PERILAKU KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KONSUMSI FOOD AND BEVERAGE PADA MASA PANDEMI COVID-19


Fithri Dzikrayah(1*)

(1) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen muslim selama adanya Covid-19 yang berdampak pada pendapatan, pola konsumsi serta perilaku mengambil keputusan seseorang. Perubahan-perubahan kondisi tersebut memengaruhi bagaimana konsumen menetapkan keputusannya untuk mengkonsumsi food and beverage sebagai salah satu industri yang bertahan ditengah-tengah kondisi diberlakukan­nya social distancing dan lambat laun mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif dan menerapkan metode analisis data dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan studi dokumentasi. Adapun penelitian ini mengambil objek perilaku konsumen muslim dalam konsumsi food and beverage saat pandemi covid-19 kemudian hasil penelitian diolah untuk diambil kesimpulannya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku konsumen muslim terhadap konsumsi food and beverage pada masa pandemi covid-19 tidak berbeda dengan sebelum adanya virus ini sebab mengacu pada Al-Quran dan Hadits dimana perilaku konsumen muslim harus menghindari atau menjauhi dari sifat israf (berlebih-lebihan) dan sifat tabdzir (boros). Perilaku konsumen muslim juga dipastikan menggunakan barang dan jasa yang halal. Ketika konsumen muslim harus dapat menahan diri dari konsumsi yang israf, berarti konsumen muslim tidak harus meng­habiskan seluruh pendapatannya untuk konsumsi barang dan jasa melainkan dialokasikan pula terhadap tanggung jawab sosial.


Keywords


konsumsi; perilaku konsumen muslim; food and beverage; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Atmodjo, Marsum Widjojo. Manajemen Komplain-pada Industri Jasa Pelayanan Makanan-Minuman. Yogyakarta: Andi, 2020.

Firmansyah, M. Anang. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish, 2018.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Management (12 th edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2002.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Rahman, Afzalur. Doktrin Ekonomi Islam Jilid 2. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 2002.

Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Persfektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan

Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana, 2003.

Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Syathibi. al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2003.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.

Zainal, Veithzal Rivai. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

https://industri.kontan.co.id/news/survei-markplus-selama-pandemi-corona-belanja-ritel-online-naik-6-kali-lipat, diakses pada 11 November 2020.

https://nasional.kontan.co.id/news/selama-pandemi-pengeluaran-untuk-bahan-makanan-melonjak-51, diakses pada 11 November 2020.

https://tekno.tempo.co/read/1299608/ada-kelelawar-di-balik-wabah-sars-mers-dan-virus-corona-wuhan/full&view=ok, diakses 11 November 2020.

https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/survey-food-retail-in-indonesia-during-the-covid-19-pandemic, , diakses pada 11 November 2020.

https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1, diakses 11 November 2020.

https://www.yuswohady.com/2020/04/18/consumer-behavior-in-the-new-normal-the-30-predictions/, diakses 11 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.15575/am.v7i1.10857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats