Konstruksi Gender terhadap Peran Pendakwah Perempuan di Media Sosial

Authors

  • Suci Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i3.45064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi gender terhadap peran pendakwah perempuan di media sosial dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Studi ini mengacu pada analisis studi literatur yang bersumber dari berbagai jurnal ilmiah terkait, serta menggunakan perangkat lunak Atlas.ti 24 untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun stereotip gender dan pandangan normatif yang membatasi masih menjadi tantangan utama, media sosial memberikan peluang besar bagi perempuan untuk berdakwah secara kreatif dan efektif. Konstruksi gender yang sering menempatkan perempuan dalam posisi subordinasi dapat dilawan melalui pemanfaatan media sosial sebagai ruang pemberdayaan. Pendakwah perempuan mampu membangun identitas keagamaan yang kuat, menyampaikan pesan-pesan keagamaan, dan memperjuangkan kesetaraan gender. Dengan demikian, media sosial tidak hanya menjadi platform dakwah, tetapi juga alat strategis untuk memperjuangkan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan dalam dakwah modern

Downloads

Published

2023-12-29 — Updated on 2025-04-26

Versions

How to Cite

Ramadhani, S., & Sazali, H. (2025). Konstruksi Gender terhadap Peran Pendakwah Perempuan di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 8(4), 369–384. https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i3.45064 (Original work published December 29, 2023)

Citation Check