Pengaruh Emosi Positif Terhadap Working Memory Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung


Bella Dwi Lestari(1*), Eka Fitriyani(2), Firdan Pahlevi W Pahlevi Wicaksono(3), Shopi Azahra(4)

(1) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(2) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(3) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(4) Muhammadiyah University of Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji perubahan working
memory setelah diberikan stimulus emosi positif berupa tayangan
humor. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i aktif
Universitas Muhammadiyah Bandung. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah One group pretest-posttest design atau within group
subject design, yang mana penelitian ini hanya melibatkan satu
kelompok pada saat eksperimen dilakukan. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah test recall memory yang merupakan
modifikasi dari penelitian dari Teknik Brown/Peterson dan Peterson
(Matlin, 2013) dimana akan disajikan 10 kata yang setiap katanya
diperlihatkan selama 3 detik. Hasil penelitian menunjukkan adanya
perbedaan skor working memory antara sebelum dan setelah stimulus
berupa tayangan humor diberikan. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi kajian tambahan mengenai working memmory.


Keywords


humor, emosi positif, working memory

Full Text:

PDF

References


Alloway, T. P., & Alloway, R. G. (2010). Investigating the predictive roles of working memory and IQ in academic attainment. Journal of Experimental Child Psychology, 106(1), 20-29.

Baddeley, A. (2003). Working memory: Looking back and looking forward. Nature Reviews Neuroscience, 4(10), 829-839.

Conway, A. R., Kane, M. J., Bunting, M. F., Hambrick, D. Z., Wilhelm, O., & Engle, R. W. (2005). Working memory span tasks: A methodological review and user’s guide. Psychonomic Bulletin & Review, 12(5), 769-786.

Cowan, N. (2014). Working memory underpins cognitive development, learning, and education. Educational Psychology Review, 26(2), 197-223.

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Edisi Keti). Pustaka Pelajar.

Hurriyati, E. A., Annisa, N., Fitriani, E., Cahyadi, S., & Srisayekti, W. (2017). Corsi block tapping task versi digital tablet: Emosi positif dan kapasitas visuospatial working memory pada konteks penghapal Qur’an. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 307–320.

MMatlin, M. W. (2013). Cognition 8th Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Nolen-Hoeksema, S., Fredickson, B. L., Loftus, G. R., & Wagenaar, W. A. (2012). Atkinson & Hilgard’S To Psychology Introduction. In Neuroscience and Biobehavioral Reviews.

Rokade.International Conference on Chemical, Biological and Environmental Sciences: Release Of Endomorphin Hormone And Its Effects On Our Body And Moods. Jurnal tidak diterbitkan: R.B. Attal Arts, Science, & Commorce College. Page No. 436-438. (Academic Year : 2011-2012).

Schmiedek, F., Hildebrandt, A., Lövdén, M., Wilhelm, O., & Lindenberger, U. (2009). Complex span versus updating tasks of working memory: The gap is not that deep. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 35(4), 1089-1096.

Storbeck, J., & Maswood, R. (2016). Happiness increases verbal and spatial working memory capacity where sadness does not: Emotion, working memory and executive control. Cognition and Emotion. https://doi.org/10.1080/02699931.2015.1034091

Subana, M., S. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. CV Pustaka Setia.

Wade, Carole., Tavris, Carol. (2007). Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Whitehead, A. (1976). Introduction to Psychology. Sixth edition. By Ernest R. Hilgard, Richard C. Atkinson and Rita L. Atkinson New York: Harcourt Brace Jovanovich. 1975. Pp xiii+658. Index 14 pp. Illustrated. No price stated. British Journal of Psychiatry. https://doi.org/10.1192/s0007125000092515

Wulandari, N. M. A. K., Jayanti, L. G. L. E., Cuo, F. O., Laumanto, F., & D, P. C. M. P. (2022). Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1847–1853.

Zuchrufia, Afnia Rosa. (2013). Pengaruh Menonton Film Drama Komedi Korea Terhadap Emosi Positif pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v2i1.25038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.