Manajemen Komunikasi Entrepreneur Usaha Mikro Berbasis Pondok Pasantren

Bob Andrian

Abstract


Pasantren sering kali di anggap sebagai lembaga pendidikan yang hanya bertugas untuk mendidik seseorang menjadi manusia yang berilmu. Namun akhir-akhir ini, paradigma umat muslim khusus sudah berkembang, mulai dari yang menganggap pesantren alah lembaga pendidikan klasik yang identik dengan pendidikan baca al-Qur’an, pendidikan fikih, pendidikan ceramah atau khutbah, dan lebih cenderung bersifat keakhiratan, namun sekarang paradigma tersebut mulai beralih menjadi paradigma yang lebih modern tidak hanya terfokus pada aspek keakhiratan saja melainkan aspek keduniaan juga. Sebagai contoh berbagai programa dikembangkan di pondok pasantren di Indonesia sekarang ini. Fakta ini dapat dibuktikan dengan mulai lahirnya pondok pasantren di Indonesia yang menjadikan enterpreneur sebagai program unggulan, seperti beberapa kasus di pondok pasantren Gontor yang terkenal di Jombang Jawa Timur. Sehingga lembaga pendidikan pondok pesantren tersebut dipandang mapan untuk menjadi lembaga yang melahirkan santri-santri berpendidikan yang siap untuk mandiri ketika selesai menempuh pendidikan di pondok pasantren. Sistem manajemen komunikasi yang baik merupakan salah satu faktor pendukung untuk menjadikan sebuah lembaga pendidikan berbasis keagamaan menjadi lembaga yang mampu berkembang dan maju melebihi lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Demikian pula untuk lembaga pendidikan berbasis keagamaan lainnya yang ada di daerah-daerah seluruh Indonesia seperti Pondok Pasantren di Sambas, mengembangkan usaha-usaha mikro (usaha kecil) merupakan solusi alternatif untuk dikembangkan. Karena menurut hasil pengamatan para pakar ekonomi pada perkembangan ekonomi dunia segmen pasar untuk usaha mikro masih sangat memungkinkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana proses manajemen komunikasi yang dilakukan di Pondok Pasantren Muhammad Basuini Imran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan Filed Reasearch, melalui pendekatan studi kasus, yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa teori manajemen yang digunakan adalah teori fungsi manajemen menurut Robbins, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengontrolan. Adapun kegiatan usaha yang dilakukan terdiri dari pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi, dan pemasaran.

Keywords


Manajemen, Enterpreneur, Usaha Micro.

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Andharini, S. N. (2012). Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Journal of Innovation in Business and Economics, 3(2), 121–130.

Dhofier, Z. (1984). Tradisi Pasantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Lumbantoruan, M., & Soewartoyo, B. (1997). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen. Jilid 1. Jakarta: Delta Pamungkas.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machendrawaty, N., & Safei, A. A. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam. Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Radiosunu. (1998). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.

Rosmawaty. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Sandjojo, I. (2004). Pengaruh Lingkungan Usaha, Sifat Wirausaha, dan Motivasi Usaha terhadap Pembelajaran Wirausaha, Kompetensi Wirausaha dan Pertumbuhan Usaha Kecil di Jawa Timur. Disertasi. Universitas Brawijaya, Malang.

Soedarsono, & Dewi. (2009). Sistem Manajemen Komunikasi: Teori, Model, dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sukiswa, I. (1986). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Wiyono. (1999). Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Keberhasilan Industri Kecil Kerajinan Genteng di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Tesis. Universitas Brawijaya, Malang.

Zamroni, M. (2009). Filsafat Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Editorial Office:

4th Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614

Contact +6281321553313 Telp. (022) 7810788 Fax. (022) 7810788

E-mail: jurnal.ilmudakwah@uinsgd.ac.id

View My Stats