Strategi Komunikasi Dakwah Era Digitalisasi Di Pondok Pesantren

Authors

  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Nanih Mahendrawaty UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Enok Risdayah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i2.47935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi  komunikasi dakwah perspektif tabligh, irsyad, tadbir dan tanwir di era digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif pendekatan humanistik untuk menggambarkan suatu peristiwa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dakwah perspektif tabligh (ajakan, seruan dan panggilan), untuk berbuat kebaikan dan keterampilan yang dapat disebar luaskan  melalui teknologi digitalisasi nampaknya menjadi nilai dan sumber utama di  lingkungan pesantren. Konteks irsyad (menyebarluaskan dan membimbing) yang dibantu teknologi komunikasi, menjadikan hubungan antara pimpinan, ulama, pengurus, dan santri menjadi hubungan yang harmonis.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Paryati, Mahendrawaty, N., & Risdayah, E. (2025). Strategi Komunikasi Dakwah Era Digitalisasi Di Pondok Pesantren . Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(2), 185–204. https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i2.47935

Citation Check