KEMAMPUAN GENERALISASI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SMA

Sendi Ramdhani

Abstract


Generalisasi adalah detak jantung matematika, dan muncul dalam berbagai bentuk. Sayangnya itu digunakan dalam ukuran yang sangat rendah dalam pendidikan. Generalisasi sangat penting bagimatematika sehingga banyak profesional tidak lagi memperhatikannyakarena bagi mereka hal itu adalah dasar. Tapi justru pergeseran perhatian para ahli telah terintegrasi ke dalam pemikiran pemula.Generalisasi dalam pembelajaran matematik merupakan hal yang penting karena mengajarkan tentang jenis situasi dimana konsep ini dapat diterapkan, dan mendorong siswa untuk mencari situasi lain yang dapat mereka terapkan. Jika guru tidak menyadari kehadirannya, dan tidak terbiasa membuat siswa bekerja untuk mengekspresikan generalisasi mereka sendiri, maka pemikiran matematis tidak akan terjadi. Mahasiswa pendidikan matematika tentunya harus memiliki kemampuan generalisasi, selain akan menghadapi berbagai mata kuliah-mata kuliah matematika, dimana salah satu aspek yang paling penting dalam pemikiran matematis. Mahasiswa pendidikan matematika juga sebagai calon guru matematika harus mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan generalisasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan generalisasi mahasiwa pada perkuliahan kapita selekta matematika sma dan kesulitan yang dihadapi mahasiwadalam menyelesaikan soal-soal kemampuan generalisasi.Penelitian ini dilaksanakan dengan metode studi kasus  dimana peneliti melakukan ekplorasi mendalam terhadap satu atau lebih orang. Penelitian ini akan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Suryakancana. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: Kemampuan generalisasi mahasiswa pendidikan matematika berada pada kategori rendah dalam beberapa tahapan generalisasi, yaitu kesulitan mengenali pola, menuliskan pola atau aturan dalam bahasa verbal, dan memformulasikan pola atau aturan dalam bahasa simbolik.


References


De Ley, Logan. (2012). Generalization: Making Learning More than a “Classroom Exercise”. https://www.scilearn.com/sites/default/files/pdf/ whitepaper/generalizationwhitepaper_2016-10-12.pdf. (18 Desember 2017)

Isoda, M., dan Katagiri, Shigeo. (2012). Mathematical Thinking How to Develop it in the Classroom. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd

Lee, Lesley. (1996). An Initiation Into Algebraic Culture Through Generalization Activities. In N. Bednarz, C. Kieran, & L. Lee (Eds.), Approaches to Algebra: Perspectives for Research and Teaching (pp. 87-106), Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Mason, J. (1996). Expressing Generality and Roots of Algebra. In N. Bednarz, C. Kieran, & L. Lee (Eds.), Approaches to Algebra: Perspectives for Research and Teaching (pp. 65-86), Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Mofidi, Somayeh Amir, dkk. (2012). Instruction of Mathematical Concepts Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Technology Vol. 5 No. 6.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Executive summary: Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM. Available at http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/ 12752_exec_pssm.pdf. 16 April 2017

Shadiq, Fajar. (2013). Penalaran dengan Analogi? Pengertiannya dan Mengapa Penting?. http://p4tkmatematika.org/2013/12/penalaran-dengan-analogi-pengertiannya-dan-mengapa-penting/. (18 Desember 2017)

Whallen, Christian. (2009). The Importance of Generalization of Skills. https://www.pediastaff.com/resources-the-importance-of-generalization-of-skills--july-2009. (18 Desember 2017)




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Analisa Has Indexed By:


View My Stats

Editorial Office:

3 rd floor Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Jalan Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Phone: 085723885877

e-mail: pmtk@uinsgd.ac.id

Journal Analisa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.