Tafsir Surat Al-Fatihah KH Aceng Zakaria: Corak dan Metode Penafsiran


Farhan Ahsan Anshari(1*)

(1) Universitas PTIQ Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Qur’an sebagai kitab suci petunjuk tidak pernah padam dari penafsiran. Tafsir Al-Qur’an merupakan cabang keilmuan yang terus ada dari zaman Rasulullah Saw sampai sekarang  tak terkecuali ulama Indonesia yang  mencoba hal demikian terhadap Al-Qur’an. Salah satu ulama Indonesia yang menafsirkan Al-Qur’an adalah KH Aceng Zakaria dengan kitabnya tafsir surat.al-Fatihah, Ia menafsirkan surat tersebut karena merasa surat tersebut penting untuk diketahui maknanya karena dibaca selama 17 kali dalam sehari. Tafsir Qs al-Fatihah merupakan tafsir dengan metode penyajian maudhu'i karena pembahasan berfokus pada surat tertentu. Tafsir Qs Al-Fatihah karya KH Aceng ini pun memiliki corak yang dominan yaitu corak al-adab al-Ijtima'i.

Keywords


Adab Al-ijtima’i; Al-Fatihah; Al-Qur’an Penafsiran.

Full Text:

PDF

References


Abdul Syukur. (2015). Mengenal Corak Tafsir Alquran. EL_FURQONIA, 01.

Adz-Zahabi, M. H. (2005). At-tafsir wa al-mufassirun. Dar al-Hadits.

Ahmad Mansur, S. (2015). Api Sejarah jilid 1 (2nd ed.). CV Tria Pratama.

Al-Baghdadi, A. R. (1988). Nazharat fi al-Tafsir al-‘Ashri li al-Qur’an al-Karim, Terj. Abu Laila dan Muhammad Tohir. PT. Al-Ma’arif.

Al-Farmawi, A. A.-H. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i dan cara penerapannya (A. Rosihon (ed.)). Pustaka Setia.

Amin Shidiq. (2007). Panduan Hidup Berjama’ah dalam Jam’iyyah Persis.

At-Thayyar, M. bin S. (1999). Fushul fi ushul at-Tafsir. Dar Ibnu Jauzi.

Bachtiar, T. A. (2017). Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia. Pustaka Al-Kautsar.

Baidan, N. (2003). Perkembangan Tafsir Al-Quran di Indonesia (1st ed.). PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Danial. (2019). Corak Penafsiran Al-Qur`an Periode Klasik Hingga Modern. Hikmah, XV.

Fauzan, P. I. (2021). KH. Aceng Zakaria Ulama Persatuan Islam (Pertama). LPPM STAI Persis Garut.

Gusmian, I. (2013). Khazanah Tafsir Indonesia. PT. LKiS Printing Cemerlang.

Muhammad Amin, S. (2014). ’Ulum Alquran. PT. Raja Grafindo Persada.

Mustaqim, A. (2011). Epistemologi Tafsir Kontemporer. PT. LkiS Printing Cemerlang.

Rahman, M. T. (2016). Rasionalitas Sebagai Basis Tafsir Tekstual (Kajian atas Pemikiran Muhammad Asad). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 63–70.

Rahmawati, M. G. (2013). Ulumul Quran : Praktis dan mudah. Teras.

Roifa, R., Anwar, R., & Darmawan, D. (2017). Perkembangan Tafsir di Indonesia. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 2, 1(Juni), 21–36.

Rosihon, A. (2018). Pengantar Ulumul Quran (Edisi Revi). Pustaka Setia.

Shihab, M. Q. (2013). Membumikan Al-Qur’an (2nd ed.). PT Mizan Pustaka.

Suaidah, I. (2021). Sejarah Perkembangan Tafsir. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 183–189.

Ulinnuha, M. (2019). Metode Kritik Ad-Dakhil fit-Tafsir. PT. Qaf Media Kreativa.

Ummi Kalsum Hasibuan, Risqo Faridatul Ulya, & Jendri, J. (2020). Tipologi Kajian Tafsir: Metode, Pendekatan dan Corak dalam Mitra Penafsiran al-Qur’an. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah. https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i2.9

Yunus, B. M., & Jamil, S. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat dalam Kitab Shafwah Al-Tafasir (E. Zulaiha & M. T. Rahman (eds.)). Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zaini, M. (2012). Sumber-Sumber Penafsiran Al-Qur’an. Substantia.

Zakaria, A. (n.d.). Al- Hidayah Fi Masail Fiqhiyyah Mutaa’ridhah. Dar-Ibn Azka.

Zakaria, A. (2005). Tafsir Surat Al-Fatihah. Ibn Azka.

Zulaeha, E., & Busro, B. (2020). Tradisi Bahts Al-Masail Nahdhatul Ulama (NU): Pematangan Pemikiran Fikih Adil Gender Husein Muhammad. Jurnal Musawa, 19(2), 1–22.




DOI: https://doi.org/10.15575/mjiat.v3i1.34046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mashadiruna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Published by: the Master's Program in Al-Qur'an and Tafsir at the UIN Sunan Gunung Djati Bandung.