PENGARUH PERMAINAN KAREKI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN ION DI SMA ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH

Yani Pinta

Abstract


Rendahnya nilai mata pelajaran kimia siswa disebabkan metode yang digunakan guru belum membuat siswa aktif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Kareki (kartu remi kimia) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ikatan ion. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan penelitian the posttest only control group design. Populasinya siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel sebanyak 2 kelas XA dan XB. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka diperoleh thitung = 1,81 > 1,68= ttabel, berarti hipotesis diterima. Sehingga,  dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif permainan Kareki terhadap hasil belajar Kimia siswa kelas X  pada materi ikatan ion di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Keywords


Kartu Remi Kimia, Kareki, hasil belajar, ikatan ion.

Article metrics

Abstract views : 122 | PDF views : 190


DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i2.1243

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jl. Cimencrang, Cimenerang, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Lantai 3, Jurusan Pendidikan MIPA, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung 

Contact Person (Admin JTK): +6281321707976

E-mail: tadris.alkimiya@uinsgd.ac.id

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Creative Commons License 

 

JTK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License