PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Yesi Jufrina, Lisa Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 2 Sawahlunto melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen  dengan desain Nonequivalent Control Grup Data peningkatan keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui hasil pretes dan postest. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis kimia siswa adalah sebesar 5.5 %.


Keywords


Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, reaksi redoks

Article metrics

Abstract views : 77 | PDF views : 143

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats