Karakteristik dan Metodologi Tafsir Al-Mizan Al-Thabathaba’i. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1, 146–150.

Maladi, Y. (2021). Makna dan Manfaat Tafsir Maudhu’i. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mubarok, M. Z. (2017). Mengenal Corak Tafsir ‘Aqa’id (Ideologis). Samawat: Journal of Hadith and Quranic Studies, 1(1).

Mulyaden, A., Hilmi, M. Z., & Yunus, B. M. (2022). Manhaj Tafsir Al-Kasyaf Karya Al-Zamakhsyari. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1), 85–90.

Rahman, M. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rahman, O., & Rahman, M. G. (2020). Tafsir Ideologi: Bias Idiologi dalam Tafsir Teologi Sunni, Muktazilah, dan Syiah. AS-SYAMS, 1(2), 154–196.

Setiawan, T., & Romadoni, M. P. (2022). Analisis Manhaj Khusus Dalam Tafsir Mafâtih Al-Ghaib Karya Al-Razi. Jurnal Imam Dan Spiritultas, 2, 49–60.

Syasi, M., & Ruhimat, I. (2020). Ashil dan Dakhil dalam Tafsir Bi al-Ma’tsur karya Imam al-Suyuthi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Taufiq, W., & Suryana, A. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Israiliyyat Dalam Al-Qur‟ an Dan Tafsirnya (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zaini, M. (2023). Ragam Metode dan Corak Pemikiran dalam Khazanah Teologi Islam. SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial Dan Budaya, 2(1), 31–49.

Zulaiha, E. (2017). Tafsir Kontemporer: Metodologi, Paradigma dan Standar Validitasnya. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v3i4.31412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung