PERILAKU KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KONSUMSI FOOD AND BEVERAGE PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.15575/am.v7i1.10857Keywords:
konsumsi, perilaku konsumen muslim, food and beverage, pandemi covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen muslim selama adanya Covid-19 yang berdampak pada pendapatan, pola konsumsi serta perilaku mengambil keputusan seseorang. Perubahan-perubahan kondisi tersebut memengaruhi bagaimana konsumen menetapkan keputusannya untuk mengkonsumsi food and beverage sebagai salah satu industri yang bertahan ditengah-tengah kondisi diberlakukanÂnya social distancing dan lambat laun mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif dan menerapkan metode analisis data dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan studi dokumentasi. Adapun penelitian ini mengambil objek perilaku konsumen muslim dalam konsumsi food and beverage saat pandemi covid-19 kemudian hasil penelitian diolah untuk diambil kesimpulannya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku konsumen muslim terhadap konsumsi food and beverage pada masa pandemi covid-19 tidak berbeda dengan sebelum adanya virus ini sebab mengacu pada Al-Quran dan Hadits dimana perilaku konsumen muslim harus menghindari atau menjauhi dari sifat israf (berlebih-lebihan) dan sifat tabdzir (boros). Perilaku konsumen muslim juga dipastikan menggunakan barang dan jasa yang halal. Ketika konsumen muslim harus dapat menahan diri dari konsumsi yang israf, berarti konsumen muslim tidak harus mengÂhabiskan seluruh pendapatannya untuk konsumsi barang dan jasa melainkan dialokasikan pula terhadap tanggung jawab sosial.
References
Atmodjo, Marsum Widjojo. Manajemen Komplain-pada Industri Jasa Pelayanan Makanan-Minuman. Yogyakarta: Andi, 2020.
Firmansyah, M. Anang. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish, 2018.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Management (12 th edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2002.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Rahman, Afzalur. Doktrin Ekonomi Islam Jilid 2. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 2002.
Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Persfektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan
Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana, 2003.
Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Syathibi. al-Muwafaqat fi Ushul al-Syari’ah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2003.
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Zainal, Veithzal Rivai. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
https://industri.kontan.co.id/news/survei-markplus-selama-pandemi-corona-belanja-ritel-online-naik-6-kali-lipat, diakses pada 11 November 2020.
https://nasional.kontan.co.id/news/selama-pandemi-pengeluaran-untuk-bahan-makanan-melonjak-51, diakses pada 11 November 2020.
https://tekno.tempo.co/read/1299608/ada-kelelawar-di-balik-wabah-sars-mers-dan-virus-corona-wuhan/full&view=ok, diakses 11 November 2020.
https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/survey-food-retail-in-indonesia-during-the-covid-19-pandemic, , diakses pada 11 November 2020.
https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1, diakses 11 November 2020.
https://www.yuswohady.com/2020/04/18/consumer-behavior-in-the-new-normal-the-30-predictions/, diakses 11 November 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).