STRATEGI PEMASARAN PT. PRIMAGRAPHIA DIGITAL: ANALISIS KINERJA DI LINGKUNGAN PLATFORM MARKETPLACE


Yohan Suryanto(1*)

(1) Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi penjualan PT. Primagraphia Digital di marketplace selama tahun 2022. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh dari wawancara dengan lima informan internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fluktuasi penjualan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk perubahan selera konsumen, kondisi pasar, dan kualitas layanan. Faktor-faktor musiman seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri juga memiliki dampak signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan perlu terus melakukan evaluasi dan penyesuaian strategi pemasaran untuk mengatasi fluktuasi penjualan dan mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam jangka panjang.


Keywords


Fluktuasi penjualan; Marketplace, PT. Primagraphia Digital; Strategi pemasaran

References


Amendalo, J & Nicole, R. (2993). Understanding Baking: The Art and Science of Baking. Canada: John Wiley & Sons Inc.

Amir, MS. (2000). Seluk Beluk dan Teknik Perdagangan Luar Negeri. Jakarta:PPM.

Anggraini dan Sulistyowati. (2020). Pengaruh Visual Merchandising dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. ISSN 2337-6078.

Apriadi, Deni dan Saputra, A.Y., (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol.1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

Armstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Bagdan dan Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Dharmesta dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Dharmesta dn Irawan. (2011). Marketing Mix Edisi 78. Yogyakarta: Liberty.

Denzin. (2000). Intruduction: The Discipline and Practice of Qualitative Research. In Denzin eds, Handbook of Qualitative Research. Second Edition. Sage London.

Fandi Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satifaction. . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ita Nurcholifah (2914). Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa Journal Of Islamic Studies. Vol4 No.1.73-8

Jalaluddin Rakhmat. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Liitlejohn. S.W. (1996). Theoris of Human Comunication. California: Berhemont, Woodsworth.

Kasmir Ja’far. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenanda Media Group. Edisi Revisi.

Malau Herman. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung:Alfabeta.

Muhamad. (2020). Bank Syariah: Analisis Kekuatan, dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonisis.

M.Nur Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Nur Rianto. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2019). Principles of Marketing. 14th Ed. Jakarta: Prencetice Hall.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Tigabelas Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

PrintGraphicChannel (2021, April 3). Kunjungan ke Graha Printing PrimaGrahia [Video]. Youtube, https://www.youtube.com/watch?v =ZP4Bis5q9nw.

Rini dan Rio Yunanto. (2017). Peran Markerlace Sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informastika, Vol. 6, No. 2, Oktober 2017.

Risyanto Prasetijo. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyadi Prawirosentono. 1998. Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumarni. Murti dan John Soeprihanto. (2003). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan.Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Suratman. 2001. Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: Perum Candi Gerbang.

Sarwono. (2012). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Swasta. Bosu dan Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Studi Karakter Konsumen Yogyakarta: BPFE.

Taufik Hidayat. (2008). Panduan Membuat Toko Online dan OS Commerce. Jakarta: Mediakita.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III. Jakarta: Pusat Bahasa.

Yin. Robert. K. (2002). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Umar Husen. (2010). Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persanda.

Umi Narimawati. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/kl.v5i1.34198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yohan Suryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1st Floor, Building of Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati
Kota Bandung, Jawa Barat

E-mail: KMultidisiplin@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International