MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/kl.v5i1.32499Keywords:
Manajemen, Pembiayaan, Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini mengungkap bahwa perencanaan anggaran pendidikan di SMPIT Al-Ummah Cibadak Sukabumi disusun melalui RAPBS setiap akhir tahun, melibatkan stakeholders sekolah, dengan keputusan akhir diambil oleh ketua yayasan. Mekanisme pengorganisasian pembiayaan pendidikan melibatkan struktur organisasi yang dipimpin oleh ketua yayasan dan kepala sekolah. Anggaran digunakan untuk pembiayaan program sekolah, belanja barang dan jasa, belanja modal, serta pengembangan sumber daya manusia, khususnya guru. Pengawasan dilakukan oleh Yayasan Peduli Ummat Indonesia dan dinas kependidikan, dengan pertanggungjawaban diserahkan kepada Komite Sekolah dan yayasan. Manajemen pembiayaan yang baik, terbuka, dan transparan di SMPIT Al-Ummah diakui memiliki dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian, strategi ini berpotensi untuk diterapkan dalam konteks pendidikan lainnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara lebih luas.
References
Arfiah, S., & Sumardjoko, B. (2017). Penguatan karakter tanggung jawab dan kemandirian pada mahasiswa ppkn melalui perkuliahan kepramukaan dalam upaya mempersiapkan mutu lulusan sebagai pembina ekstrakurikuler di sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 76–92.
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.
Atmaja, R. M. T. E., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Analisis Penetapan Standar Biaya Pendidikan Pada SMA Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).
Banjarnahor, S., & Daryanto, E. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pengelolaan Keuangan yang Efisien: Studi Kasus di TK Santa Lusia. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 2(6).
Ekowati, E. T., Sunandar, S., & Murniati, N. A. N. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Kecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(1).
Fadillah, N., AGUNG, D. R. A. A. G., & YUDANA, D. R. I. M. (2015). Analisis Biaya Pendidikan Dan Hubungannya Dengan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(1).
Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mutu sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269.
Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 594–601.
Piliang, Y. A. (2010). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Makna. Matahari.
Rusdiana. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. TRESNA BHAKTI Press Bandung.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).