Pengelolaan Media Sosial YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI Sebagai Media Informasi dan Publikasi


Raden Daffa Naridza Robiana(1*), Dadan Anugrah(2), Rusmulyadi Rusmulyadi(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung., Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the implementation of Kementerian Sekretariat Negara RI YouTube social media management activities at the share, optimize, manage and engage stages as an information and publication medium. The Circular Model of SoMe for Social Communication is used in this study, along with a constructivist paradigm and an interpretive qualitative approach. Descriptive research methods are supported by data collection through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI as an information and publication medium is used for disseminating information and publications by participating, connecting, building trust, listening to input, taking part in authentic communication, monitoring, interactive communication, influencer speakers up to audience outreach and determination.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, M. (2022) Modul Panduan Pengawasan Partisipatif Media Sosial. Panduan Pengelolahan Sosial Media: Badan Pengawas Pemilu

Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat dan Risiko. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 25(2), 149-165.

Lani, O. P., Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130-140.

Li HO-Y et al. (2020). YouTube as a source of information on COVID-19: a pandemic of misinformation?. BMJ Global Health, 5(5), e002604.

Pakpahan, A, V, B., Djuwita, A. (2019). Penggunaan Circular Model of SoMe Melalui Instagram @Trademark_bdg. E-Proceeding of Management, 6(2), 5197-5205.

Pemerintahan Negara Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara

Permatasati et al. (2021). Kehumasan Digital: Tren dan Kompetensi yang Dibutuhkan. Jurnal Aspikom, 6(2), 373-386.

Prabawati, H., Adi, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Jurnal Communicology, 7(2), 160-178.

Rohma, J. N., Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171-180.

Rrustemi, V., Baca, G. (2021). The impact of social media activities on raising brand awareness during the COVID-19 pandemic: the case of fashion industry in Kosovo. Management: Journal of Contemporary Management Issues, 26(2), 295-310.

Safarizki, D. A. (2022). Pengelolaan digital PR melalui Website ppid.kai.id: Studi deskriptif pada unit Humas PPID PT. Kereta Api Indonesia. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Sunan Gunung Djati.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16(2).

Suminto, A., Farizi, A, A. (2020) Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sahafa: Journal of Islamic Communication, 2(2), 191-206.

Sumkayani, O., Jamroji. (2021). Media Monitoring Model in Public Relations of BUMN (State-Owned enterprise) Companies. Al-Mada: Jurnal Agama Sosial dan Budaya, 4 (2), 197-212.

Suprawoto (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.

Surokim et al. (2017). Internet, Media Sosial, dan Perubahan Sosial di Madura. Madura: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Tasya, Winduwati, S. (2022). Pemanfaatan Media Baru Event via Live Streaming selama Pandemi Covid-19. Koneksi, 6(2), 312-317.

Widyasari, L, K. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Biroadpim Kalteng. (2021). Meneropong Peran Humas Pemerintah Memasuki Era 4.0. Diambil dari https://biroadpim.kalteng.go.id/2021/06/meneropong peran-humaspemerintah-memasuki-era-4-0/

Presentation. (2022). Pentingnya Mengenal Audiens Presentasi & Cara Analisisnya [Online] diakses 12 Januari 2023, dari situs https://4presentation.net/id/mengenal-audiens-presentasi/

Firmannamal, A. (2019). Istana dan Media Sosial, [Online] diakses 25 Agustus 2022, dari https://www.humasindonesia.id/opini/istana-dan-mediasosial

Kemensetneg. (2021). Akselerasi Digital Public Relations, Kemensetneg Gandeng Telkom University [Online] diakses 31 Mei 2022, dari https://www.setneg.go.id/baca/index/akselerasi_digital_public_relatio s_kemensetneg_gandeng_telkom_university

__________. (2021). Transformasi Digital Kunci Mengoptimalkan Peran Pranata Humas di Era Revolusi 4.0 [Online] diakses 27 Mei 2022, dari https://www.setneg.go.id/baca/index/transformasi_digital_kunci_me optimalkan_peran_pranata_humas_di_era_revolusi_40

Bojong News. (2021). Humas Polri Sebagai Leading Sektor Pemberitaan Dalam Manajemen Media. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs http://bojongnews.semarangkota.go.id/detailpost/humas-polri-sebagai leading-sektor-pemberitaan-dalam-manajemen-media

Dewaweb. (2022). Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Online] diakses 12 Januari 2023, dari situs https://www.dewaweb.com/blog/panduan-algoritma - youtube/

Dikom Fisipol. (2020). Endorsement di Kalangan Influencer Media Sosial. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://dikom.fisipol.ugm.ac.id/endorsement-di-kalangan-influencer media-sosial/

IndonesiaPR. (2022). Pentingnya Media Monitoring. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://indonesiapr.id/pentingnya-media monitoring/#:~:text=Media%20monitoring%20atau%20pemantauan 20media,industri%2C%20dan%20topik%20menarik%20lainnya.

Kominfo. (2015). Kemkominfo: Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan Informasi. Diambil dari https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/5421/Kemkom nfo%3A+Internet+Jadi+Referensi+Utama+Mengakses+Berita+dan+I formasi/0/berita_satker

Menpan. (2022). Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik dalam Reformasi Birokrasi. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pentingnya-keterbukaan -informasi-publik-dalam-reformasi-birokrasi

Neilpatel. (2020). How to Engage Your Audience with Live Streaming. Diambil dari https://neilpatel.com/blog/live-streaming/

Simon Kemp. (2022). DIGITAL 2022: Indonesia [Online] diakses 10 Juni 2022, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Smash Ballon. (2022). How to Increase Watch Hours on YouTube Easily (9 Proven Ways). [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://smashballoon.com/how-to-increase-watch-hours-on-youtube/

Taplink. (2022). Menambahkan link YouTube ke bio Instagram selalu berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah view, like, dan subscriber. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://taplink.at/id/blog/panduan-cara menambahkan-tautan-youtube-ke-bio-instagram-lifehack.html




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v7i3.23374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.