Penerapan Pendekatan Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v1i1.2886Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar matematika siswa, kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada setiap siklus, kemampuan pemecahan masalah matematik siswa setelah mengikuti seluruh siklus, dan sikap siswa kelas X.1 MAN Tanggeung mengikuti seluruh siklus melalui pendekatan pembelajaran Time Token pada pokok bahasan bentuk akar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini berbentuk siklus yaitu: Perencanaan (Planning); Tindakan (Acting); Pengamatan (Observing); Refleksi (Reflecting). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, tes formatif dan post test yang berisi soal-soal matematika tentang bentuk akar, dan untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran Time Token, skala sikap siswa yang dipakai adalah model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa oenerapan pembelajaran Time Token efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Disarankan Untuk guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam melatih dan mengembangkan keterampilan sosial siswa agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekaliReferences
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad, A. (2006). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa dengan Metode IMPROVE Disertai Pemberian Embedded Test. Bandung: Tesis UPI.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.
Muslich, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Simangunsong, W. (2005). PKS Matematika Kelas X Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta Timur: Gematama.
Sucipto, & Noormandiri. (2004). Buku Pelajaran Matematika SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Suherman, & Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusuma.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).