Implementasi Metode Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2895Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan pembaharuan dalam model pembelajaran matematika sebagai respon terhadap rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa kelas IV MI Cicarulang Tasikmalaya yang ditunjukkan dari rata-rata nilai sumatif siswa pada mata pelajaran matematika yaitu 4,43. Juga terhadap proses pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran biasa sehingga aktivitas siswa cenderung pasif. Melihat kenyataan di atas, maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan harapan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  ) terhadap siswa kelas IV MI Cicarulang Tasikmalaya sebanyak 20 siswa. dengan langkah-langkah yang dilakukan berupa kegiatan siklus yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect(refleksi). Adapun Instrumen yang digunakan adalah  pre tes, tes formatif, post test, dan lembar observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara klasikal pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria belajar tuntas.
References
Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun2006 Tentang Standar Isi, SKL, dan Pelaksanaannya. Jakarta: Depdiknas.
Merdekawati, A. (2001). Pembelajaran Matematika dengan Tekhnik Membaca SQ3R dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Matematika Siswa (Skripsi) FPMIPA UPI Bandung. Bandung: tidak dipublikasikan.
Ruseffendi, E.T. (2001). Pengantar Matematika
CBSA. Bandung: Tarsito.
Susilawati, W. (2007). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung. tidak dipublikasikan.
Virlianti,Y. (2001). Analisa Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Konseptual pada Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistik. Skripsi UPI Bandung. Bandung: tidak dipublikasikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).