PENGEMBANGAN LKM BERBASIS INQUIRY UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF

yenni yenni, Eka Rachma Kurniasi

Abstract


Kemampuan penalaran adaptif adalah salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan mahasiswa untuk mencapai hasil belajar maksimal pada mata kuliah teori bilangan. Unsur ini berperan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan dan memeriksa kesahihan suatu argument. Agar dapat mengoptimalkan kemampuan ini, peneliti menyusun lembar kerja mahasiswa(LKM) berbasis Inquiry. LKM yang dilengkapi dengan langkah langkah Inquiry membuat mahasiswa aktiv berlatih mengikuti perintah dan urutan yang tertera pada LKM. Dengan sering berlatih mengisi LKM dan kewajiban mengkomunikasin hasil, kemampuan adaptif mahasiswa dapat terlatih dan pada akhirnya membantu mahasiswa meraih hasil maksimal pada belajar teori bilangan


References


Goos, M. (2004). Learning Mathematics in a Classroom Community of Inquiry. Jurnal for research in Mathematics Education, 35 (4), 258-291.

Khomsiatun Siti, Renawati Heri. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terimbing untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (1) , 92-106

Menezes, Canavarro, & Oliveira. (2012). Teacher Practice in Inquiry-Based Mathematics Classroom. Hellenic Mathematical Society, International Journal for Mathematics in Education. 4.

Pasini, Jackson M. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah dan Proyrk Pada Matakuliah Analisis Data. Jurnal Pendidikan, 14 (2),.

Sudarwan Robert Edy, Retnawati Heri. (2015). Pengembangan Perangkat Assesment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometrid dan Pengukuran SMP/MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2 (2), 251-261

Vajoczky, S. (2011). Inquiry Learning : Level, Dicipline, Class, Size, What Matters dalam International Journal for Schoolarship of Teaching and Learning [Online]. [http://www.georgia.southern.edu /ijsot

Yenni. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika untuk Mengembangkan kamampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan anak Usia Dini pada Mata Kuliah Statistika. Journal of Mathematucs Education, Science & Teknology, 2 (1), 90-102

Zahro, dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering, (REACT) brbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika,2 (1)

Zaini Ahmad, Marsigit (2014). Perbandingan keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2), 152-163




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Analisa Has Indexed By:


View My Stats

Editorial Office:

3 rd floor Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Jalan Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Phone: 085723885877

e-mail: pmtk@uinsgd.ac.id

Journal Analisa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.