Metode Penafsiran Ibnu Asyur dalam Menafsirkan Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.15575/mjiat.v3i3.37130Keywords:
Contextual understanding, Holistic approach, Ibn Ashur Sabab al-nuzul, Ta’wil.Abstract
Penelitian ini menjelaskan evolusi dan metodologi dalam ilmu tafsir Al-Qur’an dari masa ke masa, dengan fokus pada kontribusi Ibnu Asyur melalui Tafsir at-Tahrir wa at-Tanwir, yang mengintegrasikan tradisi klasik dengan inovasi modern. Mukadimah karyanya menyoroti pentingnya penguasaan bahasa Arab, ilmu hadis, dan ilmu-ilmu lainnya sebagai prasyarat untuk penafsiran yang akurat. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tafsir Ibnu Asyur menggabungkan tafsir riwayah berdasarkan teks dengan takwil bi al-ra’yi berdasarkan pemikiran rasional, memastikan interpretasi yang holistik dan kontekstual. Ibnu Asyur juga menekankan pentingnya memahami sabab nuzul sebagai latar belakang turunnya ayat untuk konteks yang lebih mendalam. Tafsir Ibnu Asyur mencerminkan upaya untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan hidup yang dinamis dan aplikatif, relevan dengan zaman modern serta berdaya guna bagi umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan.References
Ain, A. Q. (2023). Tafsir: Pengertian, Sejarah, Maraji’, Hukum, dan Pembagiannya. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 3(1), 71–76.
Al Faruq, U., Septiyawati, E. P., Safitri, R. C., Ali, M. M. M., & Yaqin, B. U. A. F. A. (2024). I’jaz al-Qur’an: Menyingkap Kemukjizatan Bahasa, Ilmu Pengetahuan, dan Aspek Ghaib dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 14.
Baderuliksan, A. A. Bin. (2024). Implikasi Qira’at dalam Penafsiran Ayat Al-Qur’an (Studi Analisis Terhadap Kitab Tafsir Nur Ihsan). UIN Sultan Syarif Kasim.
Erviena, E. (2021). Kepemimpinan Perempuan Dalam Al-Qur’an: Reinterpretasi Pemikiran M. Quraish Shihab Tentang Konsep Al-Qawwâmah dengan Perspektif Qirâ’ahmubâdalah. Institut PTIQ Jakarta.
Farid, M., Al-Kautsary, M. I., & Sidik, A. H. M. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Corak Tafsir Tarbawi dalam Qs. Luqman Ayat 12-19). Jurnal Al-Qiyam, 5(1), 1–15.
Gozali, A. (2022). Argumentasi Rasionalitas mukjizat Dalam Pendekatan Tafsir Falsafi. Institut PTIQ Jakarta.
Hamnah, H. (2020). TAFSIR DAN TAKWIL. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 6(1), 28–38.
Hamza, S. (2017). Tafsir bi al-Ma’sur (Kelebihan dan Kekurangan Serta Pengembanganya). Suhuf, 29(1), 97–117.
Hasibuan, A. R. G., Harahap, M. I., Hasibuan, M. F., & Wulandari, W. (2024). Diskursus Tafsir Masa Tabi’in dan Ruang Lingkupnya. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(2), 862–872.
Hibatullah, A. (2023). Analisis Al-Dakhil Kisah Nabi Sulaiman dalam Tafsir Al-Iklil Karya Misbah Mustafa. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(1), 119–144.
Husna, A., & Fikri, M. (2023). Analisis Linguistik dalam Studi Tafsir Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(2), 108–119.
indah Triani, S., Saodah, S., Salsabila, F., Alfarisi, Z., Fadhilah, M. Y., Hermawan, G., Prayogi, D. A., & Afizal, Y. N. (2022). Memahami Pesan Al-Qur’an Dalam Pendekatan Tafsir Bil Ra’yi. Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman, 8(2), 31–38.
Irham, M. (2020). Implikasi Perbedaan Qiraat Terhadap Penafsiran Alquran. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 54–61.
Karimah, M. F. El. (n.d.). Munasabah in the Perspective of Science of the Qur’an: Study of Al-Burhan Fi Ulumul Quran Works of Al-Zarkasyi (D. 749 H). Ar-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 14, 47–61.
Kurniyatillah, N., Arif, M., & Syawaluddin, M. (2023). Eksistensi Asbabun Nuzul Dan Tafsir Ilmi Dalam Al-Qur’an. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 15(1), 100–113.
Kusnadi, K., & Nisa, R. (2022). Eksistensi Tafsir bil Ra’yi. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(2), 44–61.
Muradi, A. (2018). Pemerolehan bahasa dalam perspektif psikolinguistik dan Alquran. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Saputri, J., Arsyadi, B., Abubakar, A., & Abdullah, D. (2024). Peran Asbabun Nuzul Dalam Menafsirkan Al-Qur’an: Kajian Terhadap Ayat-Ayat Mutasyabih. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 197–206.
Wahyudi, A. I., Haq, M. R. M., & Said, H. A. (2023). The Richness of Tafsir al-Qur’an: Methods in Interpreting the Verses the Qur’an. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 20(1), 155–178.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yasin, H. (2020). Mengenal metode penafsiran al Quran. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 34–51.
Yostiroh, S., & Kurniawan, R. R. (2022). Urgensi Bahasa Arab dalam Memahami Al-Qurán.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).