Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for al-Kimiya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

al-Kimiya diterbitkan oleh Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi (FST, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), Bandung. Tujuan utama terbitan berkala ini adalah untuk mempublikasikan kontribusi-kontribusi orisinal dan ilmiah dalam ilmu kimia murni serta kimia terapan. Yang dimaksud ilmu kimia murni di sini adalah yang secara tradisi menyangkut kajian bidang khusus Kimia Anorganik, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Fisik, dan Kimia Analitik. Sementara dalam bidang kimia terapan kami memfokuskan publikasi hasil-hasil penerapan ilmu kimia dalam bidang pangan, energi dan lingkungan. Jurnal al Kimia mempublikasikan komunikasi singkat dan artikel hasil penelitian dalam bahasa Indonesia.

Dalam cara pandang kami, ilmu kimia juga harus dapat mendukung kebutuhan umat Islam dalam menjalankan peribadatannya, sehingga kami juga menerima dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian kimia dan terapannya yang tergolong dapat berkontribusi dalam masalah nilai-nilai relijius keislaman. Kami juga mendukung publikasi dari temuan-temuan ilmiah bidang kimia dalam kaitannya dengan sumber daya dan nilai-nilai kearifan lokal dari seluruh pelosok Indonesia.

al-Kimiya mempublikasikan naskah bernilai ilmiah yang dapat membantu untuk pemahaman dan penegasan konsep-konsep ilmu kimia, baik yang berkaitan dengan isu-isu mendasar maupun dalam cara pandang terapannya. Terbit dua kali dalam setahun, Januari dan Juli.

 

1. Ruang lingkup jurnal

Ruang lingkup penerbitan al-Kimiya meliputi kajian-kajian umum dan kajian-kajian khusus. Kajian-kajian umum yang dimaksud adalah ilmu kimia murni secara umum maupun dalam bidang-bidang khusus sebagai berikut:

  • Kajian substansi/materi anorganik, organik, dan biokimia yang secara tradisi secara berturut-turut masuk ke dalam kajian ilmu kimia anorganik, kimia organik, dan biokimia. Beberapa contoh topik khusus dari kajian substansi ini adalah bioanorganik, bioorganik, organologam, katalis heterogen, kimia logam transisi dan kimia koordinasi (kompleks), metabolisme, enzimologi, kimia bahan alam, dan zat padat.
  • Kajian sifat-sifat fisika dan kimia materi serta perubahannya yang secara tradisi masuk ke dalam kajian ilmu kimia fisik. Beberapa contoh topik khusus dari kajian ini adalah kinetika dan mekanisme reaksi, kimia permukaan, polimer, zat warna, termo(dinamika) kimia, kimia teori dan komputasi, membran, katalisis, radiokimia, elektrokimia, fotokimia dan spektroskopi.
  • Kajian eksperimen dan instrumentasi kimia yang secara tradisi masuk ke dalam kajian ilmu kimia analitik. Beberapa contoh topik khusus dari kajian ini adalah spektroskopi, mikroskopi, dan kromatografi.

 

Kajian-kajian khusus yang dapat diangkat dalam terbitan al-Kimiya secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Kajian ilmu kimia terapan dalam bidang pangan. Beberapa contoh topik khusus dari kajian ini adalah protein, lipida, karbohidrat, vitamin, mineral, enzim, aditif, zat pewarna makanan, beserta teknologi kimia pangan yang berkaitan dengan topik-topik tersebut.
  • Kajian ilmu kimia terapan dalam bidang energi. Beberapa contoh topik khusus dari kajian ini adalah fotokimia, kimia sel
  • bahan bakar, biomassa, bahan bakar minyak bumi dan gas alam, sumber-sumber energi kimia terbarukan, dan konversi energi kimia;
  • Kajian ilmu kimia terapan dalam bidang lingkungan. Beberapa contoh topik khusus dari kajian ini adalah kimia tanah, kimia perairan, kimia atmosfir, green chemistry, toksikologi, dan water treatment.
  • Kajian ilmu kimia murni maupun terapan dalam masalah kearifan lokal. Kajian ini terinspirasi oleh belum banyaknya kebiasaan-kebiasaan (tradisi) pada adat atau kebudayaan lokal suku bangsa yang berkaitan dengan penggunaan zat dari alam. “Back to Nature” dapat menjadi istilah pamungkas untuk menggambarkan sumbangan kebudayaan terhadap tradisi modern yang lebih bijaksana dalam pengelolaan alam
  • Kajian ilmu kimia murni maupun terapan untuk memahami nilai-nilai universalitas Islam rahmatan lil alamin.

 

2. Jenis-jenis kontribusi

Bidang-bidang kajian ilmiah di atas dapat diangkat dalam al-Kimiya ke dalam dua bentuk sebagai berikut:

Komunikasi singkat, berupa laporan singkat hasil studi yang memiliki nilai inovasi dan akademik. Komunikasi singkat ini terbatas dalam tiga halaman jurnal. Setelah publikasi, tulisan tersebut dalam teks lengkapnya dapat kembali diterbitkan dalam jurnal ini atau jurnal lainnya.

Artikel, berupa laporan asli dari hasil sebuah kajian inovasi yang sistematik dan lengkap dalam bidang ilmu kimia murni dan terapan sebagaimana yang dimaksud dalam ruang lingkup Jurnal ini.

 

3. Penerimaan naskah

Naskah yang telah dikirim pegarang dan diterima redaksi merupakan naskah yang belum dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau bagian dari skripsi/tesis/disertasi akademik) dan tidak dalam pertimbangan untuk publikasi pada media dan bahasa apapun, tidak memiliki masalah pelanggaran hak cipta, dan semua pengarang beserta semua otoritas yang bertanggung jawab pada naskah telah menyetujui semua persyaratan yang ditetapkan redaksi.

Bila naskah mengandung referensi penelitian yang tidak dipublikasikan, salinan dari naskah harus disertakan untuk tujuan proses penelaahan ahli.

Apabila gambar dan tabel dalam naskah diambil langsung dari sumber-sumber yang memiliki hak cipta, pengarang harus bersedia menunjukkan ijin tertulis dari pemilik hak cipta dan disebutkan sumber tersebut dalam naskahnya.

Komunikasi singkat yang diterima harus termasuk di dalamnya pernyataan singkat dari pengarang yang menerangkan keberartian paper dan mengapa sangat penting dipublikasikan. Dalam jenis naskah komunikasi singkat ini abstrak harus dimasukkan.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada para pengarang yang naskahnya diterima dan disetujui diterbitkan.

Untuk mengajukan naskah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Penulis membuat akun di web http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ak/index
  2. Pilih menu “Register”
  3. Isi identitas penulis/author sesuai yang tertera di web.
  4. Setelah memiliki akun, pilih menu log in
  5. Masuk dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat
  6. Pilih “New Submission” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai berhasil submit dengan status “Awaiting assignment”.
  7. Bentuk file naskah yang di upload harus dengan format .docx.
  8. Jika ada yang mau ditanyakan bisa melalui alamat e-mail alkimiya@uinsgd.ac.id

Naskah harus dikirimkan oleh akun penulis pertama, yang harus menerima tanggung jawab bagi kepentingan semua penulis dalam semua persyaratan etika ilmiah. Penulis yang mengirimkan naskahnya akan didaftarkan sebagai penulis korespondensi dalam versi yang diterbitkan dari masing-masing naskah yang diterima.

 

4. Editorial dan Publikasi

Semua yang berkaitan dengan editorial (penyuntingan) meliputi penerimaan naskah (receipt), penelaahan (review), revisi, penyuntingan (editing), pra-cetak (proofs), dan naskah yang dipublikasikan akan dikirimkan hanya kepada pengarang korespondensi melalui e-mail. Semua korespondensi yang menyangkut naskah harus diberi judul “Naskah - Jurnal al Kimia – Bidang”. Untuk bidang pada judul harus diisi dengan bidang kajian ilmu kimia atau terapan yang paling dekat (misalnya Kimia Analitik, Biokimia, Pangan, Agama).

Penyuntingan dan penelahaan. Semua naskah yang diterima akan ditelaah pertama kali oleh redaksi pelaksana. Naskah-naskah yang tidak memenuhi kaidah umum untuk publikasi dalam jurnal ini akan ditolak tanpa penelaahan lebih lanjut oleh editor ahli dalam bidangnya. Naskah-naskah yang lolos penilaian dari redaksi pelaksana selanjutnya akan dikirimkan ke dua atau lebih editor ahli untuk ditelaah. Identitas editor (penyunting) ahli bersifat rahasia, namun identitas pengarang diketahui oleh editor ahli. Pada umumnya, para editor ahli ini akan menyampaikan komentarnya dalam waktu satu sampai dua bulan. Semua komentar editor ahli akan dikirimkan ke pengarang tanpa ada pernyataan apakah naskah diterima atau tidak.

Naskah yang direvisi. Setelah penelaahan oleh editor ahli, bila sebuah revisi memiliki potensi sebagai naskah yang diterima, pengarangnya harus mengembalikan revisinya tersebut melalui e-mail maksimal dalam waktu 4 minggu. Bila pengarang terlambat mengembalikan revisinya maka naskahnya masih bisa dimuat dalam jurnal al-Kimiya edisi berikutnya. Paper yang direvisi harus bersama respon bagian demi bagian yang dibuat oleh semua editor ahli (reviewer). Semua isi revisi harus diberi tanda (digaris bawahi) pada naskah untuk membantu penelaahan lebih lanjut. Keputusan akhir sebuah paper diterima atau ditolak akan ditentukan oleh Dewan Redaksi.

Penyuntingan (editing) dan pra-cetak (proofs). Paper-paper yang diterima merupakan salinan yang telah diedit untuk menyesuaikan dengan kekhasan jurnal dan lay out. Halaman-halaman pra-cetak dalam format PDF akan dikirimkan melalui e-mail kepada pengarang korespondensi yang akan memeriksa susunan huruf dan kesalahan-kesalahan editing. Koreksi-koreksi harus disampaikan sesegera mungkin (tidak lebih dari lima hari kerja).

Hak cipta. Isian (form) pengalihan hak cipta (copyright transfer) akan dikirimkan kepada pengarang korespondensi bersama dengan naskah pra-cetak melalui e-mail. Isian tersebut harus diisi lengkap dan dikembalikan ke kantor redaksi melalui faks atau pos sesegera mungkin.

Salinan cetak lepas (offprint). Salinan cetak lepas akan diberikan 10 salinan kepada satu kelompok pengarang disertai satu salinan edisi tersebut, tanpa biaya.

 

5. Penulisan naskah

Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris yang baik dan baku (untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan sangat disarankan untuk menggunakan fitur-fitur “spell-check” dan “grammar-check” pada MS Word untuk naskah berbahasa Inggris atau bagian abstract untuk naskah berbahasa Indonesia. Saat ini, hanya file MS Word yang diterima oleh redaksi. Ketika menyiapkan menulis naskah, gunakan kertas A4, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, 1,5 spasi, dan kolom tunggal. Jaga susunan teks jelas dan sederhana. Semua gambar dan tabel harus ditempatkan bersama dalam file naskah. Buat nomor halaman tersusun berurut mulai dari 1.

Susunan naskah yang dianjurkan

Komunikasi singkat. Judul, nama/nama-nama pengarang, afiliasi pengarang, catatan kaki (alamat dari pengarang korespondensi), abstrak (ini tidak akan dipublikasikan tetapi akan digunakan untuk penelaahan penyunting ahli, kata-kata kunci, bagian tubuh naskah (tanpa subjudul-subjudul lagi), ucapan terima kasih (optional), dan referensi.

Artikel. Judul, nama/nama-nama pengarang, afiliasi, catatan kaki (alamat pengarang korespondensi), abstrak, kata-kata kunci, pendahuluan, eksperimen, hasil dan pembahasan (dengan sub-sub judul yang sesuai), kesimpulan (dalam satu paragraf), daftar istilah (optional), ucapan terima kasih (optional), dan referensi.

Judul. Judul harus jelas dan ringkas menggambarkan tekanan dan isi paper. Hindari nomor seri, singkatan, dan rumus bila memungkinkan.

Nama/nama-nama pengarang dan afiliasinya. Berikan nama lengkap pengarang, alamat lengkap, kota dan kode pos dari afiliasi para pengarang di bawah nama/nama-nama pengarang. Tunjukkan dengan angka berurut yang dicetak superskrip tepat setelah nama/tiap nama pengarang dan juga sebelum alamat afiliasinyanya.

Pengarang korespondensi. Sebut nama pengarang korespondensi diikuti dengan nomor telefon/faks, dan alamat e-mail pada catatan kaki di halaman judul. Pengarang korespondensi adalah yang bertanggung jawab untuk menangani korespondensi pada semua tahap evaluasi dan publikasi, dan juga setelah publikasi.

Abstrak. sebuah abstrak yang singkat dan faktual hanya terdiri atas 200 – 300 kata untuk semua naskah yang dikirim ke redaksi. Dalam abstrak harus ditulis tujuan penelitian, metode, hasil-hasil mendasar, dan kesimpulan-kesimpulan utama. Bila perlu, data eksperimen yang penting harus diberikan. Hindarkan penggunaan singkatan dalam abstrak. Bila naskah dalam bahasa Indonesia harus disertakan pula abstrak dalam bahasa Inggrisnya.

Kata-kata kunci. Segera setelah abstrak, sebutkan lima sampai delapan kata kunci yang paling mewakili hal yang mendasar dari penelitian, hindari istilah-istilah berarti jamak, singkatan-singkatan (kecuali singkatan-singkatan yang sudah diterima dan menjadi ciri istilah kimia, misalnya Ksp), dan rumus kimia. Huruf pertama dari masing-masing kata kunci tidak dicetak kapital. Pisahkan antar kata kunci dengan tanda (;). Kata-kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Bila naskah dalam bahasa Indonesia harus disertakan pula kata-kata kunci dalam bahasa Inggrisnya.

Bagilah artikel anda ke dalam bagian-bagian yang tegas dan jelas.

Pendahuluan. Pendahuluan (judul khusus) harus menyatakan tujuan dari pekerjaan dan menyediakan latar belakang yang cukup dari studi, hubungannya dengan pekerjaan/studi sebelumnya dalam bidang yang sama, pertanyaan-pertanyaan/masalah-masalah yang harus dijawab, dan metode-metode yang dipakai, supaya pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil-hasil pekerjaan anda. Pekerjaan sebelumnya yang relevan yang dilakukan pengarang yang sama harus dinyatakan dengan referensi. Hindari literatur yang terperinci atau suatu ringkasan dari hasil-hasil tersebut.

Eksperimen. Sediakan cukup rinci untuk memudahkan yang lain dapat mengulang eksperimen. Metode-metode yang telah dipublikasikan sebelumnya harus dinyatakan dengan referensi, tetapi prosedur-prosedur yang baru atau modifikasi harus ditulis rinci. Berikan komposisi kimia secara jelas. Selain itu jika penelitian di bidang komputasi/teori, bagian eksperimen disesuaikan.

Hasil dan pembahasan. Hasil penelitian harus disajikan dengan jelas dan ringkas, dan pembahasan harus mengungkap arti dari hasil-hasil pekerjaan penelitian. Sajikan hasil-hasil pengamatan dalam dalam teks, tabel-tabel, dan gambar-gambar dalam rangkaian penyajian secara logis. Jangan mengulang data pada tabel atau gambar dalam teks.

Gambar dan tabel. Semua gambar dan tabel harus dikaitkan keterangan dalam teks dan ditempatkan dalam teks dekat dengan sebelum gambar atau tabel itu ditempatkan. Penomoran gambar dan tabel harus berurut dengan menggunakan angka Arab. Keterangan pada gambar dan tabel harus dapat mudah dipahami tanpa harus membaca teks yang mengaitkan keterangannya. Data yang sama tidak boleh ditampilkan dalam lebih dari satu gambar atau tabel. Tabel harus dibuat menggunakan format dari perangkat lunak MS Word, dan pengarang harus memastikan bahwa entri data benar-benar berada sel tabelnya. Skema dan ilustrasi dari struktur kimia dan reaksi harus diberi nomor secara berurut dengan angka Arab. Dalam naskah yang telah diterima untuk dapat diterbitkan, gambar-gambar dan tabel-tabel harus memiliki kualitas yang cukup baik untuk penelahaan oleh penyunting ahli. Sangat disarankan semua gambar dan ilustrasi dibuat dengan alat bantu perangkat lunak yang cocok, kemudian gambar perlu dikonversi ke dalam format .jpg dengan kualitas baik. Apabila naskah diterima, semua gambar dan tabel, dan judul serta keterangannya akan dibuat kembali atau disunting mengacu pada standar redaksi jurnal sebelum diterbitkan. Pengarang mungkin akan diminta menyediakan gambar-gambar memenuhi kelayakan (termasuk data eksperimen) oleh staf redaksi. Penulisan rumus harus menggunakan MS Equation, Times New Roman, 10 pt, regular. Bila terdapat banyak persamaan matematika dan akan disebutkan berulang maka rumus harus menggunakan penomoran. Dalam teks ditulis Pers. 1, 2, 3, dst.

Satuan-satuan ukuran, simbol-simbol, dan singkatan-singkatan. Semua pengukuran harus dinyatakan dalam satuan-satuan sistem internasional (SI). Kuantitas lain harus dikonversi ke dalam satuan SI. Satuan temperatur harus dituliskan dalam °C atau K. Buatlah satu spasi antara angka dengan satuannya. Masing-masing singkatan harus ditetapkan pertama kali ketika digunakan pada abstrak, tubuh naskah, dan kesimpulan, dengan terlebih dahulu menyebut maksudnya atau kepanjangannya, dan setelahnya hanya digunakan singkatannya secara konsisten. Singkatan yang digunakan tidak boleh lebih dari lima karakter (huruf, angka, atau tanda baca).

Kesimpulan. Untuk naskah yang termasuk Artikel dan Ulasan, sebuah kesimpulam harus ditulis sebagai ringkasan kesimpulan-kesimpulan mendasar dari pekerjaan penelitian atau ulasan. Kesimpulan harus dinyatakan sebagai pertautan antara hasil dan pembahasannya, namun bukan merupakan suatu pengulangan, juga tidak sama dengan abstrak. Ditulis tidak lebih dari satu paragraf.

Daftar istilah. Bila banyak istilah-istilah yang spesifik bidang digunakan dalam naskah, buatlah daftar definisinya di bagian ini.

Ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih dapat disampaikan kepada satu atau beberapa pihak (individu atau lembaga) yang telah memberikan bantuan dana penelitian, bantuan teknis, bahan, dan diskusi.

Referensi. Sangat disarankan lebih dari 80% referensi adalah dari terbitan berkala ilmiah yang tidak lebih dari 10 tahun terakhir. Penomoran referensi harus berurut sesuai dengan urutan disebutkannya dalam teks. Pastikan bahwa masing-masing referensi yang diacu telah benar antara yang ada di teks dengan daftar referensi, dan begitu pula sebaliknya. Penomoran referensi dalam teks diberikan dalam tanda [...]. Masing-masing referensi harus dinomori berurut secara terpisah. Komunikasi personal, naskah-naskah yang tidak diterbitkan, dan pekerjaan-pekerjaan yang tidak pernah diterima untuk publikasi tidak direkomendasikan sebagai referensi. Dalam daftar referensi, terbitan berkala dalam bahasa Indonesia,[1] dalam bahasa Inggris,[2] buku berbahasa Indonesia,[3] buku berbahasa Inggris,[4] buku-buku yang memiliki banyak pengarang dengan editor,[5] dan paten,[6] harus ditulis seperti contoh berikut ini:

[1] Purwasasmita B.S., Kurnia A., dan Wibowo A. (2010). Sintesis Material Nanopori Zeolit (ZSM-5) dari Coal Fly Ash. Jurnal Zeolit Indonesia, 9(1): 1411-6723.

[2] Giudici R., Kouwenhoven H.W., and Prins R. (2000). Comparison of Nitric and Oxalic Acid in the Dealumination of Mordenite. Applied Catalysis A: General, 203: 101–110.

[3] Sukardjo. (1992). Kimia Koordinasi. Edisi ke-1. Yogyakarta: Rineka Cipta. hal. 50-52

[4] Selwood P.W. (1975). Chemisorption and Magnetization. 2nd Ed. New York: Academic Press, p. 26

[5] Inui T., Yamase O., and Fukuda K. In: Jansen J.C. ed. (1984). Proceedings of the 8th International Congress on Catalysis, Vol III. Berlin: Berlag Chemie, p. 569

[6] Frevel L K, Mich M. US 3 657 310. 1972.

 

Nama para pengarang dan editor ditulis dengan nama belakang kemudian diikuti dengan inisialnya. Daftar nama dari para pengarang tidak boleh ditulis “et al.” atau “dkk”. Bila nama jurnal akan disingkat, penulisannya harus mengikuti sistem yang digunakan oleh Chemical Abstracts. Nama jurnal harus dicetak italic, volume dan nomor dicetak tebal.

Untuk mempermudah cara penulisan naskah, pemeriksaan oleh para reviewer, dan penyuntingan oleh redaksi, penulis harus menggunakan file template naskah yang dapat diminta kepada redaksi melalui e-mail.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mengirimkan naskah mengerti bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta artikel dialihkan kepada Jurnal al Kimiya, Jurusan Kimia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sebagai penerbit. Hak cipta meliputi hak khusus penggandaan artikel dalam bentuk dan media apapun. Penggandaan dari setiap bagian jurnal ini diberikan dengan seizin tertulis penerbit. Penerbit dan Redaksi menyatakan bahwa semua data, informasi, pendapat atau penyataan yang diterbitkan dimuat dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan etika ilmiah yang berlaku.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.