Pengaruh Religiusitas Terhadap Moderasi Beragama Santri Pondok Pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.33532Keywords:
Moderasi Beragama, Religiusitas, PesantrenAbstract
Fenomena globalisasi menambah kompleksitas keberagaman dalam masyarakat, dan moderasi beragama dianggap penting dalam mengelola perbedaan keyakinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh antara religiusitas terhadap moderasi beragama pada santri di Pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel santri pondok pesantren Al-Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia sebanyak 75 sampel. Berdasarkan hasil uji regresi didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.004 dan R square 0.108, hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Religiusitas terhadap perilaku Moderasi Beragama.
References
Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.
Anshari, E.S. (1983). Kuliah Al-Islam, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Bandung: Pustaka
Amir, Y., & Lesmawati, D. R. (2016). Religiusitas dan spiritualitas: Konsep yang sama atau berbeda. Jurnal ilmiah penelitian psikologi: kajian empiris & non-empiris, 2(2), 67-73.
Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3 (02), 126–129.
Dewi, K., & Kristina, R. (2021). Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (4).
Hoffman, M. (2020) Religion and Tolerance of Minority Sects in the Arab World. Journal of Conflict Resolution 64 (2-3): 432-458 DOL 10.1177/0022002719864404.
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59-70.
Nurjanah, N., Aniqoh, A., & Muntaqo, R. (2022). Living Hadist dan Qur’an dalam membentuk Religiusitas Anak Sejak Dini Dalam Bingkai Moderasi Beragama Di Purworejo. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 55-60.
Mu’ti, A., (2019). Toleransi Yang Otentik: Menghadirkan Nilai Kemanusiaan Dan Keterbukaan Dalam Beragama, Berpolitik, Dan Peradaban Global. Jakarta: Al-Wasat Publishing House.
PPIM. (2018). Api dalam Sekam: Keberagamaan Generzi Z. Covey Report vol 1 no. 1, 2018.
Purba, G., Djaafar, A., & Setiawan, E. A. (2023). Religiusitas Dan Intelektualitas Dalam Ruang Publik Untuk Menggiatkan Moderasi Beragama. Jurnal Imparta, 1(2), 126-137.
Retnawati, H. (2017, September). Teknik pengambilan sampel. In Disampaikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data, dan isu plagiarisme (pp. 1-7).
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel?. Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2), 24-43.
Syahputra, A. W., & Lao, H. A. (2023). Pengaruh Aspek Religiusitas Terhadap Konsep Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Berbasis Agama Di Kota Kupang. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 307-318.
Yanti, N. N. S. A. (2023). Kontribusi Moderasi Beragama, Religiusitas Dan Sikap Sosial Terhadap Kinerja Pegawai Di Iahn Gde Pudja Mataram. Media Bina Ilmiah, 18(1), 11-20.
Zulkifli, & Sya’diyah. (2020). Religiusitas, Moderasi Dan Toleransi Beragama Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



