Design Thinking Konsep Budget Phone sebagai Solusi dalam Berteknologi Inspirasi Nabi Muhammad Saw.

Fajar Khaswara

Abstract


Penelitian ini bertujuan membahas inspirasi hadis Nabi Saw. dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan pendekatan design thinking hadis penggunaan gawai dalam kebermanfaatan. Hasil dan pembahasan ini meliputi penggunaan gawai, Nabi Muhammad Saw. teladan dalam kehidupan berteknologi, dan ide solusi masalah dari inspirasi hadis Nabi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hadis Nabi Saw. memiliki pesan-pesan inspiratif dalam memanfaatkan teknologi dengan baik sehingga menimbulkan hal positif.

Keywords


Design Thinking, Gawai, Hadis Nabi Saw

Full Text:

PDF

References


Al-Khatib, M. A. (1989). Usul al-Hadith, Ulumuh wa Mustalahuh. Dar al-Fikr.

Al-Qasimi, M. J. al-D. (1979). Qawa’id at-Tahdith min Fununi Mustalah al-Hadith. Dar al-Kurub al-Ilmiah.

Al-Sabbag, M. (1972). al-Hadith al-Nabawi; Mustalahuh Balagatuh Ulumuh Kutubuh. Manshurat al-Maktab al-Islami.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018 (S. D. S. K. dan T. Informasi (ed.)). Badan Pusat Statistik.

Darmalaksana, W. (2019). Paper Template Design Thinking Methods for Learning Hadith. Fakultas Ushuluddin UIN Bandung.

Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020c). Template Penulisan Artikel Hadis dengan Pendekatan Design Thinking. Pre-Prin Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–7.

Gupta, N., Krishnamurthy, V., Majhi, J., & Gupta, S. (2013). Gadget Dependency among Medical College Students in Delhi. Indian Journal of Community Health, 25(4), 362.

Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). Design thinking: A creative approach to educational problems of practice. Thinking Skills and Creativity, 26, 140–153. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.001

Lee, D.-H. (2005). Women’s Creation of Camera Phone Culture. The Fibreculture Journal, 6.

Morrill, D. (2008). Announcing the Android 1.0 SDK, release 1. Android Developers Blog.

Steinke, G. H., Al-Deen, M. S., & LaBrie, R. C. (2018). Innovating information system development methodologies with design thinking. Proceedings of the 5th Conference in Innovations in IT.

Suhana, M. (2017). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 169, 234–237.

Warisyah, Y. (2019). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan, 130–138.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpiu.11057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Google Scholar Moraref