TikTok Sebagai Media Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an: Analisis Konten Pada Akun @kelastahsin
DOI:
https://doi.org/10.15575/kl.v5i2.51481Keywords:
Tahsin Al-Qur'an, TikTok, Digital Learning, TajwidAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas konten pembelajaran tahsin Al-Qur’an dimedia sosial TikTok sebagai platform pembelajaran tahsin Al-Qur'an dengan menawarkan format dan karakteristik yang berbeda yaitu menggunakan video pendek dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis konten video TikTok, termasuk struktur penyampaian materi tahsin Al-Qur'an dan elemen kreatif yang digunakan dalam video. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data numerik terkait jumlah viewers, likes, shares, dan komentar pada video, guna mengukur tingkat keterlibatan dan respons audiens terhadap konten pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa konten pembelajaran tahsin Al-Qur’an yang disajikan oleh akun TikTok @kelastahsinid dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, khususnya dalam memperkenalkan dan memperdalam literasi tajwid kepada masyarakat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendekatan interaktif, seperti penggunaan efek visual, teks, dan pengulangan sistematis, mampu meningkatkan pemahaman audiens.Temuan ini memiliki implikasi praktis, seperti potensi pemanfaatan media sosial sebagai alat edukasi oleh lembaga pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pembelajaran dengan menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi sarana edukasi yang relevan, terutama dalam konteks pembelajaran agama.
References
Adnan, A., & Mulya, A. Y. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Belajar Tahsin Al Qur’an Pada Program Betta Qur’an. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 18(09, Januari), 24–42.
Afni, I. N. (2023). Problematika Pembelajaran Tahsin Metode Hanifa Dalam Program Pengembangan Kepribadian Dan Tahsinul Qur’an (Pktq) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2023. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Amirudin, M., & Tabroni, I. (2022). Improving Of Tahsin Al-Qur’an For Children. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(8), 759–768.
Benny, F. A., Baroroh, R. N., & Adawiyah, R. (2024). Dampak Positif Penggunaan Media Sosial (Tiktok) Sebagai Sarana Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Alquran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 520–526.
Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference On Business, Social Sciences And Innovation Technology, 1(1), 565–572.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93.
Fuad, A. F. N., & Afifah, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Dalam Akun Instagram@ Zahidsamosir: Trend Dakwah Dan Pendidikan Islam Melalui Sosial Media. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 60–74.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21–26.
Mahardhika, G. P., & Zubaidi, A. (2023). Pengembangan Komunitas Tahsin Al-Qur’an Antar Takmir Masjid Di Wilayah Sambilegi Maguwoharjo Sleman. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (Jamali), 26–37.
Muh Warham, W. M. U. H. (2021). Penerapan Metode Tahsin Qira’ah Bagi Generasi Millenials Pada Komunitas Magguru Mangngaji Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pramasta Pustaka Ilmu.
Nurzannah, N., & Ginting, N. (2022). Improving The Ability To Read The Quran Through The Tahsin Program Based On The Talaqqi Method. Journal Of Character Education Society, 5(2), 305–317.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Safi’i, M. I. (2020). Problematika Pembelajaran Tahsin Al Quran Dan Penanaman Akhlak Dalam Program Pengembangan Kepribadian Dan Tahsinul Quran (Pktq) Di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Saihu, M. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(02), 418–434.
Salsabila, U. H., Rurina, A. P., Meliyana, C., Fitrianingsih, H., & Aprilia, M. (2024). Strategi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Melalui Akun Instagram@ Mentarizeinn. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(2), 53–60.
Shodikun, S., Hufron, M., & Subhi, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Strategis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 524–535.
Suprayitno, D., Ahmad, A., Tartila, T., & Aladdin, Y. A. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori Komprehensif Dan Referensi Wajib Bagi Peneliti. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syirazi, H. (2021). Problematika Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd It Daarul Quran Al-Aziziyah. Uin Ar-Raniry.
Adnan, A., & Mulya, A. Y. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Belajar Tahsin Al Qur’an Pada Program Betta Qur’an. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 18(09, Januari), 24–42.
Afni, I. N. (2023). Problematika Pembelajaran Tahsin Metode Hanifa Dalam Program Pengembangan Kepribadian Dan Tahsinul Qur’an (Pktq) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2023. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Amirudin, M., & Tabroni, I. (2022). Improving Of Tahsin Al-Qur’an For Children. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(8), 759–768.
Benny, F. A., Baroroh, R. N., & Adawiyah, R. (2024). Dampak Positif Penggunaan Media Sosial (Tiktok) Sebagai Sarana Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Alquran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 520–526.
Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference On Business, Social Sciences And Innovation Technology, 1(1), 565–572.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93.
Fuad, A. F. N., & Afifah, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Dalam Akun Instagram@ Zahidsamosir: Trend Dakwah Dan Pendidikan Islam Melalui Sosial Media. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 60–74.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21–26.
Mahardhika, G. P., & Zubaidi, A. (2023). Pengembangan Komunitas Tahsin Al-Qur’an Antar Takmir Masjid Di Wilayah Sambilegi Maguwoharjo Sleman. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (Jamali), 26–37.
Muh Warham, W. M. U. H. (2021). Penerapan Metode Tahsin Qira’ah Bagi Generasi Millenials Pada Komunitas Magguru Mangngaji Kota Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pramasta Pustaka Ilmu.
Nurzannah, N., & Ginting, N. (2022). Improving The Ability To Read The Quran Through The Tahsin Program Based On The Talaqqi Method. Journal Of Character Education Society, 5(2), 305–317.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Safi’i, M. I. (2020). Problematika Pembelajaran Tahsin Al Quran Dan Penanaman Akhlak Dalam Program Pengembangan Kepribadian Dan Tahsinul Quran (Pktq) Di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Saihu, M. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(02), 418–434.
Salsabila, U. H., Rurina, A. P., Meliyana, C., Fitrianingsih, H., & Aprilia, M. (2024). Strategi Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Melalui Akun Instagram@ Mentarizeinn. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(2), 53–60.
Shodikun, S., Hufron, M., & Subhi, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Strategis Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 524–535.
Suprayitno, D., Ahmad, A., Tartila, T., & Aladdin, Y. A. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori Komprehensif Dan Referensi Wajib Bagi Peneliti. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syirazi, H. (2021). Problematika Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd It Daarul Quran Al-Aziziyah. Uin Ar-Raniry.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salwa Nursyafa Marisya, M. Solahudin, Tamami Tamami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).