Pengelolaan Media Sosial Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam Diseminasi Informasi


Aulia Robbaniyah(1*)

(1) Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Country : Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh Humas Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam diseminasi Informasi dengan menggunakan  model four steps public relations; pertama pencarian fakta berisikan UU mengenai keterbukaan informasi publik, peraturan walikota, pemenuhan pelayanan publik dan besarnya pengaruh media sosial; Kedua perencanaan terdapat penetapan tujuan melalui pimpinan, analisa kebutuhan publik dan pencarian informasi; Ketiga pelaksanaan terdapat pencarian informasi, mengolah informasi, diseminasi informasi, respon umpan balik dan monitoring media sosial; Keempat evaluasi, melihat keluhan masyarakat, analisa sederhana dan perbaikan pelayanan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan melaksanakan observasi dan wawancara mendalam bersama tiga informan.

Kata Kunci : Pengelolaan; Media Sosial; Dinas Kesehatan Kota Bandung; Diseminasi Informasi

This research aims to find out how the management of social media carried out by the Public Relations of the Bandung City Health Office in disseminating information using the four steps public relations model; The first fact-finding contains a law on public information disclosure, mayoral regulations, fulfillment of public services and the magnitude of social media influence. Both planning there is goal setting through leadership, analysis of public needs and information search. The three implementations include information search, processing information, dissemination of information, feedback response and monitoring of social media. Fourth evaluation, looking at community complaints, simple analysis and service improvements. The study used descriptive qualitatives by conducting observations and in-depth interviews with three informants.

Keywords : Management; Social Media; Bandung City Health Office; Dissemination of Information


Full Text:

PDF

References


Cutlip, Center dan Broom. (2006). Effective Public Relations (Edisi kesembilan). Jakarta: Kencana.

Daryanto. (1997) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Penerbit Rosda Karya.

Kaplan dan Haenlein. (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53.

Sastropoetro, Santoso. (1990). Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permasih, Imas., dkk. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(1).

Morissan A. ( 2014). Metode Penelitian Survei. Cetakan ke 2. Jakarta : Kencana.

Kitzinger, Jenny and Rosalinr S. Barbour. (1999). “Developing Focus Group. Research: Polities, Theory and Practice”. London: Sage Publication.

Hollander, J.A. (2004) The Social Contexts of focus groups. Journal Contemporary Ethnography, 33, 5, 602-637.

Terry, George dan Leslie W.Rue. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Soehardjono. (1998). Kepemimpinan: Suatu Tinjauan singkat tentang Pemimpin dan Kepemimpinan serta Usaha-usaha Pengembangannya. Malang:APDN Malang Jawa Timur.

Sutabri. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Andi Offset.

Krikelas, James. (1983). Information-seeking behavior: Patterns and concepts. Drexel Library Quarterly.

Kadir, Abdul. (2003). Pengertian Informasi. Jakarta: Herwin Goernia.

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : CV Pustaka Setia.

Wardah, Mardhatillah. (2017). Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik Pada Bagian Humas Dan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru. JOM Fisip Kampus Bina Widya, 4(1).

Terry, George dan Leslie W.Rue. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Issel, L. M. dan Fagen, M. C. (2014). Evaluation of Public Health Programs. In L. Shi & J. A. Johnsons (Eds.), Novick’s & Morrow’s Public Health Administration: Principles for Population-based Management (3rd ed.). John and Bartlett.

Sawitri, S. (2007). Evaluasi Program Pelatihan Ketrampilan Membuat Hiasan Busana dengan Teknik Pemasangan Payet Bagi Pemilik dan Karyawan Modiste di Kecamatan Gunungpati Semarang. Yogyakarta: PPs UNY.

Mukarom, Zainal. L. W. (2015). Manajemen Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Syahirah, Sarah. (2021). Pengelolaan Media Relations Humas Pemkab Bandung melalui Program Ngawangkong dalam upaya menjaga citra. Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Konst. Humas. UIN Sunan Gunung Djati.




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v5i2.18153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.