Analisis Diskrepansi Kepuasan Penggunaan Aplikasi Haji Pintar


Muhibudin Wijaya Laksana(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


‘Haji Pintar’ merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Agama untuk memberikan layanan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji. Kepuasan pengguna menjadi bagian yang penting karena akan menentukan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan dalam penggunaan aplikasi ‘Haji Pintar’ dengan menggunakan kerangka Uses and Gratifications 2.0 dan model expectancy-values Palmgreen (1984) untuk menggambarkan diskrepansi kepuasan pengguna. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data melalui survey kuesioner dan analisa statistik deskriptif untuk mendapatkan angka rata-rata diskrepansi kepuasan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang ditentukan melalui rumus Lemeshow (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki tingkat harapan yang tinggi terhadap aplikasi ‘Haji Pintar’ untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi yang berkaitan dengan ibadah haji. Akan tetapi, tingkat kepuasan responden berada dalam kategori yang rendah setelah menggunakan aplikasi ‘Haji Pintar’. Adanya diskrepansi kepuasan yang tinggi dalam penggunaan aplikasi ‘Haji Pintar’ berdasarkan dimensi kepuasan isi informasi dan dimensi kepuasan sosial. Diskrepansi kepuasan berdasarkan dimensi proses penggunaan menunjukkan nilai yang rendah. Secara keseluruhan, aplikasi ‘Haji Pintar’ belum mampu memberikan kepuasan layanan kepada penggunanya

Keywords


Diskrepansi Kepuasan; Haji Pintar; Mobile Government; Model Nilai-Pengharapan; Uses and Gratification 2.0

Full Text:

PDF

References


Ardiana, G. D., & Fatimah, S. (2021). Implementasi Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Dalam Pendaftaran Haji Khusus Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Jurnal MD, 7(1), 39–66. https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-02

Baran, S. J., & Davis, D. K. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, Dan Masa Depan. Salemba Humanika.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2016). Information Systems Success Measurement. Foundations and Trends® in Information Systems, 2(1), 1–116.

Fajriansyah, F. S. (2018). Strategi Komunikasi Kementerian Agama Republik Indonesia Dalam Mensosialisasikan Aplikasi “Haji Pintar.” Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kisworo, B. (2017). Ibadah Haji Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 2(1), 75–98. https://doi.org/10.29240/jhi.v2i1.194

Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif (Edisi 2). Kencana Prenada Media Group.

Li, Y., Yang, S., Chen, Y., & Yao, J. (2018). Effects of Perceived Online–Offline Integration and Internet censorship on Mobile Government Microblogging Service Continuance: A Gratification Perspective. Government Information Quarterly, 35(4), 588–598.

Palmgreen, P. (1984). Uses and Gratifications: A Theoretical Perspective. Annals of the International Communication Association, 8(1), 20–55.

Putri, M. F., Harahap, N. C., Pramudiawardani, S., Sensuse, D. I., & Sutoyo, M. A. H. (2019). Usage Intention Model for Mobile Health Application: Uses and Gratification Perspective. 2019 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICEEI), 500–505.

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2018). Metode Penelitian Komunikasi : Edisi Revisi. Simbiosa.

Senoaji, A. A., Wicaksono, W., & Kusumaningrum, E. (2020). Aplikasi Sistem Iinformasi Pelayanan Haji Dan Umrah Berbasis Augmented Reality/Virtual Reality. Jurnal Penelitian Saintek, 25(2), 205–213. https://doi.org/10.21831/jps.v25i2.34389

Setiawan, A. I. (2021). Budaya Baru Jamaah Haji Indonesia: Studi Etnografi Virtual Aplikasi Haji Pintar. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(1), 173–180.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2000). Communication Theories: Origins, Methods, and Uses in the Mass Media. Longman New York.

Stafford, T. F., Stafford, M. R., & Schkade, L. L. (2004). Determining Uses and Gratifications for the Internet. Decision Sciences, 35(2), 259–288.

Sundar, S. S., & Limperos, A. M. (2013). Uses and Grats 2.0: New Gratifications For New Media. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 57(4), 504–525. https://doi.org/10.1080/08838151.2013.845827

Wang, C., Teo, T. S. H., Dwivedi, Y., & Janssen, M. (2021). Mobile Services Use and Citizen Satisfaction in Government: Integrating Social Benefits and Uses and Gratifications Theory. Information Technology & People, 34(4), 1313–1337. https://doi.org/10.1108/ITP-02-2020-0097

West, R., & Turner, L. H. (2018). Introducing Communication Theory: Analysis And Appliaction. McGraw-Hill Education,.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v4i1.24614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhibudin Wijaya Laksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International