Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMA 7 Sarolangun


Muhammad Sadan(1*), K. A. Rahman(2), Raden Muhammad Ali(3)

(1) Universitas Jambi, Indonesia
(2) Universitas Jambi, Indonesia
(3) Universitas Jambi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemimpin pendidikan dilingkungan sekolah yaitu kepala sekolah.  Seorang pemimpin harus mampu menciptakan iklim dan suasana yang kondusif, aman, nyaman, tentram, menyenangkan penuh semangat untuk guru, karyawan dan siswa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan strategi kepemimpinan kepala sekolah SMA 7 Sarolangun dalam meningkat kualitas kinerja guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah yaitu (1) perencanaan pembelajaran dalam hal ini, kepala sekolah menerapkan bebrapa teknik untuk membantu guru dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran, meliputi (a) Pembinaan Kinerja Guru, (b) Diklat. (2) Pelaksanaan pembelajaran, strategi yang digunakan kepala sekolah meliputi (a) Pengawasan pertama (b) sarana memfasilitasi (c) ikut serta dalam keluasan, (d) pemberian motivasi (e) pemberian penghargaan. (3) Evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Br. Ginting, I. A. (2018). Manajemen Strategi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 5 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Busono, G. A. (2016). Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan PT. Persada Sawit Mas (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Kajian Ekonomi Syari’ah, 1(1), 81–114.

Cravens, D. W. (2007). Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Imron, A. (1993). Pembinaaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Irmayani, H., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The strategy of SD Pusri in improving educational quality. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 113–121.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional menyukseskan MBS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuchiya, N. (2007). Pengaruh-kepemimpinan-kepala-sekolah-dan-kinerjamengajar-guru-terhadap-prestasi-belajar-siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7), 1–4.

Sagala, S. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswoyo, H. D. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobri. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multipressindo.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.30764

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.30764.g9836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Sadan, K. A. Rahman, Raden Muhammad Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah
Has Been Indexed on:

Indeks Harvard    
    
      

 


Ministrate : Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International