MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH


Suhendri Suhendri(1*), Mohamad Erihadiana(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengungkap bahwa perencanaan anggaran pendidikan di SMPIT Al-Ummah Cibadak Sukabumi disusun melalui RAPBS setiap akhir tahun, melibatkan stakeholders sekolah, dengan keputusan akhir diambil oleh ketua yayasan. Mekanisme pengorganisasian pembiayaan pendidikan melibatkan struktur organisasi yang dipimpin oleh ketua yayasan dan kepala sekolah. Anggaran digunakan untuk pembiayaan program sekolah, belanja barang dan jasa, belanja modal, serta pengembangan sumber daya manusia, khususnya guru. Pengawasan dilakukan oleh Yayasan Peduli Ummat Indonesia dan dinas kependidikan, dengan pertanggungjawaban diserahkan kepada Komite Sekolah dan yayasan. Manajemen pembiayaan yang baik, terbuka, dan transparan di SMPIT Al-Ummah diakui memiliki dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan demikian, strategi ini berpotensi untuk diterapkan dalam konteks pendidikan lainnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara lebih luas.


Keywords


Manajemen, Pembiayaan, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arfiah, S., & Sumardjoko, B. (2017). Penguatan karakter tanggung jawab dan kemandirian pada mahasiswa ppkn melalui perkuliahan kepramukaan dalam upaya mempersiapkan mutu lulusan sebagai pembina ekstrakurikuler di sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 76–92.

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

Atmaja, R. M. T. E., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Analisis Penetapan Standar Biaya Pendidikan Pada SMA Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Banjarnahor, S., & Daryanto, E. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pengelolaan Keuangan yang Efisien: Studi Kasus di TK Santa Lusia. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 2(6).

Ekowati, E. T., Sunandar, S., & Murniati, N. A. N. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Kecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(1).

Fadillah, N., AGUNG, D. R. A. A. G., & YUDANA, D. R. I. M. (2015). Analisis Biaya Pendidikan Dan Hubungannya Dengan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(1).

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mutu sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269.

Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 594–601.

Piliang, Y. A. (2010). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Makna. Matahari.

Rusdiana. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. TRESNA BHAKTI Press Bandung.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v5i1.32499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suhendri dan Mohamad Erihadiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International