MODEL CONTEXT BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PRAKTIKUM PEMBUATAN SABUN

Sari Sari, Syfa Nurohmah

Abstract


Model pembelajaran CBL adalah proses mengajar menggunakan pendekatan kelompok dimana proses dilakukan dalam bentuk bekerja bersama-sama untuk menciptakan konsep dan membawa siswa fokus terhadap peristiwa atau masalah yang ada. Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan sebagai wahana penemuan dan pengembangan konsep, prinsip dan teori dalam memahami aplikasi koloid pada pembuatan sabun. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran dengan model CBL pada praktikum pembuatan sabun. Metode yang digunakan yaitu penelitian kelas dengan subjek siswa kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiyah. Keterampilan berpikir kritis siswa untuk setiap kelompok prestasi yakni kelompok prestasi tinggi mendapat nilai 89,50 dengan kategori baik sekali, kelompok prestasi sedang mendapat nilai 76,28 dengan kategori baik dan kelompok prestasi rendah mendapat nilai 78,75 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model CBL dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Keywords


Model pembelajaran CBL, keterampilan berpikir kritis, praktikum pembuatan sabun.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jta.v1i2.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats