PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS
DOI:
https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1242Keywords:
model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, reaksi redoksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Sawahlunto melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen  dengan desain Nonequivalent Control Grup Data peningkatan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil pretes dan postest. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis kimia siswa adalah sebesar 5.5 %.
References
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Diyah Rauhillah Hasni. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kimia Siawa pada Konsep Laju Reaksi. Program Studi Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah, 62.
Fitri Apriani Pratiwi. (2011). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan, 15.
Gede Putra Adnyana. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 45 Nomor 3, 202.
I Ketut, R. (2012). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa.Program Studi Pendidikan IPA.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung.
Nur’aini, Eka. (2011). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Baru untuk Mata Pelajaran Biologi. PEP UNY, 6.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Surya, H.(2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar, Jakarta: Efek Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).