Strategi Komunikasi BAZNAS Provinsi Jawa Barat dalam Memperkuat Literasi Zakat


Munfarihatun Millah(1*), Aang Ridwan(2), Encep Taufik Rahman(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung djati Bandung,  
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi komunikasi yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Jawa Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, BAZNAS Provinsi Jawa Barat secara keseluruhan telah melakukan strategi komunikasi dengan baik. Tahap perencanaan, BAZNAS Provinsi Jawa Barat terlebih dahulu membekali SDM yang ada. Pelaksanaan strategi, BAZNAS Provinsi Jawa Barat melakukan realisasi dari perencanaan sebelumnya melalui dua cara yaitu offline maupun online.

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (1994). Sosiologi Skematika:Teori dan Terapan (p. 156). Jakarta: Bumi Aksara

Afiyana, I. F., Nugroho, L., Fitrijanti, T., & Sukmadilaga, C. (2019). Tantanganpengelolaan dana zakat di indonesia dan literasi zakat. AKUNTABEL, 2.

Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.

BAZNAS, P. (2019). Indeks Literasi Zakat : Teori dan Konsep (pp. 4-7). Jakarta Pusat: Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS).

Belch, George E. dan Michael A Belch. 2012. Advertising and PromotionL An Integrated Marketing Communications Perspective 6th ed. New York: McGraw-Hill Inc.

Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Erlina, A. (2018). Perencanaan Komunikasi Dalam Membentuk Program Kelompok informasi Masyarakat (KIM) Oleh Dinas Komunikasi Daninformatiak Kabupaten Indragiri Hulu. JOM FISIP, 5(II Juli – Desember), 1-15

Hapsari, N. E. (2019). Penerapan Program Pengembangan Sdm Berbasis Spiritual Company(Studi Kasus pada Waroeng Group). DSpace UII, 1-14. Retrieved March 3, 2023, from http://hdl.handle.net/123456789/15308

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara

Ibrahim, Idi Subandi. 2004. Sinarnya Komunikasi Empatik“ Krisis Budaya dalam Masyarakat Kontemporer. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Krina L.P.L. (2003). Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansidan Partisipasi. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5(2), mei, 1-14.

Pomalaa, L., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), oktober, 4082-4091.

Prasetyanto, W. E. (2015). Pengaruh Top of MindTerhadap Keputusan Pembelian Convenience Goodsdi Supermarket Mo-Ro Mall Purwokerto. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 149.

Pratama.Hermawan, A., Kristiasari, A., Bhiju, F. N., & Manik, D. (2020). Pengembangan instrumen Evaluasi Kinerja Pada perpustakaan universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 1-15.

Rosli Mohammed ; Burhan Bungin. (2015) Audit Komunikasi : Pendekatan Dan Metode Asesmen Sistem Informasi Komunikasi Dalam Organisasi. Jakarta: Kencana.

Salle, A. (2017). Makna Transparansi Dalam pengelolaan Keuangan Daerah. KEUDA (Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Daerah), 1(1), 1-19.

Sevima (2020,OKTOBER14). Berita. Retrieved from SEVIMA: https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat jenis- dan-prinsip

Somad, R. & Priansa, D.J. (2014). Manajemen Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Sondang P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Sudarman, A. (2019). Strategi komunikasi untuk meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 35-54.

Suryadana, M. L. (2015). Pengelolaan SDM Berbasis Kinerja. Bandung: Alfabeta.

Thadi, R., & Mukhlizar. (2021). Literasi Dakwah di Era Post Truth. JOISCOM (Journal Of Islamic Communication) , 36.

Wati, A. P., Martha, J. A.,&Indrawati, A.(2019). Digital Marketing.(p. 11).Malang: Edulitera.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatanpembangunan. Lentera, 18(1), 53-60.

Yusfiarto, R., Setiawan, A., & Nugraha, S. S. (2020). Literacy and Intention to Pay Zakat: A Theory Planned Behavior View Evidence from Indonesian Muzakki. International Journal of Zakat, 17.




DOI: https://doi.org/10.15575/tabligh.v7i1.24523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.