Strategi Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung

Muhammad Andi Septiadi

Abstract


Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandung menyediakan pelayanan kependudukan agar terdaftarnya seluruh elemen penduduk Kota Bandung didalam data base dan  ketepatan data menjadi hal yang paling berpengaruh, karena berkaitan dengan daftar pemilih dalam pemilu. Kualitas pelayanan di Kota Bandung sudah mulai memasuki tahap e-government dimana beberapa kegiatannya sudah menggunakan teknologi seperti menggunakan aplikasi untuk mendapat nomor antrian, namun dalam penerapannya belum berjalan dengan baik dikarenakan server yang masih mengalami gangguan di jam sibuk serta kurangnya sosialisasi kemasyarakat tentang tatacara penggunaan aplikasi, selain itu fasilitas juga menjadi faktor mengurangi motivasi masyarakat untuk melapor. Penelitian ini berupaya untuk menganalis strategi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan didukung analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandung  masih belum optimal dikarenakan  kurangnya sosialisasi dan fasilitas penunjang yang memberi kenyamanan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan

Keywords


Kualitas Pelayanan, SWOT, Bandung

Full Text:

PDF

References


Agus, Erwan dan Ratih, Dyah. ( 2012 ), Implementasi Kebijakan Publik. Gava Media. Yogyakarta

Agustino, Leo. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Alamsyah, Kamal. (2016). Kebijakan Publik, Konsep, dan Aplikasi. Bandung : Media Citra Mandiri Press.

Anderson, James E. (1978). Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston, 2nd ed

Atmosudirdjo, Prajudi. (1982). Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung : Pustaka Setia

Dunn, William N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Handayaningrat, Soewarno. (1995). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung.

Islamy, Irfan. (2014). Prnsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Jones, Charles O. (1996). Analisis Kebijakan Negara. Jakarta : Gramedia.

Keban, Yeremias T. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Gava Media. Yogyakarta

Kencana, Inu Syafiie. (2006). Ilmu Aministrasi Publik. Jakarta : Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. (1982). Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta : Gramedia.

Kristiadi, JB. (1994). Administrasi/Manajemen Pembangunan. LAN-RI. Jakarta.

Moekijat, (1995). Analisis Kebijakan Publik. Bandung : Mandar Maju.

Nazir,(1988). Metode Penelitian.Cetakan Kelima Jakarta, Ghalia Indonesia.

Rusli, Budiman. (2013). Kebijakan Publik. Membangun Pelayanan Publik yang Responsif. Bandung: Hakim Publishing.

Satibi, Iwan. (2011). Teknik Penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : CEPLAS.

Siagian, Sondang P. (1989). Filsafat Aministrasi. Jakarta : Haji Masagung.

Silalahi, Ulbert. (2013). Studi tentang Ilmu Administrasi, Konsep, Teori dan Dimensi. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sitorus, Monang, (1984), Teori Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi, Bandung: Unpad Press.

Subarsono, AG. (2010). Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2005). Metoda Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Re:maja Rosdakarya.

Thoha, Miftah. (2008). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta : Prenadamedia.

Tachjan, (2008). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung : Asosiasi Ilmu Politik

Wahab, solihin Abdul. (2017). Analisis Kebijakan, dari Formulasi ke Penyusunan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Dokumen – Dokumen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.15575/politicon.v1i1.5366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Andi Septiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

1th Floor, Building of FISIP
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: +6282176562270

E-mail: journalpoliticon@uinsgd.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

POLITICON : Jurnal Ilmu Politik  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International