KONSEP ETIKA JUAL BELI PERPEKTIF HADIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR UJUNG BERUNG
DOI:
https://doi.org/10.15575/kl.v5i2.38374Keywords:
Etika bisnis, Ilmu hadis, Jual beli, Hadis etika bisnis, Living hadisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah para pedagang di Pasar Ujung Berung menjalankan aktivitas jual beli sesuai dengan hadis etika bisnis Islam, yang mencakup sikap jujur, amanah, adil, tidak menjual barang haram, tidak bersumpah palsu, dan tidak melakukan perbuatan najasy (penipuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan 25 pedagang, 3 pembeli, dan 2 pengurus pasar sebagai sampel dari total 250 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pedagang di Pasar Ujung Berung memahami prinsip-prinsip etika bisnis Islam, meskipun sebagian hanya mengetahui dasarnya saja. Meskipun ada pedagang yang tidak pernah melanggar, terdapat juga pedagang yang masih melakukan praktik jual beli yang bertentangan dengan hadis etika bisnis. Kesimpulannya, para pedagang di pasar ini umumnya mengetahui hadis etika bisnis Islam, meskipun pemahaman mereka sering kali terbatas pada dasar-dasarnya, dan masih ada praktik jual beli yang tidak sesuai dengan hadis tersebutReferences
Agoes, S. (2016). Auditing: Petunjuk praktis pemeriksaan akuntan oleh kantor akuntan publik. Salemba Empat.
al-Asqalani Abu’l-Fadl Ahmad ibn Ali ibn Muhammad, I. H. (n.d.). Fath al-Bari Sharh Sahih al-Bukhari, Juz XXI. DÄr al-Fikr.
Al-Baghawi, I. M. (1992). Syarhus Sunnah. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Al-Buthy, M. S. R. (2006). Sirah Nabawiyah (17th ed.). Robbani Press.
Al-NaysabÅ«rÄ«, A. al-Ḥusayn M. I. al-ḤajjÄj I. al-Q. (2003). á¹¢aḥīḥ Muslim. Dar al-Fikr.
Aminah, S. (2017). Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Getah Karet di Desa Margo Bhakti Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. In Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro Lampung.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
asy-Syafi’I, I., & az-Zuhaili, W. (2011). Wahbah az-Zuhaili. Gema Insani.
Aziiz, A. N. R. Al. (2019). Perilaku Jujur, Amanah, dan Istikamah. Cempaka Putih.
Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring di Toko Online Shopee. Jurnal Humani, 10(1).
bin Ismail Al-Bukhari, A. A. M. (2008). Shahih Bukhari. Dar Ibn Hazm.
Daud, A. (1952). Sunan Abi Daud. Maktabah Syarikah wa Matbah’ah al Musthafa.
Djakfar, M. (2008). Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis dan Praktis. UIN Malang Press.
Djamaris, Z. A. (1996). Islam Aqidah dan Syariah. Raja Grafindo Persada.
Harahap, S. S. (2010). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Selemba Empat.
Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dan Perpsektif Pendidikan Islam. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2).
Idri. (2015). Hadis Ekonomi: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi (1st ed.). Prenadamedia Group.
Lailiya, U. (2012). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Jual Beli Karakter Game Online Ninja Kita di Internet. Fakultas Syariah, IAIN Sunan Ampel.
Mujieb, M. A., AM, S., & Tholhah, M. (1994). Kamus Istilah Fiqih. Pustaka Firdaus.
Nurjannah, Fadel, M., & Asti, M. J. (2023). Eksistensi Hak Khiyar Pada Jual Beli Sebagai Perlindungan Konsumen Dalam Islam. Jurnal Al-Kharaj, 3(1).
Nurul, R. A. (2012). Etika bisnis pedagang kaki lima di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramadhana, D. C. (2021). Kasus Najasy di Pasar dan Relevansinya dengan Pemikiran Ibnu Qudama. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.
Rosadi, & Ghufron, M. (2020). Pendidikan Agama Islam: Sesuai Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016. Edulitera.
Salma, S. H. S. (2023). Larangan Bersumpah Palsu Dalam Jual Beli Perspektif Hadis Ahkam. Jurnal Al-Ibanah, 8(1).
Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2013). Pengantar sosiologi politik. Kencana.
Shabiran, M., & Herwanti, T. (2017). Etika Bisnis Pedagang Pada Jual Beli Telepon Genggam Bekas Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Maqdis, 2(1).
Solahudin, M. A., & Suryadi, A. (2009). Ulumul Hadis. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Sulaiman, M., & Zakaria, A. (2010). Jejak bisnis rasul. Hikmah.
Sumantri, R., & Yulza, N. A. (2015). Teori-Teori Etika Perilaku Bisnis dan Pandangan Islam Tentang Perilaku Bisnis. Jurnal Ekonomi, 1(1).
Wajdi, F., & Lubis, S. K. (2021). Hukum Ekonomi Islam: Edisi Revisi. Sinar Grafika (Bumi Aksara).
Weber, M. (1964). The Sociology of Religion. Beacon Press.
Yosephus, L. S. (2010). Etika Bisnis Pendekatan Filsafat Moral terhadap Prilaku Pebisnis Kontemporer. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zakiyah, K. (2017). Peran Negara Dalam Distribusi Kekayaan (Perspektif Ekonomi Islam). Al-Falah: Journal of Islamic Economics, 2(1), 37–52.
Zakiyah, & Wirawan, B. (2015). Pemahaman Nilai – Nilai Syari’ah Terhadap Perilaku Berdagang. Jurnal Sosiologi, 1(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).