Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Puskesmas dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Puskesmas


Deni Mardiana(1*), Wati Susilawati(2), Ieke Sartika Iriany(3)

(1) Universitas Garut, Indonesia
(2) Universitas Garut, Indonesia
(3) Universitas Garut, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di UPT Puskesmas Karangmulya Karangpawitan Garut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dan mutu pelayanan puskesmas. Menggunakan metode deskriptif dan teknik analisis jalur (path analysis), penelitian ini melibatkan 60 pasien sebagai responden. Hasil menunjukkan bahwa budaya organisasi, kinerja, dan mutu pelayanan puskesmas berada pada kriteria baik. Budaya organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan mutu pelayanan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Kepala Puskesmas UPT Karangmulya memenuhi standar pelayanan dengan melengkapi fasilitas dan alat kesehatan. Selain itu, pegawai puskesmas perlu meningkatkan budaya organisasi untuk memberikan pelayanan prima sesuai dengan visi dan misi Puskesmas Karangmulya.


Full Text:

PDF

References


Acosta-Prado, J. C., & Longo-Somoza, J. J. (2013). Organizational Culture as a Process of Meaning Construction: A Proposal for Its Study. Journal of Organizational Behavior, 34(3), 293-314.

Acosta-Prado, J. C., & Rodríguez, A. L. (2015). Organizational Culture: A Perspective from Meaning, Sensemaking and Institutionalization. Journal Of Business Research, 68(10), 2106-2113.

Ainul, M. (2022). Perkembangan dan Tantangan Reformasi Birokrasi dan Rasionalisasi Menuju Prinsip Good Governance di Indonesia.

Alfarizi, M., & Zalika, Z. (2023). Isu Persaingan Industri Pelayanan Kesehatan Indonesia: Tantangan dan “Perisai” Pengawasan KPPU. Jurnal Persaingan Usaha, 3(1), 5-18.

Asmuji, A. (2012). Manajemen Keperawatan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Badudu, J. S. (2001). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Brewer, M. B. (1995). Culture And Social Identity. Oxford, UK: Pergamon Press.

Cooper, J., & Denner, J. (1998). Cultural Diversity and Adolescent Development. In J. Arnett (Ed.), Handbook of Adolescent Psychology. New York: Wiley.

Deming, W. E. (2019). The New Economics for Industry, Government, Education. MIT Press.

Imran, M., Ismail, F., Arshad, I., Zeb, F., & Zahid, H. (2022). The Mediating Role of Innovation in the Relationship Between Organizational Culture and Organizational Performance in Pakistan's Banking Sector. Journal of Public Affairs, 22, E2717.

Kenedi, J., Satriawan, B., & Khaddafi, M. (2022). The Effect of Organizational Culture on Employee Performance. International Journal of Educational Review, Law and Social Sciences (IJERLAS), 2(6), 817-826.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New York: Pearson.

Kreitner, R., & Kinicki, A. J. (2005). Organizational Behavior. New York: Mcgraw-Hill/Irwin.

Kurniawan, S. (2005). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mangkunegara, A. A. P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Refika Aditama.

Matippanna, A. (2022). Hak Pasien Atau Masyarakat Mendapatkan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas. Journals of Ners Community, 13(3), 353-360.

Méndez, F., & Sepúlveda, F. (2006). Corruption, Growth and Political Institutions: Evidence from Latin America. World Politics, 58(3), 345-385.

Nursalam, & Pariani, M. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Oetama, M. H. (2022). Pelaksanaan Asas Akuntabilitas Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Kota Banda Aceh (Studi Kasus Baiturrahman Dan Kopelma Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(2).

Plambeck, E. L., & Weber, S. (2009). The Influence of Organizational Culture on the Management of Product Innovation. Strategic Management Journal, 30(12), 1199-1219.

Ryantika, R., Nazaki, N., & Winarti, N. (2023). Good Governance Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang Tahun 2021-2022 (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).




DOI: https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.29415

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.29415.g9570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deni Mardiana, Wati Susilawati, Ieke Sartika Iriany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah
Has Been Indexed on:

Indeks Harvard    
    
      

 


Ministrate : Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International