INSTITUTION OF PESANTREN AS A CONTRIBUTING FACTOR IN DEVELOPING RURAL COMMUNITIES

Mohammad Mustari

Abstract


Kajian membuat analisis sistematis yang mendalam terhadap peran dan kontribusi pesantren dalam pembangunan wilayah perdesaan, terutama di Kab. Tasikmalaya yang jumlahnya telah mencapai 761 pesantren. Kajian ini menggunakan metode kajian kasus berganda. Kasus-kasusnya terdiri dari enam pesantren (tiga pesantren besar dan tiga pesantren kecil), semuanya berlokasi di Kab. Tasikmalaya. Pemilihan pesantren-pesantren itu disebabkan karena mewakili dari tiga kategori: tradisional, modern, dan kombinasi. Wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Wawancara tatap muka memakai daftar pertanyaan yang dikembangkan untuk kajian ini. Temuan kajian menunjukkan bahwa semua pesantren merancang sendiri dan melaksanakan rencana pembangunan, baik untuk di dalam pesantren itu sendiri maupun untuk pembangunan desa, yang menjadi lingkungan sosialnya, karena kebanyakan pesantren itu berada di perdesaan.


References


Abdullah, Taufik, “The Pesantren in Historical Perspective,” in Abdullah, Taufik and Siddique, Sharon (eds.), Islam and Society in Southeast Asia, Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 1986.

AMIDA (Himpunan Alumni Miftahul Huda), Draf Musyawarah Kerja (Muker) Ke-30 Tahun 1429 H/2008 M, Tasikmalaya: Manonjaya, 2008.

Atlas Provinsi, 2006.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya Dalam Angka, 2008).

Badan Pusat Statistik Tahun 2004, Hasil Pemutakhiran dalam rangka Pemilihan Presiden Tahun 2004.

Boeke J.H., The Structure of Netherlands Indian Economy, New York; Institute of Pacific Relations, 1942.

Chua, Yan Piaw, Kaedah Penyelidikan, Kuala Lumpur: Mc Graw Hill, 2006.

Depag R.I., Statistik Pendidikan Agama dan Keagamaan Tahun Pelajaran 2005-2006, Jakarta: Bagian Data dan Informasi Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama, 2006.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Dhofier, Zamakhsari, TradisiPesantren, Kajian tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES, Jakarta, 1983.

Korten, David C. and Alfonso, Felipe B. (eds.), Bureaucracy and the Poor: Closing the Gap, Singapore: McGraw-Hill International Book Company, Copyright by Asian Institute of Management, Makatai, Metro Manila, Philippines, 1981.

Laporan Bulanan Maret 2009, Tasikmalaya: Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, 2009.

Madjid, Nurcholish, dkk. (ed.), Ensiklopedi Islam, Jilid IV, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Mansurnoor, Iik Arifin, Islam in an Indonesian World: Ulama of Madura, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990.

Materi Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopontren Hidmat Suryalaya Tahun Buku 2008, Tasikmalaya: Suryalaya, 2009.

Menejemen Tahapan Proses Pencapatian Target Da’wah TQN, Tasikmalaya: Pondok Pesantren Suryalaya, 2008.

Morrish, Ivor, The Sociology of Education: An Introduction, Unwin Education Books, Series Editor: Ivor Morrish, London: George Allen & Unwin, (1972), 2nd edition, 1978.

Patton, Michael Quinn, Qualitative Research and Evaluation Methods, 3rd edition, London: Sage Publications, (1990), 2002.

Pengembangan dan Peningkatan Dakwah, Tabligh, Ceramah (Pengajian Manakiban), Tasikmalaya: Pondok Pesantren Suryalaya, 2005.

Pikiran Rakyat, surat khabar harian, 15 April 2009.

Pondok Pesantren Miftahul Huda, Leaflet, Tasikmalaya: Yayasan Pesantren Miftahul Huda, 2008.

Profil Miftahul Huda, Tasikmalaya: Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, 2009.

Program Pengembangan Agribisnis Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna di Lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: Koperasi Pondok Pesantren HIDMAT Suryalaya, 2009.

Riggs, Fred W., Administration in Developing Countries: The Theory of Prismatic Society, Boston: Houghton Mifflin Company, 1964.

Risalah Sosialisasi Bibit Padi Hibrida “Bernas”, Tasikmalaya: Koperasi Pondok Pesantren HIDMAT Suryalaya, 2009.

Salkind, Neil J., Exploring Research, 4th edition, New Jersey, US: Prentice Hall, (1991), 2000.

Satu Abad Pondok Pesantren Suryalaya: Perjalanan dan Pengabdian 1905-2005, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 2005.

Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Formal di Lingkungan Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 2007.

Stalcup, R. J., Sociology and Education, Columbus, Ohio: C. E. Merrill, 1968.

Tohir Sh., H. Asep Moh. (ed.), Sisi Lain Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya: Yayasan Pesantren Miftahul Huda, 1999.

Unang Sunardjo, RH., SH., Menelusuri Perjalanan Sejarah Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.