Penguatan Moderasi Beragama Perspektif Al-Qur’an di Tengah Darurat Literasi Media


Fitriani Fitriani(1*), Asep Ahmad Fathurrohman(2)

(1) SMA Krida Nusantara Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara yang multikultural baik dalam budaya, suku, ras, dan agama, dengan keberagaman budaya dan agama menjadikan masyarakat Indonesia terbiasa dalam suasana multikultural. Keberagaman tersebut menjadi aset yang sangat berharga bagi suatu negara, karena mempengaruhi cara pandang keagamaan umat Islam Indonesia untuk lebih moderat. Namun keberagaman tersebut juga rentan menjadi pemicu untuk terjadinya konflik antar sesama, terlebih hadirnya kelompok-kelompok masyarakat yang sering membuat provokasi untuk memecah belah umat. Perpecahan yang terjadi di Indonesia penyebab utamanya bukan hanya dari pihak eksternal saja, namun bersumber dari pihak internal juga. Hal tersebut dipicu oleh kekeliruan dalam menginterpretasikan ayat al-Qur’an, bahkan bagi sebagian kelompok menggunakan penafsiran tersebut untuk kepentingan suatu golongan dalam mempertahankan argumentasinya agar bisa membantah dan mematahkan argumentasi golongan yang tidak sejalan dengannya.


Keywords


Wasathiyah; Interpretasi al-Qur’an; Harmoni sosial; Perpecahan umat

Full Text:

PDF

References


A-Asfahani, A.-R. (2017). Al-Mufradat fi Gharibil Qur’an Jilid 3 (R. Nurhadi (ed.); 1st ed.). Pustaka Khazanah Fawa’id.

Alfaini, S. (2021). Perspektif Al-Qur’an tentang Nilai Moderasi Beragama untuk Menciptakan Persatuan Indonesia. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 113–124.

Amri, K. (2021). Moderasi Beragama Perspektif Agama-agama di Indonesia. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 4(2), 179–196.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000a). Tasir Al-Qur’anul Majid An-Nuur Jilid 1 (2nd ed.). PT. Pustaka Rizki Putra.

Ash-Shiddieqy, T. M. H. (2000b). Tasir Al-Qur’anul Majid An-Nuur Jilid 2 (2nd ed.). PT. Pustaka Rizki Putra.

Az Zafi, A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1), 24–46.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.

Effendi, D. I., Lukman, D., & Rustandi, R. (2022). Dakwah Digital Berbasis Moderasi Beragama (For Millenial Generation) (R. Junaeni (ed.)). Yayasan Lidzikri.

Farma, J., & Umuri, K. (2021). Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam Dan Perbankan Syariah, 1(1), 13–26.

Firdausirrochim, N. N. (2018). Konsep Keluarga Bahagia dalam AlQuran dan Kontekstualisasinya Perspektif Misbah Musthofa dan Quraish Shihab. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fitriani, F. (2021). Integrasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Perspektif Al-Qur’an melalui Penguatan Literasi Media. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 97–106.

Fitriani, F., Muslim, H. H., Firmansyah, I., & Khaerani, I. F. S. R. (2021). Moderasi Beragama dalam Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy: Studi Tafsir Q.S Al-Baqarah : 143. Gunung Djati Conference Series, Volume 4 (2021) Proceedings The 1st Conference on Ushuluddin Studies, 4, 346–358.

Hartani, M., & Nulhaqim, S. A. (2020). Analisis Konflik antar Umat Beragama di Aceh Singkil. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 93–99.

Hidayat, A., & Rahman, R. (2022). Penanaman Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 22 Padang. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 174–186.

Huriani, Y., Zulaiha, E., & Dilawati, R. (2022). Buku Saku Moderasi Beragama untuk Perempuan Muslim (T. Rahman & M. Z. Haq (eds.); 1st ed.). Prodi S2 Studi Agama-agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikultiuralitas Indonesia. AS-SALAM: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 14–24.

Kurniawati, R., & Maemonah, M. (2021). Bimbingan Literasi Media dan Pengarus Utamaan Moderasi Beragama di PPM-PIN IAIN Surakarta. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(2), 311–334. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.11255

Kusnawan, A., & Rustandi, R. (2021). Menemukan Moderasi Beragama dalam Kaderisasi Dakwah: Kajian pada Pemuda Persatuan Islam Jawa Barat. Nalar : Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(1), 41–61. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i1.2900

Malik, A., & Busrah, B. (2021). Relasi Pemerintah dan Akademisi dalam Isu Moderasi Beragama di Indonesia. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 23(2), 120–135. https://doi.org/10.22373/substantia.v23i2.9167

Nafida A, T., Bayu H, P., & Dzulfahmi, A. A. (2022). Telaah Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Serial Animasi Upin-Ipin Musim Sepuluh: Pesta Cahaya serta Implikasinya terhadap Buku Pedoman Moderasi Beragama Kementrian Agama Republik Indonesia. Muta’alim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 42–61.

Prastyo, A. T., & Inayati, I. N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Digital untuk Menguatkan Moderasi Beragama bagi Santri (Studi Kasus di Mahad UIN Malik Ibrahim Malang). INCARE: Internasional Journal of Educational Resources, 2(6), 665–683.

Rahman, M. T., & Setia, P. (2021). Pluralism in the Light of Islam. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jis.v1i2.12269

Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. SIMBOLIKA, 4(1), 32–41.

Safei, A. A. (2021). Promoting moderate islam in a global community through the ‘English for Ulama’ programme. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 77(4), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v77i4.6878

Safei, A. A., Ali, M., & Himayaturohmah, E. (2022). Dealing with Islamophobia: Expanding religious engagement to civic engagement among the Indonesian Muslim community in Australia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7353

Setia, P., & Rahman, M. T. (2022). Socializing religious moderation and peace in the Indonesian lanscape. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(3), 333–340.

Truna, D. S., Syukur, A., Qodim, H., & Mukarom, A. S. (2020). Pendidikan multikultural sebagai upaya pencegahan radikalisme di Indonesia. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/mjiat.v1i1.19387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mashadiruna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Published by: the Master's Program in Al-Qur'an and Tafsir at the UIN Sunan Gunung Djati Bandung.