Pengaruh Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi di Madrasah Aliyah, Ma’had Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Indramayu


Marlinda Marlinda(1*), Mukarto Siswoyo(2), Arief Prayitno(3)

(1) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
(2) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
(3) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilaian kinerja guru sangat diperlukan untuk mengetahui kualitas guru dalam meningkatkan mutu mutu pendidikan. Surat Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2023 menyebutkan bahwa satu diantara syarat gaji yang dapat dibayarkan dari anggaran BOS adalah tidak mendapatkan tunjuangan profesi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kebijakan pemerintah tentang pemberian dana, kinerja guru bersertifikasi di MA Ma’had Al-Zaytun Gantar, dan pengaruh pemberian dana BOS terhadap kinerja guru bersertifikasi di MA Ma’had Al-Zaytun Gantar Indramayu. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan 40 orang responden. Pengujian hipotesis statistic menggunakan statistik regresi linier sederhana yang dilanjutkan dengan uji parsial (uji t) dan uji determinasi (R2). Hasil penelititan menunjukkan bahwa variable kebijakan pemberian dana BOS berpengaruh secara signifikan sebesar 0,043 terhadap kinerja guru bersertifikasi di MA Ma’had Al-Zaytun. Berdasarkan uji determinasi (R2) menunjukkan angka prosentase sebesar 0,104 terhadap kinerja guru bersertifikasi, yang berarti bahwa kebijakan pemberian dana BOS memberikan pengaruh sebesar 10,4% terhadap kinerja guru bersertifikasi. Berdasarkan penelitian ini, besar harapan pemerintah meninjau ulang dalam memberikan kebijakan pemberian honor kepada guru bersertifikasi sehingga honor guru bersertifikasi non PNS mencapai tingkat UMP yang berlaku didaerah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2020). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Armaiyetti, R., Marsidin, S., & Alkadri, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dana Bos terhadap Prestasi Guru. Jurnal Basicedu, 4(2), 453-459.

Aspansius. (2010). Implementasi Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Pada Sekolah Mengengah Pertama Negeri di Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak. Jakarta.

Ayunda, G. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di SD Integral Luqman Al Hakim Mataram. Mataram.

Dunn, W. N (2003). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, H. L. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) Terhadap Mutu Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. JEpa, 6(2), 472-481.

Hakim, J. J. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya.

Haarjani, S. (2012). Pengaruh Akuntabilitas dan Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah terhadap Persepsi Stakholder SMP Negeri Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Hidayat, M. T., Siswoyo, M., Rosnidah, I., Permana, I. & Zulkarnaen, I. (2021). Pedoman Penulisan Tesis Magister Administrasi Publik. Cirebon: Deepublish.

Kahmad, D. (2015). Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Kristianus. (2011). Analisis implementasi program bantuan operasional sekolah (BOS) di Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang Studi Kasus: SDN 07 Lubuk Nibung.

Lubis, M. S. (2007). Kebijakan Publik. Bandung: Mandar Maju.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Ningsih, D. Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 4 Metro. Lampung.

Nugraha, Y. S. S. (2020). Implementasi Kebijakan Bos dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN Babakan Kadu Kota Tasikmalaya. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(3), 211-215.

Permana, I. (2023). Pengantar Kebijakan Publik. Yogyakarta: Deepublish.

Permana, I. (2023). Buku Ajar Pengertian Dasar Administrasi Publik. Yogyakarta: Deepublish.

Pramusinto, A. (2014). Mozaik Kebijakan Publik di Indonesia 2014. Yogyakarta: Institute of Governance and Publik Affairs (IGPA) MAP Universitas Gadjah Mada.

Prayitno, A. (2019). Rudiyanto, Strategi Bersaing dalam Perspektif Militer dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Rizal, M. T. (2017). Pengaruh Motivasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Cirebon).

Rizkiyanto, A. (2016). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Implementasi of Service Excellent) terhadap Kinerja Pegawai di PDAM Tirtajati Kabupaten Cirebon. Cirebon

Santosa, P. (2008). Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung: Refika Aditama.

Siswoyo, M., Permana, I., Hidayat, M. S., & Sutrisno, E. (2019, March). Government Policy on Additional Income to Civil Servants. In International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities (ISSEH 2018) (pp. 80-82). Atlantis Press.

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179.

Sumarni, S. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Susilawati, S., Permana, I., & Hidayat, M. T. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri di Kecamatan Jatiwangi. Jurnal Ilmiah Publika, 2(2).

Susmiyati, S., & Zurqoni, Z. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah Dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 143-169.

Suwarno, T. (2021). Pengaruh Peran Komite Sekolah Dan Manajemen Dana Bos Terhadap Kinerja Guru Serta Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan Pada Madrasah Swasta Di Kecamatan Pulau Rimau (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Suzan, N. (2022). Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Kerja terhadap Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru pada Sekolah Swasta “AAA” Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Tarom, M. (2019). Pengaruh Implementasi Kebijakan Manajemen Sekolah Terhadap Kinerja Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Mutu dan Hasil Belajar di Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.

Waliyah, S., Dini, S. H., & Syarif, A. (2021). Manajemen pembiayaan pendidikan masa pandemi Covid-19 di SMK Gazza Wiguna 1. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 77-98.

Zainal, V. R., Ramly, H. M., Mutis, T., & Arafah, W. (2019). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik. Depok: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.31482

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jbpd.v5i3.31482.g9973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marlinda Marlinda, Mukarto Siswoyo, Arief Prayitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah
Has Been Indexed on:

Indeks Harvard    
    
      

 


Ministrate : Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International