HARMONISASI KONSEP PSIKOLOGI ISLAM DAN BARAT: SUATU PERBANDINGAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM


Meli Fauziah(1*), Hadiansah Hadiansah(2), Izzudin Musthafa(3), Ateng Ruhendi(4)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisa potensi harmonisasi konsep psikologi Islam dan Barat dalam konteks implementasi pendidikan Islam. Perubahan dinamis dalam dunia pendidikan menuntut pemahaman yang lebih mendalam  terhadap aspek psikologis peserta didik, baik dari perspektif islam maupun Barat. Dalam upaya menggabungkan  kedua tradisi tersebut, artikel ini mencari keselarsaan konsep-konsep  psikologis, menyoroti perbedaan esensial, serta mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam menciptakan pendekatan yang seimbang. Artikel ini merujuk pada kitab Manhaj at-Tarbiyah karangan Ali Ahmad Madzkur. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini membahas bagaimana perbedaan pandangan budaya dan agama dapat mempengaruhi proses harmonisasi. Di samping itu, artikel ini memberikan contoh konkret implementasi metode yang mengintegrasikan elemen-elemen psikologi Islam dan Barat dalam pembelajaran. Pentingnya harmonisasi ini untuk mencapai pendidikan yang holistic dan seimbang menjadi sorotan utama, dengan focus pada pengembangan aspek mental, emosional, dan spiritual siswa. Dengan mendalamnya analisis konsep-konsep psikologi kedua tradisi, artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana integrasi harmonis dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Kesimpulan artikel menggaris bawahi pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang memadukan nilai-nilai psikologi Islam dan Barat guna mendukung perkembangan individu secara menyeluruh. Implikasi praktis dari harmonisasi ini diharapkan dapat membentuk dasar bagi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan dan efektif dalam menghadapi dinamika zaman.

Full Text:

PDF

References


Anwar, B. (2020) ‘Pendidikan Humanistik Dalam Belajar’, Inspiratif Pendidikan, 9(1), p. 126. Available at: https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.14469.

Aurellia, G.B. and Ediyono, S. (2023) ‘Perspektif Psikologi Menurut Ilmu Filsafat Dalam Dunia Modern’, (January). Available at: https://www.researchgate.net/publication/366877154%0APERSPEKTIF.

Hadziq, H.A.F. (2021) ‘Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat’, Study Pendidikan, 7(1), pp. 107–128.

Handoko, A. (2021) ‘Eksistensi Antara Psikologi Islam dan Barat Modern’, Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 8(4), pp. 1179–1194. Available at: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i4.22137.

Mustafa (2007) ‘Perbedaan Pendidikan Islam dan Pendidikan Barat dari Sudut Pandang Metodologi Keilmuan’, Iqra’, 3, pp. 27–37.

Rassool, G.H. (2023) Islāmic Psychology: the Basics, IslĀmic Psychology: The Basics. Available at: https://doi.org/10.4324/9781003312956.

Rothman, A. (2021) Developing a model of Islamic psychology and psychotherapy: Islamic theology and contemporary understandings of psychology, Developing a Model of Islamic Psychology and Psychotherapy: Islamic Theology and Contemporary Understandings of Psychology. Routledge. Available at: https://doi.org/10.4324/9781003104377.

Wahid, A. et al. (2022) ‘Dialektika konsep dasar Psikologi Islam dan Barat’, Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6026.

Zakaria, M. (2017) ‘Integrasi Psikologi dengan Konsep Pendidikan Islam (Paedagogik Kritis)’, Ta’dib, 15(2), pp. 54–71.

Zubaedi (2015) ‘Dengan Psikologi Islami ( Menuju Rekonstruksi Psikologi Islami )’, Nuansa, VIII(1), pp. 81–88.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v5i1.33866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meli Fauziah et.al

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International