Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMA 7 Sarolangun
DOI:
https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.30764Abstract
Pemimpin pendidikan dilingkungan sekolah yaitu kepala sekolah. Seorang pemimpin harus mampu menciptakan iklim dan suasana yang kondusif, aman, nyaman, tentram, menyenangkan penuh semangat untuk guru, karyawan dan siswa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah SMA 7 Sarolangun dalam meningkat kualitas kinerja guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah yaitu (1) perencanaan pembelajaran dalam hal ini, kepala sekolah menerapkan bebrapa teknik untuk membantu guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran, meliputi (a) Pembinaan Kinerja Guru, (b) Diklat. (2) Pelaksanaan pembelajaran, strategi yang digunakan kepala sekolah meliputi (a) Pengawasan pertama (b) sarana memfasilitasi (c) ikut serta dalam keluasan, (d) pemberian motivasi (e) pemberian penghargaan. (3) Evaluasi.
References
Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Br. Ginting, I. A. (2018). Manajemen Strategi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 5 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Busono, G. A. (2016). Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan PT. Persada Sawit Mas (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Kajian Ekonomi Syari’ah, 1(1), 81–114.
Cravens, D. W. (2007). Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.
Imron, A. (1993). Pembinaaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Irmayani, H., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The strategy of SD Pusri in improving educational quality. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 113–121.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional menyukseskan MBS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuchiya, N. (2007). Pengaruh-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan-kinerjamengajar-guru-terhadap-prestasi-belajar-siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7), 1–4.
Sagala, S. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswoyo, H. D. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobri. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multipressindo.
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).