Persepsi Staff Marketing terhadap Strategi MPR menggunakan Brand Ambassador BTS


Annisa Nur Mustikawati(1*)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi staff marketing terhadap strategi MPR menggunakan brand ambassador boyband BTS, menggunakan konsep brand ambassador dengan model VisCAP yang digagas oleh Rositer dan Percy (1997). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mekanisme pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat ialah 1) staff marketing memiliki persepsi bahwa Visibility yang dimiliki BTS dapat meningkatkan reputasi perusahaan Samsung. 2) staff marketing memiliki persepsi bahwa Credibility yang dimiliki BTS berhasil menjadi perwakilan fisik perusahaan. 3) staff marketing memiliki persepsi bahwa Attraction yang dimiliki BTS lewat daya Tarik yang BTS miliki dapat menaikan profit dari perusahaan Samsung serta menarik simpati para konsumen dan penggemarnya untuk mengikuti produk yang mereka pakai. 4) Power yang dimiliki BTS membentuk persepsi staff marketing bahwa BTS dapat memengaruhi prilaku konsumen untuk menggunkan smartphone Samsung dan memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan keputusan pembelian produk smartphone samsung.

Kata Kunci : Strategi MPR, Brand Ambassador


ABSTRACT

This study aims to find out how the marketing staff's perception of the MPR strategy uses the BTS boyband brand ambassador, using the brand ambassador concept with the VisCAP model initiated by Rositer and Percy (1997). This research was carried out using a qualitative descriptive method with data collection mechanisms through interviews, observations, and documentation. The results obtained are 1) marketing staff have the perception that the Visibility of the BTS can improve the reputation of the Samsung company. 2) marketing staff have the perception that BTS's Credibility has succeeded in becoming the company's physical representative. 3) marketing staff have the perception that BTS's attraction through BTS's attraction can increase the profit of the Samsung company and attract the sympathy of consumers and fans to follow the products they use. 4) The power possessed by BTS forms the perception of marketing staff that BTS can influence consumer behavior to use Samsung smartphones and have a significant impact on increasing purchasing decisions for Samsung smartphone products.

Keywords : PR Marketing Strategy, Brand ambassador


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abadi, S. (1994). Marketing Public Relations Upaya Memenangkan Persaingan. Jakarta: Lembaga Management Feui.

Mahesti (2022). Luncurkan Seri Terbaru, Samsung Gaet BTS Sebagai Brand Ambassador. Diakses pada 02 September 2022, dari https://www.aspirasiku.id/hiburan/pr-1092624674/luncurkan-seri-terbaru-samsung-gaet-bts-sebagai-brand-ambassador?page=2

Dafa, N. (2022). Persepsi Generasi Milenial Terhadap Hari Belanja Online Nasional Pada E-Commerce Shopee. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1)

Kasali, R. (2005). Manajemen Publik Relasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Pustaka Grafiti.

Kotler, Philip dan Kevin, Lane, Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Lea-Greenwood, Gaynor. (2012). Fashion Marketing Communication. USA: Wiley.

Leavitt, H. J. (1978). Psikologi Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Luktridiansyah. (2021). Persepsi Komunitas Shopee Tanam Pada Brand Ambassador Kpop Stray Kids. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4).

Ma’rif, A. A. (2018). Manajemen Komunikasi Pemasaran Dalam Menjalin Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. 3(1).

Muchtar, K. (2018). Upaya Pemerintah dalam Membentuk Citra Purwakarta Melalui Kearifan Lokal. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 1(4).

Muhammad, R. H. (2021). Persespi Konsumen Emina Cosmetics Dalam Penggunaan Brand Ambassador Non-Celebrity (Studi Kasus Pada Emina Girl Gang Ambassador). Skripsi Universitas Bakrie.

Rahma, W. (2020). Persepsi dan preferensi penggunaan skincare pada perempuan milenial dalam perspektif komunikasi pemasaran. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2).

Riyadi, A. A. N. K. (2012). Persepsi petugas promosi kesehatan tentang (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Ruslan, R. (2002). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robert. L. S. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Romadlonati, F. N. (2010). Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Terhadap Brand Ambassador Pada Iklan Citra Versi Rumah Cantik Citra Di Televisi. Skripsi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rossiter, John R, and Larry Percy. (1997). Advertising Communication & Promotion Management. USA: Mc Graw-Hill.

Royan, F. M. (2005). Marketing Selebritis, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan diri sendiri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Royan, F. M. (2004). Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saktiendi, E. (2020). Persepsi Pembentukan Brand Awareness dan Brand Image Melalui Penerapan Integrated Marketing Communication. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 12(2).

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Suwanda, I. M. (2013). Penilaian Guru Pamong Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Dalam Proram Pengelolaan Pembelajaran (Ppp) Angkatan 2011 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Di Smk Negeri 12 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(3).

Yusri. (2012). Pengaruh brand ambassador terhadap brand image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).

Zaini, N. (2011). Persepsi Mahasiswa Terhadap Muatan Fungsi Informasi dalam Progam Berita Metro TV dan TV ONE. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM,(Online), 13(2).

Zamroni, M. (2013). Perempuan dalam kajian komunikasi politik dan gender. Sunan Kalijaga State Islamic University.




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v5i1.20324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.