PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Intan Fauziah, Samsul Maarif, Trisna Roy Pradipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model PBL dan yang diajarkan dengan pendekatan scientific; menyelidiki keterkaitan antara self regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 205 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa dari kelas eksperimen dan 36 siswa dari kelas kontrol. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan model PBL dan siswa yang diajarkan dengan pendekatan scientific; terdapat keterkaitan (hubungan) antara self regulated learning dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

 

 



References


Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Kecerdasan Emosional. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN: 978-979-16353-3-2.

Astuti dan Leonard. 2015. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2 (2): 102-110. ISSN : 2088– 351 X.

Nahdi dan Juju. 2016. Peningkatan Kemampuan Self Regulated Learning (SRL) Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 2,No. 1, Januari 2016. ISSN 2442 – 7470.

Octhariani, Dhia. 2017 Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Jurnal Of Mathematics Education And Science). ISSN: 2579-6550

Pintrich. 1995. Self regulated understanding. Journal Of Educational Psychology.

Rambe dan Surya. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Artikel. Universitas Medan. https://www.researvhgate. net/publication/32071890 7.

Rusman. 2017. Model – model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Andi. Gramedia

Santoso,dkk. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Kedungwinangun Tahun Ajaran 2015/2016

Sari dan Rahardi. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Vol, 3, No. 3, September 2014. ISSN 2086 – 4280.

Tyas, Retnaning. 2017. Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.Tecnoscienza, Vol 2, No. 1. Universitas Kahuripan Kediri.

Maulani dan Sundayana. 2017. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dengan Student Teams Achievement Division. P-ISSN: 2086- 4280 e-ISSN: 2527-8827.

Umar, Wahid. 2012. Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. jurnal ilmiah Vol 1, No. Bandung: STKIP Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Analisa Has Indexed By:


View My Stats

Editorial Office:

3 rd floor Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Jalan Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Phone: 085723885877

e-mail: pmtk@uinsgd.ac.id

Journal Analisa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.