Peningkatan kompetensi mahasiswa uin sunan gunung djati bandung dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) matematika berbasis nilai-nilai islam
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3695Abstract
Mahasiswa prodi pendidikan matematika selain memiliki kemampuan menguasai konsep matematika, mengajar juga harus mampu membuat Lesson Plan (LP) berdasarkan nilai Islam sebagai ciri khas mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemampuan siswa untuk mengembangkan LP, masih belum optimal, peneliti tertarik untuk membuat model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mempersiapkan LP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif. Penelitian ini dilakukan pada 40 siswa jurusan pendidikan matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mempersiapkan Matematika LP berdasarkan nilai-nilai Islam, instrumen yang digunakan dalam kuesioner dan tes kemampuan untuk membangun LP berbasis nilai-nilai Islam. Hasil penelitian, pelaksanaan ceramah tentang peningkatan kemampuan siswa untuk merancang LP berdasarkan nilai Islam termasuk kategori sedang, hasil LP berbasis nilai Islam masih belum muncul dalam konten matematika, tujuan pembelajaran dan evaluasi. Dengan demikian, desain model kuliah di prodi matematika harus berkolaborasi
References
Abdusyakir. (2007), Bila Kyai Mengajara Matematika, Malang, UIN Malang Press
Abdussakir. (2005). Matematika dan al-Qur'an. Disajikan pada Seminar Integrasi Matematika, al-Qur‟an, dan Kehidupan Sosial, 3 Agustus 2005, Topografi Komando Daerah Militer V Brawijaya, Malang.
_______. (2006a). Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN-Maliki Press.
_______. (2006b). Pola matematika pada surat al-‘Ashr, al-Kautsar, dan an-Nashr. Laporan Penelitian tida dipublikasikan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.
_______. (2007). Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press.
_______.(2009). Matematika 1: Kajian Integratif Matematika dan Al-Qur'an. Malang: UIN-Maliki Press.
Abdullah, Amin, (2014). Praksis Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu dan Transformasi Islamic Studies. Makalah diseminarkan di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 22-23 Oktober 2014, hal 3
Al-Kahil, (2008). Misteri Angka: Dalam Mukjizat Matematika Al-Qur’an. Jakarta: Sahara.
An-Najdi, (2006). Al-Qur’an dan Rahasia Angka-angka. Diterjemahkan oleh Agus Effendi. Bandung: Pustaka Hidayah.
Basya, F. (2003). Matematika Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Quantum Prima.
_______.(2005). Matematika Islam. Jakarta: Penerbit Republika.
Black, S. (2003). The Creative Classroom. American School Board Jurnal September 2003, p 68-70.
Bishop. (2001). What Values Do You Teach When You Teach Mathematics? Teaching Children Mathematics (Ed. Anne Reynolds dan Jim Dorward). Australian Research Council and Jointly Conducted by Monash University.
Brog dan Gall,(1979), Educational Research An Introduction, New York, Souten Press.,
Ernest,P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: RoutledgeFalmer.
Gagne, R.M. (1975). Essentials of learning for Instruction: Expanded Edition. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Joyce, Bruce. dan Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. Allyn ang Bacon, Massachussets.
Karso, dkk., (2014), Materi Pokok Pendidikan Matematika I , Universitas Terbuka.
Khalifa,(1974). One of the Great Miracle. (Online) http://www.submission.org/Appendix_1/one_of_the_great_miracle.htm (diakses 12 Pebruari 2006).
Komariah, Aan.dkk (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muniri. (2016). Kontribusi Matematika dalam Konteks Fikih. Ta’allum, 04(02): 193-214.
Moleong, Lexi J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada
Nanat 2011 wahyu memandu Ilmu, UIN SGD Bandung
Rosimanidar. (2012). Internalisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Pembelajaran Matematika. Laporan Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.
_______. (2013a). Pengembangan Pembelajaran Aljabar SMP Berbasis Nilai-Nilai Akhlak. Laporan Hasil Penelitian tidak dipublikasikan. Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh Lhokseumawe.
_______ (2013b). Peran Guru Menginternalisasikan Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Wujud Revitalisasi Perguruan Tinggi Islam Di Era Globalisasi. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika oleh Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tanggal 18 Mei 2013.
Sugilar, H. 2017. Implementasi Model Perkuliahan Assessment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Perspektif, 1(1): 11-19. Dapat diakses di: perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/download/2/2
Tafsir, Ahmad. (2006)Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, cetakan pertama. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).