Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta


Diana Fitria Salsabila(1*), Ananda Faza Saffanah Qalbi(2), Abdul Malik Aziz(3), Amoreyza Etniko(4), Khairun Nisa Tahir Rauf(5)

(1) Program Sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Program Sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Program Sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Program Sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) Program Sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peneliti melihat adanya penilaian yang berbeda terhadap perguruan tinggi negeri dan swasta, banyak dari masyarakat yang masih memandang rendah perguruan tinggi swasta. Penilaian tersebut dapat mempengaruhi self-esteem mahasiswa yang menempuh pendidikan pada perguruan tinggi tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan self-esteem pada  mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Adapun metode analisis statistik yang digunakan adalah uji t-test yang melibatkan 100 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan self-esteem antara mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta.

Keywords


self-esteem, mahasiswa, perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Umm press.

Ambarsari, W., & Santosa, S. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas viii smp negeri 7 surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5, 81–95. https://doi.org/10.1016/s0065-2296(08)00803-3

Arifah, S. M., & Taufik, M. (2017). Perbedaan self esteem ditinjau dari tingkat pendidikan pada lulusan diploma tiga dan sarjana. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 2(1), 57–63.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian pendekatan praktek. Rineka Cipta.

As’ari, R. (2018). Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam melestarikan lingkungan hubungannya dengan perilaku menjaga kelestarian kawasan bukit sepuluh ribu di kota tasikmalaya. Jurnal GeoEco, 4(1), 9–18.

Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Publisher.

Brekler, S. J., Olson, J. M., & Wiggins, E. C. (2006). Social psychology alive. Wadsworth Publishing.

Coetzee, M., Martins, N., & Muller, H. (2006). The relationship between personality preferences , self-esteem and emotional competence. Journal of Industrial Psychology, 32(2), 64–73.

Coopersmith, S. (1997). Coopersmith self-esteem inventory - The antecedents of self-esteem. W.H Freeman & Co.

Darlis, A. (2017). Hakikat pendidikan islam: telaah antara hubungan pendidikan informal, nonformal dan formal. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1), 84–103.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Harno. (2016). Akreditasi sekolah tentukan jumlah pendaftar snmptn 2016. unila.ac.id. https://www.unila.ac.id/akreditasi-sekolah-tentukan-jumlah-pendaftar-snmptn-2016/

Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2005). Social Psychology (4th Editio). Prentice-Hall.

Iskanto, B. A. (2017). Jumlah peserta sbmptn 2017 meningkat 10 persen. detik.com. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3498109/jumlah-peserta-sbmptn-2017-meningkat-10-persen

Kamila, I. I., & Mukhlis. (2013). Perbedaan harga diri (self esteem) remaja ditinjau dari keberadaan ayah. Jurnal Psikologi, 9(2), 100–112.

Khairat, M., & Adiyanti, M. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai prediktor subjective well-being remaja awal. Journal Gadjah Mada Of Psychology, 1(3), 180–191. https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop/article/download/8815/6685%0A

LTMPT. (2017). sbmptn. sbmptn.ltmpt.ac.id.

Mruk, C. J. (2006). Self-esteem research, theory, and practice : toward a positive psychology of self-esteem (3rd ed.). Springer Publishing Company.

Rahmania, P. N., & Yuniar, I. C. (2012). Hubungan antara self-esteem dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja putri. Jurnal psikologi klinis dan kesehatan mental, 1(02), 110–117.

Rakasiwi, P. F., Zulharman, & Firdaus. (2015). Hubungan harga diri dengan prestasi belajar mahasiswa tahun ketiga fakultas kedokteran universitas riau. JOM FK, 2(1).

Riska, H. A., Krisnatuti, D., & Yuliati, L. N. (2018). Pengaruh interaksi remaja dengan keluarga dan teman serta self-esteem terhadap perilaku prososial remaja awal. Jurnal Ilmu Keluarga & Konseling, 11(3), 206–218.

Rochmach, A. F. (2013). Pengaruh self esteem karyawan alfamart jember terhadap pemberian pelayanan prima (service excellence) kepada pelanggan. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rozika, L. A., & Ramdhani, N. (2016). Hubungan antara Harga Diri dan Body Image dengan Online Self-Presentation pada Pengguna Instagram. Gajah Mada Journal of Psychology, 2(3), 172–183.

Salsabila, D. (2017). Snmptn 2017 lebih selektif, sesuai pemeringkatan panitia pusat. http://news.unair.ac.id/2017/01/17/snmptn-2017-lebih-selektif-panitia-pusat-ambil-alih-pemeringkatan/

Sandha, T., Hartati, S., & Fauziah, N. (2012). Hubungan antara self esteem dengan penyesuaian diri pada siswa tahun pertama sma krista mitra semarang. Jurnal Psikologi, 1(1), 47–82. http://www.dt.co.kr/contents.html?article_no=2012071302010531749001

Santrock, J. W., (2003). Adolescence : Perkembangan remaja. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Seftiawan, D. (2017). Merger PTS akan dipermudah. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2017/11/10/merger-pts-akan-dipermudah-413451

Srisayekti, W., Setiady, D. A., & Padjadjaran, U. (2015). harga-diri ( self-esteem ) terancam dan perilaku menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141–156.

Syah, M. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Rosdakarya.

Unpad. (2018). Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2018. http://smup.unpad.ac.id/snmptn/

Wibowo, S. B. (2016). Benarkah self esteem mempengaruhi prestasi akademik? Humanitas, 13(1), 72. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3846




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.17458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.