Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau

Authors

  • Suci Yuniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Arnida Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwarah Pekanbaru dan MTs Negeri Danau Bingkuang Kampar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu: (A)nalysis, meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan; (D)esign, meliputi penyusunan Modul; (D)evelopment, dilakukan pengembangan Modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan RME; (I)mplementation, dilakukan untuk mendapatkan data praktikalitas; (E)valuation, dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan tahap implementation. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Hasil perhitungan data hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan memperoleh Persentasi keidealan 85,19% dan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh 86,42%, serta penilaian praktikalitas pada saat uji coba memperoleh 84,14%. Data tersebut menunjukkan bahwa modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa.

Author Biography

Suci Yuniati, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pendidikan Matematika

References

Andriani, Melly dan Mimi Haryani. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI, Pekanbaru: Benteng Median.

Hartati,dkk (2017). Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa Vol.3 No.2 Desember 2017 :106-115

Patmawati, D., Johar, R., Zubaidah, T. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 5(2), 1-13

Prabowo, Agus dan Pramono Sidi. (2010). Potensi PMRI sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika. Program Studi Matematika Universitas Jenderal Sudirman : Universitas Terbuka.

Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahayu Sri Waskitoningtyas. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-32

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saleh, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

(PMR), Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2).

Syaodih, Nana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Somayasa, Wayan., Natajaya, Nyoman., Candiasa, Made. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK NEGERI 3 SINGARAJA, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran GaneshaProgram Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 1-12

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Suyitno, Amin. (2014). Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

S, Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasri. Strategi Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami (2013).. Tersedia:http://bdkpadang.kemenag.go.id). diakses 22 Maret 2015.

Published

2018-06-12