This is an outdated version published on 2023-12-29. Read the most recent version.

Strategi Tabligh Imam Shamsi Ali Dalam Penyebaran Islam Di Amerika Serikat

Authors

  • Salma Dinda Regina Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Asep Saeful Muhtadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i4.24848

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi tabligh Imam Shamsi Ali dalam penyebaran Islam di Amerika Serikat. Metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori strategi manajemen. Hasil penelitian menggunakan tiga strategi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Imam Shamsi Ali pun menghasilkan ketiga tahap tersebut yaitu niat, keilmuan, dan mempersiapkan mental hingga membuat program yang menghasilkan informasi serta motivasi yang mengacu pada Al-Qur’an dan Sunnah dengan melihat situasi medan dakwah di Amerika Serikat. Penyebaran ajaran Islam pada non muslim dilakukan dengan kegiatan dialog antaragama, diskusi ilmiah, hingga kegiatan sosial, mulai dari tokoh agama, tokoh publik hingga masyarakat umum sedangkan kepada muslim dilakukan pembinaan seperti ceramah, kajian, khutbah hingga kelas mengaji khusus.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the strategy of preaching Imam Shamsi Ali in the spread of Islam in the United States. Qualitative descriptive method using management strategy theory. The results of the study used three strategies in the planning stage, implementation stage and evaluation stage. Imam Shamsi Ali also produced these three stages, namely intention, knowledge, and mental preparation to create a program that produces information and motivation that refers to the Qur'an and Sunnah by looking at the field of da'wah in the United States. The spread of Islamic teachings to non-Muslims is carried out through interfaith dialogue activities, scientific discussions, to social activities, ranging from religious leaders, public figures to the general public, while coaching for Muslims is carried out such as lectures, studies, sermons to special recitation classes.

 

References

Ali, Imam Shmasi. 2017. Telling Islam To The World. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aziz, Moh. Ali. 2017. Ilmu Dakwah edisi revisi. Jakarta: Kencana

Baronavski, Chris. 2022. Religious Resctrictions Around The World. htpps://www.pewresearch.org/religion/interctives/religious-restrictions-around-the-world/. Diakses pada Rabu, 30 November 2022 pukul 14.00 WIB.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.30 Nov 2021.

Felani, Herman, Dra. Endang Sih Prapri, M.A.2010. Homelesness Di Amerika Serikat. Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/46452.

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Islam In America. 2014. Diakses Pada 16 November 2021, Dari https://www.pbs.org/opb/historicdetective/feature/islam-in-america/

J.Moloeng, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ketani, M Ali. 2005. Minoritas Muslim Di Dunia Dewasa Ini. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lamato. Lamadi De. 2019. Menapak Jalan Dakwah Di Bumi Barat, Biografi Pemikiran Imam Shamsi Ali. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mekarisce, Arnild Augina. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol 12, No.03. h. 148.

Mohamed, Besher. 2021. Muslim Are Growing Presence In U.S. But Still Face Negative Views From The Public. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2021/09/02/muslims-are-a-growing-presence-in-u-s-but-still-face-negative-views-from-the-public/. Diakses pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 15.00 WIB.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Munir. 2009. Manajemen Dakwah. Jakarta:Kencana Predana Media Group.

Muslimah. 2016. Etika Komunikasi Dalam Persfektif Islam. Jurnal Sosial Budaya. Vol 13, No.02.

Pew Research. 2017. Demoghraphic Potrait Of Muslim Americans. https://www.pewresearch.org.religious/2017/07/26/demographic-portrait-of-muslim-americans/. Diakses pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Saputra, Wahidin. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Share America. 2022. Why Is The International Religious Freedom Important?. https://share.america.gov/role-international-religious-freedom-report/. Diakses pada kamis, 1 Desember 2022 pukul 08.00 WIB.

Share America. 2022. Kebebasan Beragama: Salah Satu Asas Pendirian AS. https://share.america.gov/id/kebebasan-beragama-salah-satu-asas-pendirian-as/. Diakses pada 1 Desember 2022 pukul 08.30 WIB.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Suhaimi. 2020. Moderate Islamic in Indonesia. Jurnal Dakwah. Vol 14, No. 1

Suhendang, Kustadi. 2014. Strategi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukayat, Tata. 2009. Quantum Dakwah. Jakarta: Rinega Cipta.

Sukayat, Tata. 2012. Revitalisasi Ilmu Dakwah: Kajian Mabadi “Asrah Ilmu Dakwah. Jurnal Dakwah. Vol 6, No.02.

Sukayat, Tata. 2015. Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori Dan Praktis Di Era Global. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Zaidallah, Alwisral Imam. 2005. Strategi Dakwah Dalam Membentuk Da’i Dan Khotib Profesional. Jakarta: Kalam Mulia.

Ali, Imam Shmasi. 2017. Telling Islam To The World. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aziz, Moh. Ali. 2017. Ilmu Dakwah edisi revisi. Jakarta: Kencana

Baronavski, Chris. 2022. Religious Resctrictions Around The World. htpps://www.pewresearch.org/religion/interctives/religious-restrictions-around-the-world/. Diakses pada Rabu, 30 November 2022 pukul 14.00 WIB.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855.30 Nov 2021.

Felani, Herman, Dra. Endang Sih Prapri, M.A.2010. Homelesness Di Amerika Serikat. Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/46452.

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Islam In America. 2014. Diakses Pada 16 November 2021, Dari https://www.pbs.org/opb/historicdetective/feature/islam-in-america/

J.Moloeng, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ketani, M Ali. 2005. Minoritas Muslim Di Dunia Dewasa Ini. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lamato. Lamadi De. 2019. Menapak Jalan Dakwah Di Bumi Barat, Biografi Pemikiran Imam Shamsi Ali. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mekarisce, Arnild Augina. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol 12, No.03. h. 148.

Mohamed, Besher. 2021. Muslim Are Growing Presence In U.S. But Still Face Negative Views From The Public. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2021/09/02/muslims-are-a-growing-presence-in-u-s-but-still-face-negative-views-from-the-public/. Diakses pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 15.00 WIB.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Munir. 2009. Manajemen Dakwah. Jakarta:Kencana Predana Media Group.

Muslimah. 2016. Etika Komunikasi Dalam Persfektif Islam. Jurnal Sosial Budaya. Vol 13, No.02.

Pew Research. 2017. Demoghraphic Potrait Of Muslim Americans. https://www.pewresearch.org.religious/2017/07/26/demographic-portrait-of-muslim-americans/. Diakses pada Jumat, 24 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Saputra, Wahidin. 2012. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Share America. 2022. Why Is The International Religious Freedom Important?. https://share.america.gov/role-international-religious-freedom-report/. Diakses pada kamis, 1 Desember 2022 pukul 08.00 WIB.

Share America. 2022. Kebebasan Beragama: Salah Satu Asas Pendirian AS. https://share.america.gov/id/kebebasan-beragama-salah-satu-asas-pendirian-as/. Diakses pada 1 Desember 2022 pukul 08.30 WIB.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Suhaimi. 2020. Moderate Islamic in Indonesia. Jurnal Dakwah. Vol 14, No. 1

Suhendang, Kustadi. 2014. Strategi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukayat, Tata. 2009. Quantum Dakwah. Jakarta: Rinega Cipta.

Sukayat, Tata. 2012. Revitalisasi Ilmu Dakwah: Kajian Mabadi “Asrah Ilmu Dakwah. Jurnal Dakwah. Vol 6, No.02.

Sukayat, Tata. 2015. Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori Dan Praktis Di Era Global. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Zaidallah, Alwisral Imam. 2005. Strategi Dakwah Dalam Membentuk Da’i Dan Khotib Profesional. Jakarta: Kalam Mulia.

Downloads

Published

2023-12-29

Versions

How to Cite

Regina, S. D., & Muhtadi, A. S. (2023). Strategi Tabligh Imam Shamsi Ali Dalam Penyebaran Islam Di Amerika Serikat. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 8(4), 559–576. https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i4.24848

Citation Check