PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Yesi Jufrina, Lisa Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Sawahlunto melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen  dengan desain Nonequivalent Control Grup Data peningkatan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil pretes dan postest. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis kimia siswa adalah sebesar 5.5 %.


Keywords


Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, reaksi redoks

Article metrics

Abstract views : 256 | PDF views : 241


DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1242

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Lantai 3, Jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung 

Contact Person (Admin JTK): +6281321707976

E-mail: tadris.alkimiya@uinsgd.ac.id

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

 

JTK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License