Kemampuan Aparat Pemerintahan Kelurahan dalam Menyelenggarakan Administrasi Pemerintahan di Way Halim Permai Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung

Herlintati Herlintati, Henni Kusumastuti, Muhammad Fikri Akbar

Abstract


Dengan terbentuknya Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah diharapkan apa yang menjadi tujuan dan kepentingan masyarakat dapat terselenggara dengan baik. Termasuk yang bersifat pembangunan fisik maupun mental spiritual. Selain itu, dengan adanya keselarasan antara politis pemerintah maupun tujuan  masyarakat  juga  akan menunjang terselenggaranya pembangunan kelurahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan aparat pemerintahan kelurahan dalam menyelenggarakan administrasi pemerintahan kelurahan di Kelurahan Way Halim Permai Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskritif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga kemampuan aparat pemerintah Kelurahan dalam menyelenggarakan administrasi pemeritahan kelurahan, ternyata ada  beberapa  kendala  yang turut mempengaruhi kemampuan mereka, yaitu pembagian kerja yang tidak jelas pada masing-masing aparat pemerintahan kelurahan, kurangnya motivasi aparat pemerintah kelurahan dalam mejalankan tugas dan kewajibannya sebagai administrator kelurahan. Hal tersebut dikarenakan kesibukan mereka untuk mencari nafkah bagi keluarga, belum memadainya tunjangan yang diberikan oleh pemerintah kepada aparat pemerintah Kelurahan, sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan Kelurahan pun belum maksimal.


Keywords


Kemampuan, Kelurahan, Administrasi Pemerintahan

Full Text:

PDF

References


Arsjad, M. F. (2018). Peranan Aparat Desa dalam Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa di Desa Karyamukti Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Gorontalo Journal of Public Administration Studies, 1(1), 16–32.

Bekhet, A. K., & Zauszniewski, J. A. (2012). Methodological triangulation: An approach to understanding data. Nurse Researcher, 20(2).

Della, C. T. (2019). PENGaruh Persepsi Siswa Terhadap Full Day School Pada Stress Akademik Siswa Sma Negeri 1 Karanganom KLATEN. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(7), 488–502.

Fauzi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 1(1), 87–101.

Kartono, & Sutrisno. (2005). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Masengi, S. O., Pangemanan, S., & Kumayas, N. (2018). Koordinasi Camat Dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Di Kecamatan Tompaso Baru Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EksekutiF, 1(1).

Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(2), 15–28.

Sugianto, S. (2019). Tata Kelola Anggaran Desa Bersumber APBN dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Masyarakat Pinggiran berbasis Pemerataan Pembangunan Pedesaan dalam Perspektif Nawa Cita (Studi Kasus di Wilayah Ciayumajakuning). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Hukum dan Industri.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumber, S. (2009). Administrasi Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/politicon.v2i1.7773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Herlintati et.all

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

1th Floor, Building of FISIP
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: +6282176562270

E-mail: journalpoliticon@uinsgd.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

POLITICON : Jurnal Ilmu Politik  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International