Perjuangan Kh.Choer Affandi Pendiri Pesantren Miftahul Huda Manonjaya
DOI:
https://doi.org/10.15575/kt.v1i1.7124Keywords:
KH.Choir Affandi, Pesantrent Miftahul Huda, TasikmalayaAbstract
Pesantren Miftahul Huda yang didirikan oleh Almarhum K.H. Choer Affandi, dan merupakan Pesantren Salafiyah terbesar yang berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, yang masih mempertahankan sistem Salafiyah dengan sedikit mengadopsi sistem pembelajaran dari Pesantren Modern sehingga dengan hal ini mengakibatkan tingkat kemajuan dalam bidang pendidikan bagi santrinya itu sendiri. Pesantren ini lahir berkat kesabaran dan keinginan serta kepatuhan pendiri terhadap gurunya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi serajah dan cara mendapatkan data dilakukan dengan wawancara,studi literature dan turun langsung kelapangan. Perkembangan pesantren juga bisa dikatakan berkembang dengan pesat, ini terbukti dengan luas pesantren yang semakin luas walaupun tidak secara keseluruhan dijadikan bangunan pesantren namun kepemilikan lahan pesantren yang luas membuktikan pesantren tersebut bisa mandiri dan berkembang tanpa tergantung dari uluran tangan dermawan-dermawan, luas lahan pesantren ini mencapai 8,5 Ha dengan luas 5 Ha di tempai bangunan dan rumah serta asrama pesantren, sedangkan sisanya dijadiakan lahan pertanian, peternakan, kolam ikan. Dengan jumlah santri secara keseluruhan mencapai 2.085 jiwa.References
Fatah, R. A. (2005). Rekontruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta: PT. Listafariska Putra. Fattah, A. (2010). Asal Mula Uwa Ajengan Datang Ke Manonjaya. Bandung: CV. Wahana Iptek Bandung. Fazari BA, M. (1996). Ikhlas Mengabdi, Biografi Uwa Ajengan Manonjaya. Manonjaya: YAMIDA. Haedari, A. (2004). Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Modern. Jakarta: Diva Pustaka. Huda, R. F. (2010). Kurikulum Pesantren Miftahul Huda. Tasikmalaya: Institut Assofa Miftahul Huda. Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Pesantren, sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. MM, M. (2006). Model-model Pembelajaran di Pesantren. Tanggerang: Media Nusantara. Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, cetakan XXIX. Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya. Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Raharjo, M. D. (1985). Pergulatan Dunia Pesantren Dari Bawah. Jakarta: P3M. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).